Di era digital saat ini, nilai sebuah data menjadi berkali-kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Apa pun bisa menjadi potensi informasi baru, dari mana pun asalnya. Contohnya adalah didalam sebuah perusahaan, mereka pasti memiliki informasi terkait kepegawaian hingga rincian keuangan pasti selalu ditata dengan baik. Sebuah perusahaan pasti ada yang memiliki ruang arsip tersendiri yang berisi folder yang cukup banyak. Oleh karena itu, profesi Data Scientist sangat diperlukan baik itu oleh perusahaan luar maupun dalam negeri.

Mengenal Profesi Data Scientist

Data scientist adalah profesi yang berhubungan dengan pengolahan data dan analisa data. Tugas dari profesi yang satu ini adalah melakukan pengumpulan data, mengolah data, serta melakukan analisa data yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berguna bagi perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Pengelolaan data merupakan aset yang sangat berharga karena mampu menghasilkan Output yang memperbaiki kinerja bisnis.

Perbedaan Data Scientist dan Data Science

Data Scientist merupakan istilah umum yang diberikan kepada mereka yang menjalani profesi dalam bidang Data Science. Tugas yang dilakukan tidak lain adalah mengolah berbagai data yang sebelumnya sudah disiapkan oleh Data Engineer agar dapat menjadi sebuah informasi yang berguna bagi kepentingan perusahaan tersebut. Dia juga diharuskan untuk melakukan pengujian atas hasil analisanya. Setelah hasil dari pengujian didapatkan, dia akan langsung memberi saran kepada perusahaan mengenai langkah apa saja yang dinilai tepat dan apa saja yang harus diambil.

Data science adalah pengetahuan yang bersifat interdisiplin yang mampu mengombinasikan berbagai bidang ilmu pengetahuan. Seorang Data Science juga akan mempelajari secara khusus tentang data (terutama yang bersifat kuantitatif), baik itu yang terstruktur maupun tidak terstruktur.

Peluang Kerja Data Scientist di Indonesia

Peluang kerja profesi yang satu ini terbilang sangat menjanjikan. Dilansir dari artikel Harvard Business Review pada tahun 2012, profesi Data Scientist adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan ini dan dalam 10 tahun terakhir meningkat sampai 30 kali lipat. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang memang bergerak dalam bidang telekomunikasi dan perbankan serta berbagai startup telah menggunakan jasa Data Scientist dan menjadikannya sebagai salah satu posisi penting di manajemen mereka.

Namun berbanding terbalik dengan tenaga Data Scientist yang dimiliki oleh negara ini yang masih terbilang sangat sedikit. Hal ini diperkirakan karena klien lokal kalah dalam daya saing dengan klien luar negeri dalam mendapatkan talent terbaik di Indonesia. Data Scientist Indonesia juga banyak yang dipekerjakan perusahaan di luar negeri.

Baca juga artikel lainnya : Mengenal Perbedaan Data Scientist, Data Engineer dan Data Analyst


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 13 times, 1 visits today)