Seorang ahli .NET atau .NET Developer menjadi perbincangan hangat di dunia IT, tak heran jika posisi ini didambakan dan banyak dicari oleh perusahaan. NET sendiri merupakan software development platform yang menyediakan berbagai framework yang disediakan oleh Microsoft untuk pengembangan atau pembuatan berbagai macam aplikasi. Sederhananya, .NET Developer adalah profesi yang berfokus pada framework .NET.

Tugas & Tanggung Jawab .NET Developer

.NET developer adalah seseorang yang bertanggung jawab atas pengembangan dan pembuatan perangkat lunak menggunakan teknologi Microsoft .NET. Seseorang yang berada di posisi ini harus melaksanakan tugas mulai dari desain, implementasi, hingga pengembangan produk perangkat lunak sesuai kebutuhan bisnis atau perusahaan. Tak heran apabila gaji Net Developer terbilang cukup besar. Berikut ini beberapa tanggung jawab lainnya dari .NET developer.

  •         Menggunakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan oleh framework .NET untuk pengembangan aplikasi atau software.
  •         Cepat tanggap dalam mengidentifikasi masalah atau error agar bisa segera ditangani
  •         Melakukan pengujian untuk memastikan bahwa aplikasi atau software berkualitas baik, dan terhindar dari kesalahan
  •         Memperbarui kompabilitas dengan menggunakan operasi sistem yang terbaru
  •         Menyiapkan prosedur dan dokumen kebijakan untuk menjalankan aplikasi

Skill yang dibutuhkan .NET Developer

1. ASP .NET MVC

Seorang .NET developer harus mahir menggunakan ASP.NET, hal itu dikarenakan ASP.NET memungkinkan seorang developer  untuk membuat aplikasi web yang menarik, kuat dan memiliki banyak fitur dengan mudah.

2. MCSD

MCSD atau Microsoft Certified Solutions Developer adalah sertifikasi yang sangat dibutuhkan .NET developer. Keterampilan ini dihargai karena pengembangan dan pemeliharaan berasal dari Microsoft sendiri. NET developer yang sudah mempunyai sertifikasi ini dianggap telah memenuhi kompetensi dan kemampuan dalam pengembangan aplikasi atau software.

3. Database

Data merupakan salah satu aspek terpenting dalam pengembangan aplikasi. Seorang .NET developer harus memiliki pengetahuan atau keterampilan menggunakan sistem seperti Entity Framework, dan SQL.

4. Problem Solving

Seorang yang berada di posisi ini harus memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah yang baik. Hal itu dikarenakan .NET developer harus menciptakan sebuah aplikasi atau software yang dapat membantu memecahkan masalah pelanggan. Tentunya membuat aplikasi akan melewati beberapa proses dan gangguan kecil, .NET developer harus pintar menganalisis permasalahan tersebut dan mencarikan solusi efektif penyelesaiannya.

 Baca juga : Persiapkan Hal Ini Sebelum Interview Net Developer

 

(Visited 27 times, 2 visits today)