Menjadi Android developer expert kami rekomendasikan menjadi tujuan Android developer pada apa pun level Anda saat ini. Dengan kemampuan khusus yang mumpuni, Anda tak hanya membuka diri sebagai “peneliti” Android itu sendiri melainkan mengundang kesempatan menikmati karir gemilang.

Tentunya, kata “ahli” mewajibkan Anda mempelajari banyak hal dalam ranah Android dengan kedalaman materi melampaui level dasar atau menengah.

Berikut sejumlah hal agar Anda bisa menjadi Android developer expert dengan menerapkan dedikasi dan konsistensi tinggi:

Menjadi Android Developer Expert

  1. Memahami Android Framework

Sebagaimana kami ambil dari Tristate Technology, aspek pertama ini bukan perkara Android Framework apa yang Anda gunakan saat ini. Melainkan, aspek awal menjadi Android developer expert lebih mengarah ke memahami bagaimana sesuatu bisa benar-benar dikerjakan dengan Android Framework.

Bahkan seorang developer Android dengan sedikit pengetahuan dapat mengetahui seluk-beluk tentang Android Framework. Untuk ahli di bidang ini, Anda harus mengetahui bagaimana kode ditulis dalam Android Framework, bagaimana hal berbeda bisa bekerja di Android Framework yang sama lalu bagaimana segala sesuatu beroperasi sebagaimana mestinya dalam Android Framework itu juga.

  1. Menjadi JavaScript Pro

Tetap perluas cakrawala pengetahuan bahasa pemrograman Anda untuk melengkapi kemampuan teknis sebagai syarat wajib menjadi Android developer expert. Salah satu yang wajib hukumnya adalah mempelajari JavaScript.

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang paling diterima di kalangan front-end developer. JavaScript mempunyai keluwesan luar biasa untuk diterapkan pada pengembangan aplikasi mobile Android. Asah kemampuan JavaScript agar mencapai level pro dengan memadukan JavaScript dengan HTML5 dan CSS untuk membangun aplikasi Android yang lain dari biasanya.

  1.   Mengakrabkan Diri dengan Android P

Android P diumumkan saat Google I/O Developer’s Conference pada 2018. Disebut-sebut Android P mengusung Mesin Pembelajaran untuk membawa fitur yang lebih menarik ke aplikasi mobile Android.

Pelajari beberapa hal dalam Android P sebagai bagian dari upaya menjadi Android developer expert. Aspek tersebut mencakup memahami cara kerja Android P dalam memakai Mesin Pembelajaran untuk menambah fitur penjawab otomatis di aplikasi Android Anda. Hal lainnya adalah mempelajari App Slices agar konten yang bisa dikendalikan dari jarak jauh dalam aplikasi Android Anda dapat muncul pada laman Google Search dan Assistance.

  1.   Mempelajari Kode AI, AR/VR

Dalam gelaran Goole I/O 2018, ada banyak teknologi baru terbuka bagi pengembang Android. Jika bisa, kuasailah inovasi dari Google sebagai produsen Android untuk mendukung rencana Anda menjadi Android developer expert.

Dengan adanya Google Duplex, semakin banyak bisnis yang ingin mengintegrasikan Artificial Intelligence atau AI atau Kecerdasan Buatan ke dalam aplikasi mobile mereka. Ini bisa menjadi peluang emas jika tahu cara memakainya. Ini juga berlaku untuk Augmented Reality atau AR dan Virtual Reality atau VR. Google membuat ARCore untuk membantu developer Android menggabungkan fungsi tersebut ke dalam aplikasi mobile mereka nanti.

  1.   Mengikuti Perkembangan Aplikasi Android Sukses Terbaru

Jangan sampai terlalu sibuk mengerjakan proyek aplikasi terbaru hingga mengabaikan aplikasi Android yang sedang digandrungi masyarakat. Selain kemampuan teknis, lengkapi portofolio Anda menjadi Android developer expert dengan mengikuti aplikasi Android apa yang sedang populer.

Ketahui apa saja aplikasi tersebut dan bagaimana mereka bisa berhasil di industrinya masing-masing. Salah satu hal yang bisa dipelajari adalah dengan membaca kode yang dipakai oleh aplikasi tersebut. Bagikan temuan Anda dengan rekan sesama developer agar saling berdiskusi. Ini adalah tahap penting untuk mengerti fungsi apa yang dibuat, seberapa gegas, bisa diandalkan dan mudah digunakan sehingga aplikasi ini bisa laris diunduh publik.

  1.   Meraup Manfaat dari Android Studio

Agar benar-benar menjadi Android developer expert, Anda harus mempelajari shortcut papan tuts yang sangat penting beserta fiturnya sehingga memudahkan Anda dalam melakukan coding secara lebih cepat.

Pelajari apa yang ada dalam Android Studio, seperti beberapa fungsi tambahan untuk dipakai, integrasi dan shortcut papan tuts untuk beberapa fitur.

  1.   Mengorganisir dan Mengarsiteki Aplikasi Sendiri

Anda mengerjakan begitu banyak proyek dan setiap dari proyek pengembangan aplikasi Android mempunyai banyak kode yang Anda simpan pada Activities dan Fragments yang berbeda-beda. Untungnya, bekerja pada industri pengembangan aplikasi Android membuat Anda memperoleh banyak pengetahuan dan daftar penerapan terbaik untuk dilakukan agar menjadi developer Android yang sukses.

Anda dapat menguji, mempertahankan dan mengelola logika aplikasi Anda yang berbeda-beda dalam contoh Android Architecture yang berbeda pula. Jadi Anda tidak harus terus mengingat dimana Anda menyimpan dan apa namanya. Cek seluruh daftar contoh untuk Android Architecture oleh Google.

  1.   Mempelajari UI/UX Desain

Yang terakhir adalah mempelajari UI/UX Desain, yang populer saat ini. Pelajari konsep dan cara merancang UI/UX agar aplikasi Android Anda tidak hanya bagus dari segi kode melainkan mudah dan interaktif di mata pemakainya.

Demikianlah tips sukses menjadi android developer expert, Apakah anda tertarik dan mencari lowongan android developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda dan bergabung dengan TOG Indonesia. Dengan begini, anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Gaji Android Developer di Indonesia Tahun 2020

Yuk, ikutan Training IT gratis java & .net yang di adakan oleh TOG Indonesia, dan raih suksesmu.


DAPATKAN UANG TUNAI Hingga Rp 2,5 JUTA UNTUK SETIAP ORANG YANG ANDA REKOMENDASIKAN

Rekomendasikan Teman atau Keluarga Anda dan Dapatkan Keuntungannya Cukup dengan mengisi formulir di sebelah kanan, kami akan segera menghubungi teman atau keluarga Anda. Jika Mereka dinyatakan LOLOS saat recruitment maka Anda berhak mendapatkan uang tunai hingga Rp 2,5 JUTA.

Referral Program TOG Indonesia

Referral Program TOG Indonesia adalah sebuah program dimana kita bisa merekomendasikan rekan/kerabat Anda untuk bergabung dengan TOG Indonesia (PT Tekno Gemilang). Apabila orang Anda rekomendasikan telah dinyatakan lulus proses seleksi, Anda akan langsung mendapatkan uang tunai hingga 2.5 jt untuk setiap 1 orang yang kamu rekomendasikan.⁣ Kamu bisa kunjungi Form Referral Program TOG Indonesia, yuk ikutan.



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 103 times, 1 visits today)