Banyak orang beranggapan bahwa coding merupakan keterampilan yang sulit untuk dipelajari. Namun, meskipun sulit, orang-orang dengan keterampilan coding ini banyak dicari oleh perusahaan. Sehingga, usaha dan jerih payah ketika mempelajari coding tidak menjadi sia-sia.

Mengikuti perkembangan zaman, manusia dituntut untuk lebih melek digital. Penggunaan teknologi seperti komputer dan gadget pun sudah menjadi kebutuhan manusia untuk menjalankan aktivitasnya, tak terkecuali dalam berbisnis. Oleh karena itu, programmer atau seseorang dengan keahlian khusus dibidang IT seperti coding pun sangat dibutuhkan.  

Menjadi salah satu kemampuan yang banyak diincar perusahaan, tentunya coding memberikan banyak manfaat untuk perkembangan karier. Berikut enam (6) manfaat coding yang perlu programmer  ketahui.

Manfaat Coding yang Wajib Diketahui Oleh Programmer Untuk Perkembangan Karir

6 Manfaat Coding

1. Mengembangkan Potensi Diri

Pemrograman berkaitan erat dengan pemecahan masalah atau problem solving. Tentunya, seorang programmer harus dapat menyelesaikan berbagai masalah dengan cepat, atau menemukan cara baru untuk menyelesaikannya. Selain berpikir secara kreatif, coding menuntut Anda untuk berpikir secara terstruktur, sistematis, dan efisien. Semakin sering Anda menyelesaikan suatu kasus dalam pemrograman, semakin Anda bisa mengembangkan setiap potensi yang ada pada diri Anda.

2. Membuka Peluang Baru

Memiliki kemampuan coding dapat menjanjikan masa depan yang cerah. Seiring perkembangan digital, permintaan akan tenaga IT pun semakin meningkat. Hal tersebut dapat membuka peluang baru atau lapangan pekerjaan yang luas bagi programmer

3. Penghasilan Lebih Banyak

Programmer menjadi profesi yang diincar oleh perusahaan. Seperti yang kita ketahui, permintaan akan talenta programmer mengalami kenaikan seiring perkembangan digital. Namun, orang yang menguasai bidang ini terbilang minim. Sehingga, perusahaan pun berani menggaji programmer dengan bayaran yang tinggi.

4. Fleksibel

Teknologi yang semakin canggih memungkinkan programmer untuk bekerja dimana saja, selama tersedia akses internet dan daya listrik. Anda dapat bekerja secara fleksibel atau remote working kapanpun dan dimanapun.

5. Berpikir Logis

Ketika melakukan aktivitas coding, tentunya programmer harus memilih satu bahasa pemrograman. Dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut, programmer harus memahami struktur algoritma yang berlaku di dalamnya. Algoritma yang tidak sesuai dapat membuat hasil akhir yang tidak baik. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi, tentu dibutuhkan pemikiran yang logis.

6. Berbagi dan Bekerja bersama

Para programmer selalu bekerja bersama. Mereka memiliki komunitas yang besar dan jaringan open source untuk berbagi kode atau belajar bersama. Komunitas tersebutlah yang dapat membantu dalam mengasah kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru setiap harinya.

Baca Juga: Kenali Apa itu Phishing Secara Lengkap dan Tips Menghindarinya

(Visited 25 times, 7 visits today)