NOC Engineer merupakan orang yang bekerja dalam pengontrolan  dan pengawasan pada suatu Jaringan yang bertugas untuk memastikan layanannya dapat berjalan dengan baik. NOC sendiri adalah singkatan dari Network Operation CenterNOC banyak ditemukan dalam industri Telekomunikasi dan IT (Information Technology).

Peran NOC juga sangat penting untuk pengontrolan suatu layanan. Beberapa jenis NOC Engineer misalnya, NOC VISAT, NOC Wireless atau NOC Radio, dan NOC wireline atau NOC FO (Fiber Optik). NOC disini memiliki peran dalam memastikan layanan dapat dinikmati dengan baik oleh Customer atau pelanggan.

Agar bisa memastikan jaringan bisa berjalan dengan baik, NOC Engineer bekerja selama 24 jam sehari. Artinya, jaringan selalu dalam pengawasan para NOC Engineer tanpa terputus. Biasanya  jam kerjanya pun dibagi dalam shifting, jadi mereka akan bergantian dalam mengawasi kondisi dari jaringan.

NOC sendiri merupakan pekerjaan yang membutuhkan kerjasama tim yang baik. Setiap bagian tim memiliki fungsi dan peranannya masing-masing. Beberapa bagian dari NOC Radio misalnya adalah AM (Alarm Monitoring), FM (Fault Monitoring), FLM, CM, dan lain sebagainya.

Bagian-bagian ini memiliki  deskripsi  pekerjaan (Job description) masing-masing

AM  Engineer memiliki tujuan untuk memonitoring jaringan selama 24 jam penuh. AM Engineer adalah orang pertama yang mengetahui adanya kerusakan atau masalah dalam jaringan.  AM Engineer harus melaporkan setiap kejadian yang mempengaruhi kualitas dari jaringan.

FM Engineer bertujuan untuk mengawasi dan mengeksekusi aktivitas di jaringan yang bertujuan untuk memperbaiki atau menambah kualitas jaringan.

FLM Engineer bertujuan untuk merawat (maintenance) jaringan, mengawasi, dan memperbaiki jaringan yang tidak berjalan dengan baik. FLM sendiri bekerja langsung di lapangan dan harus selalu siap setiap waktu untuk memperbaiki jaringan yang tidak berjalan dengan baik.

NOC Engineer merupakan orang-orang yang akan dihubungi pertama kali bila terjadi masalah dalam jaringan. Maka dari itu, NOC Engineer harus memastikan jaringan selalu berjalan dengan baik selama 24 jam sehari.

Bila terjadi masalah pada jaringan,  seorang NOC engineer harus segera melakukan eskalasi ke bagian terkait untuk segera memperbaiki kesalahan yang terjadi. NOC engineer harus bekerja dengan cepat untuk mengurangi resiko kerugian yang diterima oleh penyedia layanan (operator).

Dalam dunia NOC, kerja sama dalam tim adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan kerjasama disini bisa juga menjadi kerjasama multi vendor. Hal ini terjadi bila terdapat satu operator yang menyewa jasa dua vendor atau lebih dalam satu area yang menyebabkan dua vendor ini harus bekerjasama satu sama lain walaupun berbeda kantor dan merupakan saingan langsung di bidang yang sama.

Gaji NOC Engineer

Gaji untuk Noc berkisar Rp4.113.354 s/d Rp8.643.000 per bulan di Indonesia. Perkiraan gaji ini dilansir dari indeed oleh karyawan Noc, pengguna, dan dikumpulkan dari iklan lowongan di Indeed pada selama 36 bulan terakhir.

Baca juga artikel lainnya : Berapa Sih Kisaran Gaji UI UX Designer?

Bagi Anda yang mencari lowongan IT Engineer NOC, Anda bisa bergabung dengan kami TOG Indonesia perusahaan IT di Jakarta.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 48 times, 1 visits today)