Kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja dibidang Software Developer sangatlah besar. Oleh karena itu, lowongan kerja Software Developer banyak dibuka oleh perusahaan di Indonesia. Bagi Anda yang merupakan seorang Freshgraduate yang ingin menjadi Software Developer, yuk simak ulasan berikut ini.

Tugas Software Developer

Software developer  bertugas untuk membangun serta menciptakan suatu produk dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak termasuk kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, serta keamanan.

Mereka juga yang mendiagnosis masalah-masalah program dan memastikan kualitas program yang mereka buat telah memenuhi syarat dan mencobanya terlebih dahulu sebelum launching ke publik demi mengetahui apakah produk sudah efisien dan fungsional.

Seorang software developer juga terlibat di dalam semua proses yang berhubungan dengan pembuatan dan rancangan sistem yang baru. Nantinya mereka juga akan membuat rencana, mendirikan parameter, membuat design, coding, encrypting, serta testing.

Skill Seorang Software Developer

Kemampuan menyelesaikan masalah

1. Kerja sama

Menjadi seorang developer pastinya akan banyak proyek yang harus dikerjakan bersama dengan tim. Maka dari itu, kamu harus banyak belajar untuk lebih kooperatif. Tim ini bukan hanya dari internal saja, lho, kamu bisa juga bekerja sama dengan tim eksternal seperti klien.

Maka dari itu, tinggalkanlah sifat-sifat egois dan latihlah untuk berempati serta mendengarkan. Jangan takut untuk menerima input agar kerjasama tim semakin solid.

2. Kerja tidak setengah-setengah

Menjadi developer dituntut untuk tidak bekerja setengah-setengah. Selesaikanlah apa yang sudah kamu buat sejak awal dan jangan mudah menyerah. Skenario terburuk dalam sebuah proyek adalah software yang mandek di tengah jalan.

Nah, jangan sampai karena kegagalan ini membuat kamu jadi tidak melanjutkan proyek karena semangat yang hilang. Sekali kamu mengerjakan satu proyek, harus kamu selesaikan dengan baik.

3. Detail-oriented

Mengerjakan, merancang, dan juga coding suatu proyek memang tidak mudah. Barisan kode angka, huruf, dan bahasa pemrograman yang kompleks bisa membuat otak menjadi lelah. Butuh ketelitian tingkat tinggi jika ingin menjadi seorang developer. Kenapa? Karena sedikit kesalahan atau salah huruf saja dapat membuat software menjadi kacau.

Itulah beberapa tugas dan skill yang harus Anda lakukan dan kuasai jika ingin menjadi Software Developer, semoga berhasil.

Baca juga : Tips Membuat CV untuk Web Developer yang Menarik Perusahaan


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 40 times, 1 visits today)