Semakin berkembangnya teknologi, profesi Mobile Developer semakin banyak dicari oleh perusahaan. Mobile Developer sendiri merupakan salah satu posisi yang memiliki peranan penting yang harus dimiliki perusahaan di era sekarang terutama perusahaan yang bergerak di bidang IT.

Apa sih tanggung jawab dari Mobile Developer?

  • Mengembangkan application programming interfaces (APIs) yang berguna dalam mendukung fungsi dari ponsel tetap up to date dengan teknologi, konsep, dan praktik terbaik untuk membuat code aplikasi mobile
  • Mendiskusikan persyaratan yang diajukan klien dan menawarkan solusi untuk rekan kerja
  • Menggunakan, memindahkan, dan mengadaptasi aplikasi yang sudah ada untuk kegunaan yang jauh lebih praktis dalam bentuk mobile
  • Membuat kode, mencoba, men-debug, dan memonitor perubahan dokumen untuk aplikasi mobile
  • Memberikan rekomendasi perubahan dan peningkatan dari aplikasi yang sudah dibuat
  • Melakukan kerja sama dengan tim untuk terus inovasi fungsi dan desain aplikasi

Kualifikasi yang Diperlukan Mobile Developer

Perlu Anda ketahui, keterampilan yang diperlukan dalam dunia Mobile Development adalah pendidikan dan pengetahuan dalam pengembangan aplikasi iOS (iPhone & iPad), aplikasi Android, Object-Oriented programming (OOP), bahasa pemrograman Java, JavaScript, HTML, CSS, Objective-C, C++, user-interface (UI), desain, game & Simulasi, basis data, dan pemasaran & penyebaran mobile media.

Selain menguasai bahasa pemrograman, sebagai mobile developer yang baik juga penting untuk memiliki keterampilan sebagai berikut:

  • Keterampilan dalam berorganisasi yang kuat
  • Keterampilan dalam bidang matematika
  • Mampu untuk terus up to date dengan perubahan dan perkembangan tren yang terjadi kini
  • Kemampuan untuk belajar dengan cepat
  • Kemampuan untuk dalam menginterprestasikan serta mengikuti rencana teknis
  • Kemampuan untuk menyelesaikan masalah
  • Kemampuan untuk berkomunikasi yang baik

Jenjang Karier Mobile Developer

Android Developer

Sebagai Android Developer, Anda diharuskan bisa melakukan penerapan sejumlah layanan yang dimiliki Google, serta memperluas pengalaman dari aplikasi inti agar bisa bertahan dan digunakan secara maksimum dalam berbagai kondisi yang dimiliki pengguna.

iOS Developer

IOS Developer juga akan berkutat pada pengembangan Xcode, memahami Swift dan pustaka mendasar iOS, dan penting untuk memiliki antusiasme juga kemampuan dalam menanangi pustaka dan frameworks baru.

Video Game Developer

Video Game Developer menulis kode untuk permainan dalam berbagai format, seperti PC, konsol, web browser, dan ponsel.

Berapa sih Gaji Mobile Developer?

Dilansir oleh id.indeed.com gaji seorang Mobile Developer berkisar antara Rp6.185.567 sampai dengan Rp17.231.567 perbulan. Perkiraan gaji ini berdasarkan pada data dari 79 gaji yang dikirimkan secara anonim kepada Indeed oleh karyawan Mobile Developer, pengguna, dan dikumpulkan dari iklan lowongan di Indeed pada selama 36 bulan terakhir.

Baca juga artikel lainnya : Cara Menjadi Android Developer Hebat Agar Dicari Perusahaan Besar


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 26 times, 1 visits today)