Revolusi industri 4.0 sangat berdampak sekali bagi dunia industri dan perilaku masyarakat. Dampak era revolusi industri 4.0 adalah teknologi digital yang digunakan yang membuat terjadinya interkoneksi antara mesin fisik dengan sistem produksi. Beberapa teknologi yang menjadi unsur utama terhadap pengembangan industri konvensional menuju industri digital seperti Internet of Things (IoT), Big Data, Augmented Reality, Cyber Security, Artifical Intelegence, Addictive Manufacturing, Integrated System, Cloud Computing. Dan salah satu teknologi yang populer adalah Big Data, dalam Big Data sendiri terdapat profesi yang sangat dicari oleh perusahaan di Indonesia maupun diluar seperti,Data Engineer, Data Scientist, Data Analyst, Data Manager, Data Architect dan Database Administrator. Nah pada artikel kali ini, akan membahas profesiData Engineer yang merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Apa itu Data Engineer ? 

Data Engineer merupakan profesi yang memiliki tugas dan tanggung jawab atas infrastruktur data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Bentuk dari infrastrukturnya cukup bervariasi, mulai dari Pipeline, Warehouse, Database, dan sistem lainnya yang memang sudah dirancang secara khusus untuk memproses data dalam jumlah yang sangat besar. Namun, mengapa keberadaan Data Engineer begitu dibutuhkan?

Hal ini dikarenakan ada banyak data yang diterima oleh sebuah perusahaan besar, mulai dari ribuan hingga jutaan data hanya dalam satu menitnya. Dengan keadaan seperti itu, membuat infrastruktur konvensional saja tidak akan bisa untuk menampung semua data yang masuk. Oleh karena itu, Data Engineer memiliki tugas dalam membangun sebuah sistem baru namun dengan daya tampung yang jauh lebih besar.

Cara Menjadi Data Engineer

Jika Anda seorang IT Freshgraduate, dan ingin menjadi seorang Data Engineer, beberapa kemampuan ini wajib dikuasai seperti

1. Menguasai Python dan SQL 

bahasa pemrograman Python sering kali digunakan untuk pengambangan Software, System Scripting, Website, hingga manajemen data yang memiliki kemampuan untuk menguraikan baris kode agar lebih mudah terbaca. SQL juga harus bisa Anda kuasai karena memiliki Structured Query Language yang bisa digunakan untuk mengakses, menjalankan query, mengambil data, hingga menghapus data-data yang tersaji di dalam database.

2. Pengetahuan di bidang system scripting

Penggunaan bahasa script memang ditujukan untuk menerjemahkan perintah atau kode dari suatu situs tertentu. Melalui scripting ini, Anda bisa membuat data menjadi lebih mudah terbaca. Sehingga akan memudahkan Data Manager dalam melakukan proses data tersebut. Itulah mengapa pengetahuan di bidang System Scripting sangat penting untuk Anda miliki.

 3. Pengalaman di bidang Cloud Platforms

Cloud computing adalah teknologi komputerisasi yang melalui server internet yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data dalam berbagai skala. Karena komputasi ini bisa menggabungkan sistem komputer dengan internet, penggunanya akan bisa mengakses data miliknya dari berbagai platform dan lokasi. Salah satu Cloud Platforms yang sangat populer dan paling banyak digunakan dalam kegiatan manajemen data adalah Amazon Web Services.

Baca juga artikel lainnya : Pekerjaan Big Data yang Paling Banyak Dicari Saat Ini


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 24 times, 1 visits today)