5 Metode Jitu Mengatasi Masalah Di Tempat Kerja

Sobat TOG Indonesia, Semua orang yang pernah menjadi karyawan di suatu perusahaan pasti setuju bahwa tak ada pekerjaan yang mulus tanpa masalah. Semua bidang pekerjaan pasti pernah mengalami berbagai macam problematika yang menghadang. Ada beberapa hal yang sering menjadi masalah di tempat kerja, seperti kesulitan untuk menjalin kerjasama dengan atasan dan rekan kerja, beban pekerjaan yang terlalu berat dan tak sesuai dengan kapasitasnya.

Pada saat seperti itu, keinginan untuk kabur dari lingkungan yang tak menyenangkan pasti ada dan biasanya yang dilakukan adalah resign (mengundurkan diri) dan mencari pekerjaan baru alias pindah kantor. Namun, resign tidak selalu menjadi jalan keluar yang paling tepat untuk di semua lingkungan pekerjaan.

Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik sebelum mengambil keputusan untuk resign, apakah masalah yang ada masih bisa diatasi atau tidak. Jangan sampai salah mengambil keputusan hanya karena emosi atau sekedar untuk lari dari masalah.

Info Loker

Dibawah ini ada 5 metode jitu mengatasi masalah di tempat kerja:

1. Identifikasi permasalahan

masalah

Cari tahu dengan jelas apa masalah yang sebenarnya terjadi dan minta berbagai pihak untuk menceritakannya karena Anda harus melihat masalah tersebut dari berbagai sudut pandang. Jangan mencampuradukan masalah yang ada dengan hal lain yang tidak penting.

2. Membuat daftar solusi

 

Metode pemecahan yang satu ini menuntut Anda untuk melakukan brainstorming dan Anda bisa meminta masukan dari rekan kerja lain yang memang berkompeten di bidangnya. Dengan cara ini jadi semakin mudah untuk mengatasi hambatan yang ada.

3. Pahami keluhan dan keinginan semua pihak

masalah

Pastikan Anda tidak melewati tahap ini karena solusi yang terbaik adalah yang bisa memuaskan semua orang yang terlibat dalam sebuah masalah. Dengar semua keluhan dan harapan yang disampaikan dan coba untuk memahaminya.

4. Evaluasi pilihan yang ada

 

Lihat kelebihan dan kekurangan masing-masing hasil yang sudah Anda buat dan evaluasi pilihan solusi terburuk sehingga memastikan Anda untuk mendapatkan solusi terbaik.

5. Menyetujui kesepakatan bersama

masalah

Ada banyak hal yang bisa merubah suatu kondisi, sehingga buatlah kesepakatan bersama akan hal yang harus dilakukan di masa depan jika memang ada perubahan yang terjadi.

Jangan lupa untuk memutuskan bagaimana caranya agar Anda bisa memantau kondisi selanjutnya. Selain itu, sediakan waktu untuk mengevaluasi perjanjian dengan penyesuaian keadaan yang ada. Upaya ini efektif tetapi membutuhkan waktu dan proses yang lama. Anda tidak boleh terburu-buru atau gegabah dalam menyelesaikannya, melainkan selesaikan secara perlahan namun efektif.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

(Visited 24 times, 1 visits today)