Belajar React Native – Perlu kita sadari juga kalau perkembangan React Native sangat cepat. Oleh sebab itu kita harus pastikan React Native yang kita pakai sama versinya dengan library atau dokumentasi yang kita gunakan saat ini. React adalah library JavaScript yang dibuat oleh Facebook yang ideal untuk membangun aplikasi dengan user interface yang interaktif dan dinamis.

Perusahaan besar seperti Netflix, Facebook, Skype, Asana, hingga Uber telah mengadopsi React untuk mengembangkan produk mereka. Cukup dengan mempelajari React, kamu dapat membuat aplikasi web, desktop, hingga mobile berbasis Android dan IOS kamu sekaligus.

Developer yang memahami React dan React Native memiliki peluang lebih besar untuk direkrut oleh perusahaan yang berfokus pada teknologi terdepan. Jadi, Mengapa kita perlu belajar React Native ? Inilah Alasannya :

1. Kode Javascript Untuk iOS Dan Android (One For All)

belajar react native

Dengan React Native, Anda cukup melakukan kode sekali yang mana kode tersebut nantinya di-bridging ke Android (Java), dan iOS (obj c). Sekali koding, kerjaan beres semua. Tinggal ngopi deh.

2. Telah Dipakai Banyak Oleh Perusahaan Besar

Seperti yang sudah disinggung di kalimat pembuka atas, sudah banyak sekali perusahaan besar yang menggunakan ini. Lebih lengkapnya perusahaan apa saja silahkan liat disini –> https://facebook.github.io/react-native/showcase.html

3. Simple Code

Anda mungkin sudah terbiasa menggunakan HTML, Javascript basic, programming basic? Sekarang coba lihat kode React Native di bawah ini:

import React, { Component } from 'react';
import {View, Text, TouchableOpacity} from 'react-native';

class Home extends Component {

  handleClick(){
    alert('Selamat datang di React Native');
  }

  render(){
    return (
      <View>
        <Text>Hello World</Text>
        <TouchableOpacity onPress={()=>this.handleClick()}>
         <Text>Click Me!</Text>
        </TouchableOpacity>
      </View>      
    );
  }

Setiap part yang akan ditampilkan di screen dipisah menjadi Component, salah satu contoh Component adalah “Home” seperti contoh di atas. Kemudian method render digunakan untuk menampilkan data ke layar. “<View> “ digunakan untuk pengganti “<div>” pada HTML, kenapa tidak menggunakan div saja? Jawabannya adalah View merupakan component Native dari Android maupun iOS yang di-bridging oleh javacript. Begitu juga dengan “<Text>” yang merupakan replacement dari “<p>”. Sedangkan “<TouchableOpacity>” bisa digunakan sebagai Button untuk melakukan action seperti “onPress”, yang mana pada kode di atas bertugas untuk memanggil method “handleClick” untuk memanggil “alert”.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Truly Native

Kebanyakan Mobile App yang dibangun dengan javacript, menggunakan Cordova, ex: Ionic dan Sencha Touch. Dengan Cordova, Anda bisa memanggil Native Api seperti contact, gps, dsb. Tetapi tetap saja aplikasi Anda hanyalah sebuah WebView atau HTML biasa yang ditampilkan dengan browser WebView. Nantinya aplikasi Anda pasti akan mengalami lagging, hp mengalami panas dan sebagainya.

Sedangkan React Native benar-benar menggunakan Native Component dan Native API. Kode Javascript Anda akan di-bridging ke Native iOS maupun Android. Jika Anda sudah biasa dengan Javascript, you will feel like home.

5. Cocok Untuk Startup

belajar react native

Kenapa saya berani bilang bahwa React Native cocok untuk startup? React Native dibangun dengan Javascript, so tidak perlu repot-repot membayar atau mencari beberapa programmer dengan skillset yang berbeda untuk Android maupun iOS. So it will save your startup COST for sure.

6. Live Reload

No More Building Process!! Cukup dengan tekan CMD + R pada simulator, and voila, result koding terbaru Anda akan ditampilkan seperti layaknya menggunakan web browser.

belajar react native

 

Perlu kita sadari juga kalau perkembangan React Native sangat cepat. Oleh sebab itu kita harus pastikan React Native yang kita pakai sama versinya dengan library atau dokumentasi yang kita gunakan saat ini.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 59 times, 1 visits today)