Riwayat Big Data

big data

Sementara istilah “big data” relatif baru, tindakan mengumpulkan dan menyimpan informasi dalam jumlah besar untuk analisis akhirnya sudah ada sejak lama. Konsep ini memperoleh momentum di awal tahun 2000an ketika analis industri Doug Laney mengartikulasikan definisi ini menjadi mainstream ke dalam tiga V:

Volume. Organisasi mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk transaksi bisnis, media sosial, dan informasi dari data sensor atau mesin-ke mesin. Di masa lampau, menyimpannya akan menjadi masalah – namun teknologi baru (seperti Hadoop) mampu meringankan beban ini.

Velocity (Kecepatan) Data mengalir dalam kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan harus ditangani secara tepat waktu. Tag RFID, sensor, dan pengukuran pintar mendorong kebutuhan untuk menghadapi derasnya curahan data secara hampir real-time.

Variety (Keberagaman) Data hadir dalam semua jenis format – dari data terstruktur dan numerik dalam database tradisional hingga dokumen teks tidak terstruktur, email, video, audio, data stock ticker, dan transaksi keuangan.

Mengapa Big Data itu Penting ?

big data

Pentingnya adalah tidak berkisar pada seberapa banyak data yang Anda miliki, tetapi apa yang Anda lakukan dengan data tersebut. Anda dapat mengambil data dari sumber apa pun dan menganalisisnya untuk menemukan jawaban yang memungkinkan 1) pengurangan biaya, 2) pengurangan waktu, 3) pengembangan produk baru, dan penawaran yang dioptimalkan, serta 4) pengambilan keputusan yang cerdas. Saat Anda menggabungkan big data dengan analitik berkekuatan tinggi, Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas yang terkait dengan bisnis seperti:

  • Menentukan akar penyebab kegagalan, masalah, dan kegagalan hampir secara real time.
  • Menghasilkan kupon di titik penjualan berdasarkan kebiasaan membeli pelanggan.
  • Menghitung ulang seluruh portofolio risiko dalam hitungan menit.
  • Mendeteksi perilaku curang sebelum hal ini memengaruhi organisasi Anda.

Siapa saja yang menggunakan ?

big data

Bigdata memengaruhi organisasi di hampir semua industri. Lihat bagaimana masing-masing industri dapat memanfaatkan serangan informasi ini.

Pendidikan

Pendidik yang dipersenjatai dengan wawasan berbasis data dapat membuat dampak signifikan pada sistem sekolah, siswa, dan kurikulum. Dengan menganalisisnya, mereka dapat mengidentifikasi siswa berisiko, memastikan siswa membuat kemajuan yang memadai, dan dapat menerapkan sistem yang lebih baik untuk evaluasi dan dukungan guru serta kepala sekolah.

Perbankan

Dengan sejumlah besar aliran informasi dari sumber yang tak terhitung jumlahnya, bank dihadapkan dengan menemukan cara-cara baru dan inovatif untuk mengelola data. Meskipun penting untuk memahami pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka, sama pentingnya untuk meminimalkan risiko dan penipuan sambil mempertahankan kepatuhan terhadap peraturan. Big data membawa wawasan besar, tetapi juga membutuhkan lembaga keuangan untuk tetap selangkah lebih maju dari yang sudah ada dengan analitik tingkat lanjut.

Layanan Kesehatan

Catatan pasien. Rencana pengobatan. Informasi resep. Dalam hal layanan kesehatan, semuanya harus dilakukan dengan cepat, akurat – dan, dalam beberapa kasus, dengan transparansi memadai guna memenuhi peraturan industri yang ketat. Ketika dikelola secara efektif, penyedia layanan kesehatan dapat menemukan pengetahuan tersembunyi yang meningkatkan perawatan pasien.

Retail

Membangun hubungan pelanggan sangat penting bagi industri retail – dan cara terbaik untuk mengelolanya adalah dengan mengelola big data. Retailer perlu mengetahui cara terbaik untuk memasarkan kepada pelanggan, cara paling efektif untuk menangani transaksi, dan cara paling strategis untuk mengembalikan bisnis yang bangkrut dan bisa menjadi jantung dari seluruh hal itu.

Manufaktur

Dipersenjatai dengan wawasan yang dapat diberikan oleh big data, produsen dapat meningkatkan kualitas dan keluaran sambil meminimalkan limbah – proses yang menjadi kunci dalam pasar yang sangat kompetitif saat ini. Semakin banyak produsen yang bekerja dalam budaya berbasis analitik, yang berarti produsen dapat menyelesaikan masalah lebih cepat dan mengambil keputusan bisnis lebih gesit.

Pemerintah

Ketika lembaga pemerintah dapat memanfaatkan dan menerapkan analitik untuk big data yang dimiliki, pemerintah mendapatkan sesuatu yang signifikan dalam hal mengelola utilitas, menjalankan badan-badan, menangani kemacetan lalu lintas atau mencegah kejahatan. Tapi sementara ada banyak keuntungan untuk itu, pemerintah juga harus mengatasi masalah transparansi dan privasi.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 29 times, 1 visits today)