Di era industri 4.0, perusahaan mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu dalam kemajuan dan proses bisnis. Tentunya di kemajuan teknologi seperti sekarang ini, setiap perusahaan wajib memiliki  ahli pada bidang IT untuk menunjang kelancaran operasional bisnis sehari-hari. Salah satu profesi yang dibutuhkan perusahaan adalah Linux Administrator. Seperti apa pekerjaannya, yuk cek ulasan berikut ini.

Siapakah Linux Administrator?

Linux Administrator merupakan seorang Admin Server , yang bekerja pada sistem operasi Linux. Dimana server administrator adalah orang yang bertugas dalam melakukan pengontrolan atau pengelolaan akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalam komputer server. Tentunya, menjadi seorang Linux Administrator membutuhkan keterampilan khusus pada sistem dan server Linux.

Linux Administrator sendiri merupakan spesialis IT back-end yang bertugas menginstal, mengkonfigurasi, dan memelihara sistem operasi linux di berbagai organisasi atau perusahaan. Seseorang yang berada di posisi ini memantau kestabilitasan, dan keamananan sistem melalui penggunaan sehari-hari.

Tugas & Tanggung Jawab

Disesuaikan dengan bisnis dan industri perusahaan, tugas dan tanggung jawabnya bervariasi. Seseorang yang menduduki posisi ini memiliki tanggung jawab utama dalam hal menginstal, dan mengatur sistem dan server Linux. Mereka harus memastikan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik, dan keamanan sistem pun terjaga.

Linux Administrator harus melakukan pemeliharaan sistem secara rutin, dan cepat dalam meninjau segala masalah. Saat terjadi masalah pada sisi server, dan harus dapat segera menyelesaikannya. Linux Administrator banyak bekerja sama dengan pengembang lainnya untuk menyelesaikan masalah dengan kinerja sisi server.

Keahlian Khusus

Seorang Server Administrator memerlukan keahlian dan pemahaman lebih pada sistem operasi Linux. Umumnya para perusahaan memilih kandidat dengan latar belakang pendidikan dalam bidang terkait, sepert S1 Teknik Komputer dan S1 Teknik Informatika. Berikut beberapa skill yang harus dimiliki:

  • Administrasi Server

Harus memiliki latar belakang dalam penyebaran, pengaturan, dan pemeliharaan server Linux atau UNIX.

  • Pemrograman dan Pengkodean

Karena profesi ini bekerja dengan kode sumber sistem, dan pengembangan solusi untuk tingkatkan kinerja seluruh sistem, jadi harus memiliki pemahaman soal pemrograman dan pengkodean.

  • Berpikir Analitis

Harus berpikiran analitis. Dan Mereka harus bisa mengidentifikasikan masalah.

  • Keterampilan Komunikasi

Harus bekerja sama dengan profesional lainnya, dan para pengguna akhir. Keterampilan komunikasi yang baik dan efektif menjadi sangat penting dalam hal ini.

  • Troubleshooting

Untuk menyelesaikan masalah dan solusi penyelesaiannya, keterampilan pemecahan masalah dibutuhkan. Pun, keterampilan pemecahan masalah juga digunakan pada saat  memasang, mengkonfigurasi, dan memelihara sistem dan server linux.

Baca Juga: XAMPP dan WAMP, Manakah yang Lebih Baik?

(Visited 22 times, 1 visits today)