Pesatnya perkembangan teknologi membuka banyak lowongan IT fresh graduate untuk beragam jenis profesi. Profesi turunan kian banyak tercipta seiring dengan tumbuhnya kebutuhan perusahaan agar bisa mengikuti kemauan konsumen.

Berikut kami sajikan 10 lowongan IT fresh graduate yang kami harapkan dapat memandu Anda untuk mencari sebanyak mungkin informasi terkait pekerjaan yang akan dilakoni. Keuntungan lainnya mengetahui ini adalah dapat mencari bekal pelatihan atau magang untuk mendukung tercapainya impian meraih pekerjaan dambaan.

Inilah Lowongan IT Fresh Graduate yang Bisa Kamu Coba

Lowongan IT Fresh Graduate

  1. Android Developer

Android Developer adalah profesi yang mengembangkan aplikasi atau web berbasis Android. Profesi ini termasuk yang laris dicari seiring dengan semakin besarnya pengguna smartphone berbasis Android.

Pengembangan aplikasi termasuk bidang kreatif dan tidak ada platform lain yang bisa membantu seseorang lebih baik daripada platform Android untuk tumbuh sebagai programmer secara efektif.

Untuk menjadi seorang Android Developer, Anda harus lulus dari jurusan Ilmu Komputer dan membekali diri dengan pelatihan terkait. Dengan adanya pelatihan ini, Anda dapat memperoleh ilmu tentang fitur penting dalam menangani situasi sulit dan kompleks dengan cara yang nyaman.

  1. .Net Developer

.Net developer adalah jenis lowongan IT fresh graduate yang bisa Anda coba. .Net sendiri adalah sebuah teknologi buatan Microsoft untuk mengembangkan program yang berorientasi obyek.

Beberapa keahlian .Net developer yang harus terus diasah adalah ASP.Net framework, Structured Query Language atau SQL, basis data, teknologi pengembangan web milik klien, Microsoft Most Valuable Professional, dan keahlian non-teknis berupa komunikasi yang baik.

  1. Java Developer

Java adalah bahasa pemrograman yang telah ada sejak 1990an. Bahasa pemrograman ini masih menjadi favorit banyak programmer di seluruh dunia, terlebih untuk membuat aplikasi atau perangkat lunak Android.

Seorang Java developer harus bisa menguasai keahlian teknis dan non-teknis. Keahlian teknis mencakup cara memecahkan masalah, algoritma dan struktur data beserta analisa kerumitan algoritma itu sendiri. Aspek lainnya adalah rancangan sistem dan coding, seperti Codility, CoderByte, CodeWars dan CodeSignal. Sedangkan keahlian non-teknis mencakup pengelolaan waktu dan komunikasi yang baik.

  1. PHP Developer

Lowongan IT fresh graduate selanjutnya adalah programmer PHP. PHP merupakan bahasa pemrograman yang banyak dipakai perusahaan ternama, seperti Facebook dan IBM. Bahasa pemrograman ini mudah digunakan dan mendukung banyak kebutuhan, seperti untuk membuat sisi server dari laman yang kita kembangkan.

PHP dapat bekerja dengan sangat baik untuk menangani berbagai hal terkait file system, output HTML, gambar, PDF, file swf dan xhtml.

  1. SAP Developer

SAP developer merupakan pembuat solusi perangkat lunak bisnis nomor 1. SAP adalah perusahaan perangkat lunak global yang menyumbang satu hal yang tidak bisa diberikan oleh mayoritas perusahaan perangkat lunak, yakni bahasa komputernya sendiri.

Hal tersebut berarti ada banyak peluang pekerjaan bagi SAP developer yang mesti memahami solusi SAP, seperti SAP Business Warehouse, SAP Business Objects dan Sybase mobile.

SAP developer bertugas menulis program dengan memakai Advanced Business Application Programming atau ABAP. Mereka dengan keahlian SAP seringkali bekerja sebagai konsultan, entah konsultan fungsional atau konsultan teknis. Konsultan fungsional berfokus memenuhi kebutuhan bisnis sedangkan konsultan teknis banyak mengerjakan hal teknis.

  1. Software Developer

Software Developer merupakan orang yang berfokus menciptakan atau mengembangkan perangkat lunak. Seorang software developer harus mempunyai beberapa ketrampilan, seperti menguasai beberapa bahasa pemrograman. Sebagai contoh, bahasa tersebut adalah JavaScript dan Coffee Script untuk bahasa front-end dan Python serta Ruby sebagai bahasa back-end.

Seorang software developer harus pintar bernegosiasi dan mengikuti perkembangan software development tools. Beberapa yang bisa dikuasai adalah version control software yang berguna untuk memantau berbagai versi aplikasi dan sumber kode, seperti Git.

  1. Fullstack Developer

Fullstack developer adalah seseorang yang mengerjakan tugas back end dan front end developer. Seorang fullstack developer haruslah bisa menguasai HTML, CSS, JavaScript dan bahasa pemrograman back end lainnya.

Bagi seorang fullstack developer yang senior, mereka akan bertugas menganalisa suatu masalah pada berbagai sisi bahasa pemrograman, baik yang dipakai oleh front end ataupun back end.

  1. Business Analyst

Business Analyst merupakan profesi yang bertugas menganalisa sebuah organisasi, perusahaan atau pun instansi baik secara nyata atau hipotesa lalu merancang proses dan sistem. Ia juga akan menilai model bisnis lalu mengintegrasikannya dengan teknologi.

Seorang business analyst biasanya mempunyai latar belakang teknik atau Ilmu Komputer. Ia juga mempunyai pengalaman kerja sebagai programmer atau insinyur. Tidak selalu seorang business analyst bekerja pada proyek yang berkaitan dengan Informasi dan Teknologi. Terkadang ia bisa melakukan pekerjaan bidang pemasaran dan keuangan.

  1. IT Support

IT Support merupakan seorang teknisi pada sebuah organisasi atau perusahaan yang bertugas menginstalasi, mengevaluasi dan meningkatkan tiga obyek utama, yakni komputer, perangkat lunak dan pengembangan sistem jaringan.

Tugas IT Support di antaranya adalah memastikan komputer berjalan normal,  komputer terhubung ke jaringan dan bisa dipakai oleh pengguna dan memastikan aplikasi berjalan sebagai mestinya.

  1. Junior Database Administrator

Lowongan IT fresh graduate terakhir yang bisa dicoba adalah Junior Database Administrator. Posisi ini menepati level pemula. Di antara tugasnya adalah mengikuti proses yang sudah ditentukan, menangani pekerjaan SQL Server Agent yang gagal, termasuk tugas pencadangan dan pemeliharaan. Profesi ini mengharuskan pelakunya mengetes dan menerapkan potongan kecil ke lingkungan pra-produksi dan produksi.

Apakah anda tertarik dan mencari lowongan kerja IT? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Tips untuk Fresh Graduate Agar Tidak Menunda Pekerjaan Di Kantor



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 78 times, 1 visits today)