Ketika melamar pekerjaan, tentunya kandidat perlu melewati rentetan proses rekrutmen terlebih dahulu. Salah satunya adalah mengirim Curriculum Vitae (CV) pada perusahaan yang dilamar.

Ketika proses rekrutmen berlangsung, mayoritas perusahaan besar menggunakan Applicant Tracking System (ATS) untuk mempermudah proses rekrutmen. Ini dikarenakan tingginya volume pelamar, sementara penerimaan karyawan baru bisa dihitung jari saja.

Dalam menyusun CV ATS-Friendly, tidak sedikit kandidat yang masih melakukan kesalahan. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami rangkumkan panduan untuk membuat CV ATS-Friendly. Yuk, simak artikel ini lebih lanjut.

Mengenal ATS

Applicant Tracking System (ATS) atau Sistem Pelacakan Pelamar merupakan  software yang dapat mempercepat seleksi pelamar pekerjaan yang masuk dalam perusahaan. Software ATS mampu mengolah data secara praktis sesuai ketentuan dan konfigurasi berdasarkan kebutuhan perusahaan.

Berikut keuntungan menggunakan ATS dalam perusahaan :

  1. Mempercepat proses rekrutmen

Dalam aplikasi ATS terdapat kecerdasan buatan yang mampu menyesuaikan kriteria semantik, penguraian, dan pencarian. ATS dapat menyeleksi dalam waktu singkat tanpa dipengaruhi database kandidat yang masuk.

  1. Memilih kandidat tepat dalam waktu singkat

ATS menyimpan segala informasi mengenai kandidat, dan progress dari proses rekrutmen dapat diakses oleh semua karyawan perusahaan. Dengan begitu, prosesnya akan lebih cepat dan efisien.

  1. Menekan biaya

ATS merupakan alat all in one features, sehingga sistem tersebut dapat menurunkan biaya menjadi lebih ekonomis dan reasonable.

  1. Candidate-Experience yang positif

Segala proses rekrutmen sudah tercatat dan dikelola dengan teliti. Terlebih ATS dilengkapi fitur email automation, sehingga  pemberitahuan penerima dan penolakan lamaran dapat dilakukan dengan tepat dan cepat.

Ciri-Ciri CV ATS-Friendly

  • Jenis ukuran dan ukuran huruf standar, tidak terlalu besar dan terlalu kecil;
  • CV menggunakan bahasa inggris agar lebih mudah diidentifikasi oleh software ATS;
  • Menyisipkan kata kunci yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Dengan begitu ATS dapat menyesuaikan data diri dengan kriterita yang telah HR input dalam sistem;
  • Menggunakan desain CV yang sederhana, tanpa logo, warna-warna mencolok, bahkan tanpa foto.

Tips Membuat CV ATS-Friendly

  1. Template Sederhana

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat CV ATS-friendly adalah desain CV. Pastikan Anda menggunakan desain yang simple, polos, dan mudah dipahami atau terbaca oleh sistem ATS. CV dengan ornamen atau grafik yang tidak kompleks dapat mudah dibaca oleh ATS. Gunakan warna monokrom, seperti background putih dengan tulisan berwarna hitam.

  1. Penempatan Tulisan

Pastikan tulisan mudah terbaca dan tertata rapi agar tidak menyebabkan kesulitan keterbacaan dan menimbulkan kesan tidak professional.

  1. Mengoptimalkan Kata Kunci

Pastikan Anda menulis kata kunci yang sesuai dengan posisi yang dituju. Sebagai contoh, ketika Anda melamar posisi sebagai finance, pastikan CV tertera kata ‘Finance’. Anda dapat memasukkan kata kunci tersebut dalam kolom pengalaman, kemampuan, dan lain sebagainya.

Contoh CV ATS Friendly

Contoh CV ATS Friendly

Sumber : cakeresume

Contoh CV ATS Friendly

Sumber : cakeresume

Contoh CV ATS Friendly

Sumber : cakeresume

Baca juga Kenali Apa itu Profesi Ghost Writer Yang Dibutuhkan Banyak Perusahaan


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 142 times, 1 visits today)