Kalau kamu termasuk orang yang susah mencari kerja, sebaiknya kamu mulai sekarang harus introspeksi diri. Mungkin saja ada kesalahan yang kamu tidak sadar yang membuat kamu susah mendapatkan pekerjaan. Karena tidak semua orang dapat kemudahan buat mencari kerja. Kadang ada saja hal yang membuat kamu tidak diterima kerja. Kalau dibiarkan bisa aja kamu akan jadi pengangguran dalam waktu yang cukup lama.

cara cepat mendapatkan pekerjaan

Berikut ini mungkin bisa kamu lakukan supaya cepat mendapatkan pekerjaan :

Jangan Malu Untuk Terbuka
Jangan malu kalau emang kamu belum kerja, justru kita harus terbuka sama orang lain atau mungkin teman kita kalau mang lagi cari kerja. Ceritakan aja kalau emang kamu butuh pekerjaan. Perbanyak koneksi pertemanan, karena kalau kita perbanyak koneksi pertemanan akan mudah dapat informasi tentang adanya pekerjaan. Tapi, ceritakan hal positifnya aja, jangan hal-hal yang bikin orang atau teman malah malas untuk merekomendasikan kamu.

Memperbaiki Keahlian
Coba kamu cari tau apa bakat kamu dan jadikan itu sebagai keahlian kamu. Karena salah satu alasan kenapa kamu sulit dapat kerja karena kamu tidak punya keahlian. Kalau sudah tahu dimana bakat kamu, tinggal di asah terus bakatnya sampai jadi ahli. Contohnya, kalau bakat kamu itu menulis, terus tekuni bakat menulisnya. Dan coba melamar sebagai penulis di media online.

Bersikaplah Profesional
Satu lagi nih, kondisi yang banyak terjadi di tanah air, dimana saat melamar kerja kita sama sekali tidak memperlihatkan sisi profesionalisme-nya di dunia kerja. Misalnya, melamar pekerjaan dengan pakaian sesuka hati atau saat wawancara mereka berbicara seolah orang yang ia hadapi adalah temannya sendiri. Jelas aja ini akan langsung menjatuhkan image kita dan impian untuk bisa cepat kerja pun sirna. Jadi, sebaiknya kita bersikap professional kalau emang mau cepat dapat pekerjaan. Perhatikan penampilan dan pilihlah kata-kata yang tepat waktu berbicara.

Latihan Wawancara
Banyak yang gagal saat sesi wawancara, padahal sesi wawancara kerja adalah saat di mana kamu menjual diri. Jadi, bilang bahwa kamu punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, dan yakinkan dengan betul-betul bahwa diri kamu inilah yang selama ini mereka cari. Tapi ingat, bukan saatnya kamu merasa rendah diri. Supaya bisa melewati sesi wawancara ini, kamu bisa mencoba untuk melatih diri kamu sendiri. Kamu bisa mencoba latihan bicara di depan kaca, atau bikin daftar seputar pertanyaan apa saja yang mungkin keluar pas wawancara.

Mencoba Peluang Kerja Yang Ada
Jangan terlalu tergiur oleh perusahaan besar dengan bayaran yang tinggi. Kamu harus coba kesempatan yang ada. Bagaimanapun juga kamu masih perlu belajar lagi untuk memahami dunia kerja. Boleh saja sih kalau kamu memilih pekerjaan yang disukai dan kuasai. Tapi saat ini kamu sedang dalam keadaan sulit dapat kerja, jadi cobalah semua peluang yang ada. Dan jangan pernah berhenti untuk tetap terus mencari informasi lowongan kerja di website lowongan kerja dan mengirimkan surat lamaran kerja kamu.

Itulah beberapa tips mengenai cara cepat mendapatkan pekerjaan. Semoga bermanfaat ūüôā

(Visited 95 times, 1 visits today)