Pekerjaan Net developer semakin banyak kita jumpai dalam iklan lowongan perusahaan yang berbasis Informasi dan Teknologi atau IT. Microsoft menciptakan .Net untuk membantu developer membuat program yang berorientasi pada obyek. 

Dengan .Net, mereka bisa membangun perangkat lunak berupa aplikasi Windows biasa atau pun aplikasi internet yang dapat beroperasi di semua jenis perangkat keras dan sistem operasi berplatform .Net. 

Apabila Anda hendak atau sedang mengincar posisi ini di perusahaan dambaan, sudah barang pasti Anda akan memikirkan bagian wawancara. Secara umum, ada dua jenis pertanyaan bagi calon Net developer sebuah perusahaan. Sisi teknis dan umum akan Anda temui dimana bagian umum akan lebih dialami oleh .Net developer senior.

Apa Saja Pertanyaan untuk Pekerjaan Net Developer?

Net Developer

Ada lima kategori pertanyaan yang kemungkinan ditanyakan oleh pihak Human Resource Development atau HRD sebuah perusahaan. Tak peduli apakah Anda developer senior atau yunior, besar kemungkinan Anda akan menjawab pertanyaan seputar Object Oriented Programming atau OOP,. NET fundamental, ASP.NET, ADO.NET dan SQL Server.

Hampir 80 persen dari wawancara c# bermula dari pertanyaan tentang OOP. Lebih baik menjawab sebisa Anda daripada terkena diskualifikasi. Contoh pertanyaan terkait OOP yakni prinsip OOP, abstrak versus enkapsulasi, bagaimana menerapkan enkapsulasi dan penjelasan tentang polimorfisme yang berbeda-beda dalam c#.

Kategori kedua adalah fundamental .NET. Pewawancara kemungkinan akan menanyakan hal seputar delegasi, acara, kolektor sampah, refleksi dan lain sebagainya. Ini merupakan bagian penting sebab framework .NET digunakan oleh developer c# dalam pengembangan. 

Sebagai tambahan, pihak penanya dapat mengajukan soal tentang CRL, CTS, CAS , IL code dan lainnya. Bersiap pula menjawab soal perihal refleksi, threading, domain aplikasi, boxing dan unboxing. Banyaknya versi framework .Net membuat Anda harus mengetahui setidaknya fitur penting dari setiap versi tersebut. 

Yang ketiga adalah ASP.NET. Hampir seluruh perangkat lunak project dibangun sebagai aplikasi web dan ASP.NET merupakan framework untuk menciptakan aplikasi web dalam teknologi Microsoft. Hal Inilah yang membuat bagian ini penting. Pertanyaan dalam ASP.NET berkutat seputar siklus hidup suatu laman web, authentication, otorisasi, sesi, view state dan caching

Kategori ke-4 yakni SQL server. RDBMS membentuk satu dari bagian penting proyek software apapun. SQL Server merupakan produk utama RDBMS. Ada banyak pertanyaan jebakan dalam bagian ini jadi berhati-hatilah. Pertanyaan jebakan tersebut mencakup rancangan basis data, view, kursor dan trigger. Ada pula pertanyaan tentang UNION dan UNION ALL.

Yang ke-5 adalah ADO.NET yang berarti komponen pembantu dalam menghubungkan ke SQL Server dan mengambil data di aplikasi c#. Contoh pertanyaan di segmen ini adalah datareader versus dataset, penggunaan data review, connection pooling dan lainnya. 

Bagi Anda yang sudah berada di level senior, persiapkan diri menghadapi lebih banyak pertanyaan yang menguji bagian manajerial Anda. Pihak penanya dapat mengetahui hal tersebut melalui pertanyaan tentang pola desain, UML dan pengelolaan proyek. Jawaban seputar ini akan mewakilkan kemampuan Anda dalam hal manajemen, kepenulisan dokumen teknis, arsitektur dan lainnya. 

Selain hal teknis di atas, jangan lupakan pertanyaan umum, seperti alasan ingin meninggalkan pekerjaan saat ini, arsitektur dari proyek Anda saat ini dan tentu saja, ekspektasi gaji. 

 

Demikianlah pertanyaan-pertanyaan interview .Net Developer. Sudahkah pertanyaan tersebut Anda kuasai semuanya? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda kesini jobs, dengan begini anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier. Semoga bermanfaat, sukses untuk wawancara Anda nanti.

Baca juga artikel lainnya : Mengapa Gaji Project Manager IT Tinggi?


DAPATKAN UANG TUNAI Hingga Rp 2,5 JUTA UNTUK SETIAP ORANG YANG ANDA REKOMENDASIKAN

Rekomendasikan Teman atau Keluarga Anda dan Dapatkan Keuntungannya Cukup dengan mengisi formulir di sebelah kanan, kami akan segera menghubungi teman atau keluarga Anda. Jika Mereka dinyatakan LOLOS saat recruitment maka Anda berhak mendapatkan uang tunai hingga Rp 2,5 JUTA.

Referral Program TOG Indonesia

Referral Program TOG Indonesia adalah sebuah program dimana kita bisa merekomendasikan rekan/kerabat Anda untuk bergabung dengan TOG Indonesia (PT Tekno Gemilang). Apabila orang Anda rekomendasikan telah dinyatakan lulus proses seleksi, Anda akan langsung mendapatkan uang tunai hingga 2.5 jt untuk setiap 1 orang yang kamu rekomendasikan.⁣ Kamu bisa kunjungi Form Referral Program TOG Indonesia, yuk ikutan.



Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 74 times, 1 visits today)