Memanajemen waktu sangat penting untuk seorang developer.  Selain untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan disaat bersamaan, memanajemen waktu yang baik juga dapat membuat pekerjaan Anda sebagai developer menjadi lebih efektif. Kali ini TOG Indonesia akan memberikan tips cara manajemen waktu untuk developer, yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Menentukan prioritas

Salah satu tuntutan profesi dan teknologi adalah developer wajib untuk mengupdate pengetahuannya. Nah Anda bisa menentukan 3 aspek yang perlu prioritaskan dalam fokus belajar, yaitu fundamental, versi terbaru software/ fitur yang sering digunakan, dan manajemen waktu.

Aspek fundamental ini sangat berguna untuk mengetahui dasar/ standar apa yang akan teman” pelajari. Jangan lupa untuk belajar menggunakan versi terbaru dan fitur yang paling sering digunakan. Selanjutnya Anda bisa meluangkan waktu setidaknya 25 menit sehari untuk membaca.

Meminimalisir kesalahan saat koding

Saat melakukan koding suatu program, pasti akan mengalami error saat sedang merunning program tersebut. Nah untuk meminimalisir kesalahan ada 2 cara yang bisa Anda coba lakukan, seperti: menerapkan konsep Test-Driven Development (TDD) dan Pendekatan Desain Iteratif. Test-Driven Development merupakan konsep pengembangan aplikasi dengan sistem pengujian, di mana script untuk menguji aplikasi dibuat lebih dulu baru kemudian kode untuk program utamanya.

Atur waktu istirahat

Kesehatan salah satu hal utama yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Namun, masih banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatannya. Nah salah satu yang sering dilakukan oleh orang yang berprofesi sebagai programmer dan developer adalah pola tidur yang berantakan. Kurangnya tidur juga bisa mengakibatkan kondisi tubuh seperti sakit kepala, mual, migrain, vertigo, dan penyakit lainnya. Hal inilah yang bisa membuat produktivitas saat bekerja menurun.

Oleh karena itu, Anda harus segera menentukan waktu khusus untuk beristirahat dalam jam kerja. Jika waktu istirahat terjadwal dengan baik dipercaya project kerja yang menumpuk akan tetap bisa diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Itulah tips manajemen waktu untuk developer yang bisa Anda coba terapkan. Semoga berhasil

Baca juga : Kisaran Gaji Software Developer Tahun 2021

 

 

 

(Visited 12 times, 1 visits today)