Sektor teknologi merambah begitu cepat ke berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali bagi pemilik perusahaan berbagai lini usaha. Fakta besar tersebut berimbas pada kompetisi yang kian mengetat, khususnya di antara sesama perusahaan IT. Dari sinilah, peran konsultan Human Resource IT menjadi tidak terelakkan dalam upaya mencapai target bisnis.

Apa yang Dimaksud dengan Konsultan Human Resource IT?

Konsultan Human Resource IT

Image Source : konsultanpenulisan

Konsultan Human Resource IT adalah perusahaan yang memfokuskan inti bisnis mereka pada pemberian rekomendasi ke klien terkait pemanfaatan teknologi informasi. Tujuan akhirnya tentu saja menghubungkan pemakaian teknologi informasi tersebut ke tercapainya tujuan bisnis mereka. 

Sektor ini muncul seiring dengan semakin pentingnya kontribusi teknologi informasi terhadap kebijakan dan strategi perusahaan dalam bisnis apapun. Kecepatan suatu perusahaan mengadopsi perkembangan dunia IT memegang kunci terlaksananya kegiatan bisnis yang lebih baik. Di lain pihak, sektor IT dituntut bergerak cepat demi mengimbangi perkembangan bisnis yang senantiasa terperbaharui. 

Beragam inovasi yang terlahir dapat membuat perusahaan bingung memilih mana yang terbaik. Belum lagi, jika kurang jeli, perusahaan bisa salah memilih teknologi mana yang bermutu tinggi atau kurang tinggi. 

Dua masalah besar tersebut menjadi ranah tugas seorang Konsultan IT di Indonesia. Profesi ini sendiri bukan pekerjaan yang baru, bahkan kini terdapat perusahaan konsultan IT di negara ini. 

Syarat utama menjadi seorang konsultan IT adalah mengetahui hingga mendalam mengenai mutu suatu teknologi, baik bermutu baik atau kurang, sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan atau klien mereka. 

Tentunya, seorang IT Consultant harus mumpuni dalam bidang komputer serta mengerti kepribadian dan kemauan klien mereka. Sehingga tidak hanya keahlian teknis bidang komputer, seorang IT Consultant harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik sebab ia akan berhubungan langsung dengan klien. 

Secara umum, berikut pekerjaan dan tanggung jawab seorang Konsultan IT: 

  1. Menyerahkan keputusan akhir di tangan klien.
  2. Melakukan pertemuan dengan setiap klien untuk membahas kebutuhan individu dan tujuan.
  3. Meriset beragam fitur bisnis klien. 
  4. Merumuskan sistem terkait IT untuk mengembangkan bisnis klien.
  5. Menggunakan sistem TI yang sudah ada untuk mengevaluasi pengetahuan klien dan staf mereka.
  6. Mengevaluasi pilihan perangkat keras saat ini apakah sudah bekerja baik untuk perusahaan atau belum. 
  7. Merancang program pelatihan.
  8. Memberikan pelatihan untuk klien.
  9. Membagikan rekomendasi secara umum ke klien.
  10. Menyederhanakan masalah teknis yang sebelumnya rumit ke setiap staf.
  11. Menyusun jadwal tindakan dan anggaran.
  12. Meyakinkan klien tentang rencana awal dan anggaran. 
  13. Memperbaiki sistem yang sudah ada atau merancang sistem yang baru untuk klien. 
  14. Menerapkan sistem IT yang berbeda atau memperbaiki sistem yang sebelumnya ada sekaligus menjelaskan tindakan secara terperinci ke klien.
  15. Mengecek sistem baru dan perangkat lunak yang dipilih agar terbukti mudah dan bermutu tinggi. 
  16. Menyusun laporan untuk klien dan mempersiapkan presentasi lisannya apabila dibutuhkan.

Baca juga artikel lainnya : Inilah Bahasa Pemrograman yang Banyak Dicari Perusahaan Besar

Konsultan IT memegang lima prinsip berikut ini: 

  1. Fokus pada hubungan dengan klien dengan cara memahami sifat, harapan, organisasi klien dan sebagainya.
  2. Menjalankan peran penting dan bertanggung jawab terhadap klien. 
  3. Terlebih condong membantu kebutuhan klien baru setelahnya fokus pada hasil akhir. 
  4. Memberikan saran tetapi menyerahkan keputusan akhir di tangan klien sebagai pemegang keputusan terbaik. 
  5. Merumuskan solusi terhadap pemakaian, pelatihan pengguna beserta penerapannya. Tidak lupa, konsultan IT harus membantu memecahkan masalah terkait kendala pemeliharaan. 

Setali tiga uang dengan tugas dan tanggung jawabnya yang relatif banyak tersebut, seorang konsultan IT akan memperoleh gaji yang lumayan tinggi.

Manfaat Menyewa Jasa Konsultan Human Resource IT Untuk Perusahaan Anda

Sesuai namanya, perusahaan yang menawarkan jasa Konsultan Human Resource IT wajib mempunyai tenaga yang memang mahir dalam keahlian terkait IT. Sebagai contoh, mengerti dan menguasai perangkat lunak yang bisa direkomendasikan untuk klien. Keahlian lainnya adalah dapat menghadirkan solusi IT sesuai kebutuhan perusahaan sang klien. 

Dua keahlian teknis secara garis besar tersebut sangat penting sebab nantinya ia akan membantu klien merampungkan masalah terkait IT di tempat mereka. Dengan terselesaikannya masalah tersebut, perusahaan klien dapat tumbuh lebih pesat. 

Di bawah ini adalah manfaat menggunakan jasa konsultan IT bagi perusahaan Anda:

  1. Konsultan IT akan membantu perusahaan Anda berkembang lebih baik melalui meningkatnya produksi. Dampak positifnya yakni kegiatan pemasaran menjadi lebih aktif dan optimal. 
  2. Saran atau solusi dari konsultan IT berguna untuk mempercepat kegiatan produksi sehingga kemajuan perusahaan Anda lebih maksimal.
  3. Selain konsultan Human Resource IT, perusahaan Anda akan memperoleh bantuan berupa staf ahli IT untuk menangani keluhan atau masalah IT di tempat Anda.

Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Konsultan IT

Hubungi Kami

TOG Indonesia Salah Satu Perusahaan Konsultan IT Terbaik di Jakarta

TOG Indonesia bertujuan untuk memberikan solusi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk bersaing dalam ekonomi digital saat ini; dimana saat ini sangat diperlukan untuk meninjau dan merevisi proses bisnis perusahaan. Dalam menghadapi tantangan global, TOG Indonesia siap membantu Anda melalui perubahan ini.

Sebagai grup perusahaan, TOG Indonesia telah mendukung dan menyediakan pelanggannya solusi terdepan kelas dunia. Memberikan solusi dan layanan yang membantu pelanggan mempercepat pertumbuhan bisnis mereka. Kami percaya bahwa ini akan menciptakan nilai baru yang signifikan bagi pelanggan dan Triple One kami juga. Saat ini, Triple One Group sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan menengah hingga besar, perusahaan lokal dan multinasional, baik di pasar Indonesia maupun luar negeri.

Sistem ini didukung oleh dukungan dan layanan profesional. Sistem ini juga terus ditingkatkan untuk memenuhi persyaratan industrinya dan juga meningkatkan efisiensi dan efektifitas kebutuhan operasional perusahaan.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 3,587 times, 1 visits today)