Perhatikan Hal Ini Sebelum Kamu Mencari Lowongan Kerja di Bidang IT

Perkembangan dunia online yang begitu pesat saat ini membuat perusahaan membuka kesempatan kerja yang tinggi untuk lowongan kerja IT dan memberikan perhatian yang penuh kepada setiap mereka yang melamar pekerjaan. Rata – rata perusahaan lebih selektif dalam merekrut karyawan, termasuk karyawan di bidang IT. Seleksi ini tidak hanya dialami oleh mereka yang baru lulus atau belum memiliki pengalaman kerja saja akan tetapi dialami juga oleh seorang Profesional IT yang sudah memiliki se-gudang pengalaman.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Kamu mencari lowongan kerja di bidang IT :

Tingkatkan Kemampuan Soft Skill
Soft skill sangat penting dimiliki untuk menunjang kemampuan Kamu, salah satunya adalah kemampuan dalam presentasi. Ini sangat penting Kamu kuasai karena apabila Kamu mendapatkan project yang mengharuskan Kamu untuk menjelaskan kepada client dalam bentuk presentasi Kamu bisa melakukannya dengan baik. Hal itu akan menjadi keuntungan bagi Kamu dalam menarik minat client untuk bersaing memenangkan project. Sedangkan dalam proses wawancara kerja ini akan menjadi senjata Kamu untuk bisa meyakinkan perusahaan dalam memilih Kamu sebagai karyawan.

Ciptakan Elevator Pitch
Elevator pitch adalah serangkaian pernyataan atau kalimat singkat yang mendeskripsikan diri dan nilai tambah kamu kepada perusahaan. Kalau kamu termasuk orang yang tidak biasa berbicara dengan orang lain, mungkin kamu dapat melatih elevator pitch kamu di depan cermin atau dengan bantuan voice message supaya elevator pitch kamu tidak terdengar kaku. Selain itu, kamu juga harus fokus pada keunikan yang kamu miliki.

Berikut contoh sebuah elevator pitch.
“Nama saya Bagus Pangarso dan saya pernah membuat aplikasi untuk website dan desktop. Setiap aplikasi yang saya buat saya berusaha supaya aplikasi tersebut bisa memberikan kemudahan bagi pengguna dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.”

Melakukan Networking
Networking adalah tentang membangun jaringan. Networking adalah bertemu dan berkenalan dengan sebanyak mungkin orang sampai kamu menemukan orang yang tepat dan membutuhkan “jasa” kamu. Layaknya tenaga sales, seorang pencari kerja sesungguhnya sedang mencari prospek dari jasa dan keahlian yang ditawarkan. Seringkali lowongan kerja datang dari orang-orang yang sudah mengetahui diri kita sebelumnya

Kenali Audiens
Memasarkan diri kamu secara efektif juga berarti mempelajari segala sesuatu tentang lowongan kerja tersebut. Hal tersebut termasuk segala sesuatu mengenai perusahaan tersebut. Kamu dapat melakukan riset terhadap ukuran perusahaan tersebut untuk melihat bagaimana peran kamu dapat membantu perusahaan tersebut. Mengetahui lebih banyak tentang industri perusahaan tersebut juga akan memberikan kamu wawasan lebih luas dalam menghadapi wawancara kerja kamu nantinya.

Persiapkan Wawancara dengan Baik
Persiapkan segala pertanyaan yang ingin kamu tanyakan saat wawancara. Selain itu, siapkan juga jawaban untuk setiap pertanyaan yang berbeda.
Tenangkan diri Kamu, berpakaianlah dengan rapi, dan tetap percaya diri sebelum wawancara!

 

Semoga bermanfaat 🙂

By | 2018-04-11T17:10:29+00:00 March 13th, 2018|Career|0 Comments

Leave A Comment