Dewasa ini, smartphone menjadi salah satu bentuk dari kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia. Manusia kini seakan melekat pada smartphone dan tidak bisa dipisahkan. Terlebih lagi dengan perkembangan internet yang semakin pesat dan serangkain aplikasi menarik yang menyertainya. Dalam dunia IT, banyaknya aplikasi pada smartphone membuat kebutuhan akan profesi mobile engineering makin banyak diincar oleh perusahaan. Perusahaan mencari para ahli mobile engineering agar bisa melakukan pengembangan yang bisa memajukan bisnis perusahaan.

Ingin mencoba menduduki profesi sebagai mobile engineering? Yuk, pelajari terlebih dahulu apa itu mobile engineering, skill, dan tips untuk meningkatkan kemampuan mobile engineering.

Berkenalan dengan Mobile Engineer

Mobile engineer adalah seseorang yang bertugas membangun, mengembangkan, dan mengimplementasikan software pada smartphone atau perangkat seluler lainnya baik itu Android, iOS, atau Windows phone. Seseorang pada posisi ini harus bisa mencari solusi atas masalah yang muncul pada aplikasi, dan memastikan aplikasi dibuat sudah sesuai sesuai harapan user.

Skill Mobile Engineering

Mobile engineer tentu harus memiliki skill khusus yang dapat menunjang pekerjaannya. Seseorang pada posisi ini harus bisa menguasai bahasa pemrograman tertentu, dan juga aspek penunjang lainnya. Berikut beberapa skill yang harus dimiliki seorang mobile engineer :

  • Seorang mobile engineer harus memiliki pemahaman dasar tentang bahasa pemrograman seperti SQL, JavaScript, objective C, C#, Kotlin, dan JAVA.
  • Pengkodean khusus seperti Window Phone App Studio, Android SDK, dan XCode.
  • Mengerti  tentang Cybersecurity. Dengan terkoneksinya semua perangkat melalui internet, peran cybersecurity sangat penting untuk melindungi data-data dari cybercrime atau cyber attack.
  • Memiliki pengetahuan Cloud Computing untuk membantu menghubungkan aplikasi ke sejumlah cloud server.
  • Memahami cara troubleshoot untuk mengatasi kendala seperti bug, error, dan lainnya.
  • Kemampuan analisis untuk memahami kebutuhan user agar aplikasi yang dikembangkan sesuai dan bermanfaat.

Tips Tingkatkan Kemampuan Mobile Engineering

1. Utamakan Keamanan

Ketika membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi, tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi tersebut memiliki kelemahan atau celah dalam sistem keamanan. Hasilnya, aplikasi bisa dengan mudah diretas oleh hacker. Pada saat terjadi peretasan, user akan menghapus aplikasi tersebut karena dirasa berbahaya bagi data mereka. Oleh karena itu,  keamanan aplikasi harus dijadikan prioritas utama untuk meminimalisir risiko cyber crime atau cyber attack.

2. Selalu Up to Date

Dalam lingkup mobile engineer, mengikuti tren teknologi agar selalu update penting dilakukan. Tren dapat dilakukan dengan menjelajahi dan melakukan riset pada Play Store atau App Store. Lakukan analisis aplikasi untuk mencari inspirasi dan meningkatkan kreativitas dengan mengunduh aplikasi dengan peringkat teratas. Lakukan analisis mulai dari sisi fungsionalitas, desain, dan keunggulan aplikasi tersebut.

3. Basic Design

Memiliki pemahaman dalam desain juga menjadi salah satu hal penting dalam dunia mobile engineer. Tidak perlu mahir dalam desain, yang terpenting Anda tahu desain seperti apa yang bagus dan kemungkinan disukai oleh user.

4. Memahami Banyak Bahasa Pemrograman

Menjadi seorang mobile engineer mendorong Anda untuk bisa beradaptasi mengikuti perubahan yang ada. Akan lebih baik jika Anda tidak terpaku pada satu bahasa pemrograman saja, pelajari bahasa pemrograman lainnya juga seperti JavaScript, Swift, Kotlin, dan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Data Warehouse Beserta Manfaatnya

(Visited 14 times, 1 visits today)