Saat ini video game banyak beredar dan dimainkan oleh para pecinta game diseluruh dunia. Tak heran, profesi game developer banyak dibutuhkan oleh perusahaan game yang ada diseluruh dunia. Nah bagi Anda yang merupakan lulusan teknik informatika dan lulusan ilmu komputer yang ingin menjadi game developer, disini akan kami jelaskan lebih lanjut apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang game developer.

Mengenal Game Developer

Profesi game developer sebenarnya adalah seorang software developer yang memiliki spesialisasi dalam pembuatan video game. Oleh karena itu, posisi ini lebih banyak ditempati oleh para lulusan ilmu komputer dan teknik informatika.

Pembuatan sebuah video game juga harus melalui proses yang cukup panjang.  Langkah pertama yang dilakukan adalah riset awal, membuat Jalan cerita pada video game dengan menggunakan storyboard, kemudian membuat kode pemrograman yang digunakan untuk menggabungkan berbagai macam elemen audio dan visualnya. Oleh karena itu, Anda akan dituntut untuk memiliki berbagai kualitas sekaligus.

Skill yang dibutuhkan Game Developer

Untuk terjun bekerja dibidang ini, pastinya Anda harus menguasai kemampuan pemrograman yang sangat baik. Tak hanya itu, mereka dituntut memiliki citarasa seni serta yang pasti kesukaan pada video game.

Profesi yang satu ini juga dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan sekaligus dalam bekerja. Dalam melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrograman, Anda harus memiliki kemampuan problem solving yang kuat, terutama dalam membuat dan mengoreksi berbagai error dalam kode yang telah dibuat.

Tak hanya harus memiliki keahlian teknis yang mumpuni, Anda harus mampu menunjukkan etos kerja yang baik, terutama dalam bekerja dalam sebuah tim. Dalam menjalanin profesi ini, Anda harus bisa mengatur waktunya dengan baik dalam mengejar deadline pekerjaan yang diberikan.

Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan untuk mengatur sumber daya yang dimiliki dan mengoperasikan peralatan-peralatan video dan audio.

Kreativitas

Dalam pekerjaan untuk profesi ini, Anda diharuskan untuk merancang, membuat, dan menghidupkan sebuah dunia virtual baru yang penuh dengan strategi, intrik, dan animasi visual.

Oleh karena itu, memiliki kreativitas yang tinggi sangatlah penting untuk bisa mendesain sebuah video game yang unik, menarik secara visual, dan menggelitik para penikmat game untuk semakin penasaran memainkannya.

Selain kreativitas dalam mendesain cerita dan karakter, Anda juga harus memiliki perhatian tinggi terhadap detail desain. Karena, desain pada sebuah video game memiliki banyak komponen yang harus diperhatikan, seperti warna, tekstur, pakaian, dan latar belakang lingkungan.

Baca juga : Peluang Karir Unity Game Developer yang Menjanjikan

 

(Visited 30 times, 1 visits today)