Bagi kalian penyuka game, bekerja menjadi seorang Game Developer bisa masuk ke dalam daftar profesi impian. Di balik pembuatan game yang lucu dan seru, ada beragam jenis pekerjaan Game Developer yang tidak sepenuhnya gampang. Keahlian pemrograman dan desain visual menjadi dua keahlian teknis yang membutuhkan tenaga dengan keahlian khusus.

Berikut kami ulas jenis pekerjaan dalam ranah Game Developer yang patut kalian ketahui:

1. Game Programmer

Pekerjaan Game Developer

Membuat game membutuhkan program berikut bahasa pemrogramannya. Seorang game programmer bertugas menggunakan bahasa pemrograman untuk menggabungkan aset yang sebelumnya dibuat oleh artist. Game programmer nanti menggabungkannya dengan desain yang dibuat oleh seorang game designer. Ia haruslah menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan game engine. Sebagai contoh, jika kalian menguasai C ++, kembangkan ilmu ke HTML, PHP, Python dan MySQL. Apabila kalian telah menguasai Unity, cobalah juga Unreal Engine, dan Cocos2D.

Seorang game programmer wajib pula mengerti algoritma, version control software dan project management tools, seperti Trello dan Pivotal. Bagian terakhir membantu dalam komunikasi antar pengembang, designer dan artist. Game developer dapat menggunakan project management tools untuk memantu perkembangan bagian kerja anggota lainnya.

2. Artist (Sound and Graphic)

Dunia pengembangan game mengenal profesi seniman atau artist, yang dipecah lagi menjadi 2D artist, 3D artist dan sound artist. Profesi ini mengolah suara, gambar dan grafis sebagai contoh dari aset yang kami singgung di atas. Bagi kalian yang tertarik menekuni profesi ini, perbanyaklah menggambar melalui beragam medium, mulai dari 3D model hingga untuk suara.

3. Game Designer

Pekerjaan Game Developer

Seorang game designer memikirkan tampilan game yang sebisa mungkin menarik dan unik. Game designer memanfaatkan Game Design Document untuk menuliskan ide game yang ia punyai. Selain lihai dalam membuat design, seorang game designer harus mampu beradaptasi untuk menyesuaikan bentuk game selama proses produksi berlangsung. Visual yang ia buat harus dipastikan sejalan dengan visi game yang telah disepakati bersama.

Baca juga artikel lainnya : Berapa Gaji Game Developer di Indonesia ?

4. Producer

Sementara tiga pekerjaan di atas lebih bersifat teknis, seorang producer banyak berkutat dengan manajemen dan kinerja tim. Ia bertugas memastikan proyek berjalan sesuai jadwal. Seorang produser mesti bertindak sebagai perantara antara tim pemasaran, tim quality assurance dan tim produksi. Dengan kata lain, profesi ini mewajibkannya mempunyai keahlian komunikasi yang baik.

5. Quality Assurance

Pekerjaan Game Developer

Setelah game rampung, giliran seorang Quality Assurance bekerja. Ia bertugas memastikan tidak ada kesalahan atau bug di dalam game tersebut sebelum meluncur ke pasaran. Sebagai “banteng terakhir” pembuatan game, kalian lebih baik memperbanyak kerja praktek atau magang di studio game. Pengalaman kerja yang baik dan lama akan sangat membantu dalam memoles karir kalian nanti. Kuasai metode dan disiplin yang kalian terapkan dalam mengetes game saat melamar pekerjaan ini nantinya.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 54 times, 1 visits today)