Diabad 21 ini, era teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu dan sebagian besar sendi kehidupan manusia dikuasai oleh teknologi, termasuk di dalamnya adalah kaum pebisnis yang memiliki perusahaan. Persaingan antar perusahaan pun sangat ketat sekali, terutama perusahaan yang bergerak di bidang IT. Oleh karena itu, Jasa konsultan IT untuk perusahaan sangat diperlukan karena profesi tersebut akan sangat membantu kemajuan perusahaan.

Apa itu Konsultan IT?

 Konsultan IT

Image Source : konsultanpenulisan

Konsultan IT adalah bidang yang fokus pada bisnis memberikan saran tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi informasi demi memenuhi tujuan bisnis mereka. Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan. Untuk mendukung terlaksananya suatu kegiatan transaksi yang sempurna dan berjalan nya suatu bisnis secara lancar dibutuhkan suatu teknologi yang sangat berkualitas tinggi. Dalam hal tersebut, dibutuhkan seorang IT Consultant.

Keberadaan seorang Konsultan IT di Indonesia sendiri pun tidak terlihat sebagai suatu profesi yang asing, bahkan terdapat suatu perusahaan jasa konsultan dalam bidang teknologi informasi. Mereka sebagai seorang IT Consultant sangat lah mengetahui teknologi yang berkualitas maupun kurang berkualitas yang baik bagi suatu perusahaan atau klien nya. Untuk menjadi seorang IT Consultant diperlukan suatu kemampuan atau “skill” tersendiri di bidang computer. Mereka pun juga harus dapat memahami  kepribadian serta harapan seorang klien. Dalam hal ini, seorang IT Consultant juga harus memiliki kemampuan untuk dapat berkomunikasi dengan baik, karena profesi ini sangat lah berhubungan langsung dengan klien.

Tugas dan tanggung jawab yang umum di pegang oleh seorang Konsultan IT diantaranya:

  1. Memutuskan klien untuk mengambil keputusan.
  2. Pertemuan dengan setiap klien untuk mendiskusikan kebutuhan individu dan tujuan.
  3. Meneliti berbagai fitur bisnis klien.
  4. Berpikir sistem tentang bagaimana bisnis dapat ditingkatkan melalui TI.
  5. Menilai klien dengan sistem TI yang sudah ada sebelumnya  dan pengetahuan staf.
  6. Menilai apakah pilihan perangkat keras saat ini bekerja dengan baik bagi perusahaan.
  7. Mendesain program pelatihan.
  8. Memberikan pelatihan untuk klien.
  9. Memberikan saran umum untuk klien.
  10. Menjelaskan masalah teknis yang rumit dalam hal yang sederhana dan jelas untuk setiap anggota staf.
  11. Menyusun jadwal tindakan dan anggaran.
  12. Membuat klien yakin senang dengan rencana awal dan anggaran .
  13. Perbaikan Merancang dengan sistem yang sekarang atau mendesain sistem baru untuk klien.
  14. Implementasi sistem yang berbeda IT atau memperbaiki sistem yang sudah ada dan menjelaskan tindakan kepada klien secara rinci .
  15. Memastikan bahwa sistem baru dan pilihan perangkat lunak bekerja dengan baik dan mudah digunakan.
  16. Menulis laporan untuk klien dan penyajian lisan ini jika perlu.

Baca juga artikel lainnya : Sebelum Memilih Vendor IT untuk Perusahaan, Perhatikan Ini

Terdapat 5 prinsip sebagai Konsultan IT,  yaitu;

  1. Fokus pada hubungan: Memahami kepribadian dan harapan klien, organisasi klien dan semuanya.
  2. Peran dan tanggung jawab terhadap klien.
  3. Bayangkan Sukses: Membantu klien dengan sebaik-baik nya tanpa melihat akhir.
  4. Memberikan Advise, Mereka Tentukan: Klien adalah orang terbaik untuk memutuskan.
  5. Memastikan bahwa solusi terhadap penggunaan, pelatihan pengguna serta implementasi dan kendala pemeliharaan.

Disamping itu meskipun mempunyai tanggung jawab dan pekerjaan yang banyak, seorang konsultan IT juga memiliki bayaran yang lumayan tinggi dan sesuai dengan tanggung jawab yang dipegang olehnya.

Keuntungan Memakai Jasa Konsultan IT Untuk Perusahaan Anda

Perusahaan yang memberikan jasa Konsultan IT harus mempunyai keahlian khusus yang berkaitan dengan bidang tertentu. Salah satunya adalah mengerti dan menguasai perangkat lunak yang dapat direkomendasikan untuk para klien sekaligus mampu memikirkan solusi IT apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan klien. Skill ini penting sekali karena tugas mereka nanti harus membantu klien dalam menyelesaikan masalah IT dan perusahaan klien akan bertumbuh lebih cepat. Keuntungan memakai jasa konsultan IT di bawah ini yang bisa didapat perusahaan Anda.

  1. Dengan menggunakan jasa para konsultan IT akan membuat perusahaan berkembang dapat meningkatkan kegiatan produksinya dengan baik. Sehingga mereka dapat melakukan kegiatan pemasaran lebih aktif dan maksimal.
  2. Jasa konsultan IT Indonesia membuat proses produksi pada perusahaan menjadi berkembang jauh lebih cepat.
  3. Progress perusahaan Anda akan semakin maksimal. Dari sinilah konsultan IT memberikan solusi sehingga kegiatan produksi dapat dilakukan dengan cepat.

Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Konsultan IT

Hubungi Kami

TOG Indonesia Salah Satu Perusahaan Konsultan IT Terbaik di Jakarta

TOG Indonesia bertujuan untuk memberikan solusi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk bersaing dalam ekonomi digital saat ini; dimana saat ini sangat diperlukan untuk meninjau dan merevisi proses bisnis perusahaan. Dalam menghadapi tantangan global, TOG Indonesia siap membantu Anda melalui perubahan ini.

Sebagai grup perusahaan, TOG Indonesia telah mendukung dan menyediakan pelanggannya solusi terdepan kelas dunia. Memberikan solusi dan layanan yang membantu pelanggan mempercepat pertumbuhan bisnis mereka. Kami percaya bahwa ini akan menciptakan nilai baru yang signifikan bagi pelanggan dan Triple One kami juga. Saat ini, Triple One Group sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan menengah hingga besar, perusahaan lokal dan multinasional, baik di pasar Indonesia maupun luar negeri.

Sistem ini didukung oleh dukungan dan layanan profesional. Sistem ini juga terus ditingkatkan untuk memenuhi persyaratan industrinya dan juga meningkatkan efisiensi dan efektifitas kebutuhan operasional perusahaan.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 2,227 times, 1 visits today)