Tahukah mengapa pekerjaan programmer saat ini banyak diminati oleh generasi milenial? Hal ini disebabkan karena kebutuhan dari perusahaan yang semakin banyak di bidang teknologi demi pengembangan bisnisnya.

Perlu diketahui jika banyak perusahaan kini yang membutuhkan programmer karena kebutuhan akan pengembangan aplikasi dan platform perusahaan demi bersaing di era digital ini. 

Jika dibuat daftar pekerjaan yang paling banyak diburu, tentu saja pekerjaan programmer termasuk di dalamnya. Pesatnya perkembangan teknologi dan Internet membuat banyak perusahaan mencari programmer handal untuk mempercepat pertumbuhan bisnis mereka.

Dari payung besar pekerjaan programming, ternyata ada banyak pecahan yang bisa dijajal. Tentunya, untuk bisa terjun ke profesi ini, menguasai coding merupakan keahlian pertama untuk dipenuhi.

7 Tipe Pekerjaan Programmer dengan Prospek Cerah

Pecahan pekerjaan pemrograman mencakup tujuh jenis di bawah ini:

1. Programmer

Seorang programmer berkewajiban menulis dan mengedit kode untuk program dan software yang sedang dikerjakan. Beberapa kemahiran yang harus dikuasai adalah coding, bahasa pemrograman, berpikir analitis, dan pemecah persoalan yang baik.

2. Mobile developer

Permintaan profesi mobile developer semakin meningkat seiring dengan banyaknya perusahaan yang menginvestasikan modal pada pengembangan aplikasi dan website agar mudah dipakai oleh pengguna smartphone. Gambaran pekerjaan mobile developer mencakup membuat kode, mengetes, mendokumentasikan, dan mengamati kinerja aplikasi seluler. Bahasa pemrograman yang harus dikuasai jika ingin menjadi mobile developer adalah Java (Android) dan Swift (iOS).

3. Front end developer

Pekerjaan programmer berikutnya adalah front end developer. Tidak kalah menjanjikannya dengan dua di atas, seorang front end developer bertugas memastikan pengalaman pengguna mulus dan baik serta tentunya semua fitur dapat berfungsi secara optimal. Beberapa jenis kompetensi yang harus dikuasai adalah HTML/CSS, JavaScript, desain yang responsif hingga kinerja suatu web. Selain kemampuan teknis di atas, seorang front end developer haruslah bisa berkomunikasi dengan baik dengan rekan sesama tim serta sanggup mencari solusi terbaik dari setiap masalah yang mungkin muncul.

4. Back end developer

Sementara front end developer lebih fokus pada tampilan, back end developer menekankan pada basis data, scripting dan arsitektur sebuah website. Profesi ini bekerja di belakang layar dengan kesehariannya memastikan agar website aman dari serangan peretas dan website berjalan secara baik dan optimal.

5. Full stack developer

Full stack developer adalah profesi yang mewajibkan pemahaman front end dan back end. Tanggung jawabnya mencakup pengerjaan website secara menyeluruh, mulai dari pengembangan website hingga berkomunikasi dengan klien. Perpaduan aspek kompetensi teknis dan soft skill tersebut akan menjadikan full stack developer profesi yang sangat penting bagi kesuksesan pengerjaan sebuah website atau aplikasi.

Baca juga: Back-End Developer atau Full Stack Developer, Mana yang Lebih Menjanjikan?

6. Software engineer

Setelah aplikasi, website atau platform, perangkat lunak atau software tidak kalah diminati. Profesi yang paling pas untuk pengembangan hingga pemeliharaan software adalah software engineer. Untuk mumpuni dalam profesi ini, bahasa pemrograman yang wajib dikuasai adalah Java, C++, Python, C#, Ruby, hingga .Net. Seperti halnya front end atau full stack, seorang software engineer juga mesti mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan mempunyai tekad untuk terus belajar.

7. Quality assurance engineer

Pekerjaan programmer terakhir adalah quality assurance engineer yang menurut Rasmussen University, akan tumbuh hingga 9% dari 2018 hingga 2028. Seorang quality assurance manager bertugas memastikan kualitas aplikasi atau software benar-benar bagus dan bebas kesalahan sebelum diperkenalkan ke klien atau ke publik.

Gaji Pekerjaan Programmer

Sudah pasti, banyak peminat berarti tawaran gaji terhitung menggiurkan. Berikut kisaran gaji untuk pekerjaan programmer level yunior sebagaimana kami himpun dari basis data Glints.

PEKERJAAN GAJI PER BULAN
Programmer Rp5 hingga Rp17 juta
Mobile developer Rp7,3 hingga Rp20 juta
Front end developer Rp7,3 hingga Rp25 juta
Back-end developer Rp7,3 hingga Rp25 juta
Full-stack developer Rp7,3 hingga Rp23 juta
Software engineer Rp6,3 hingga Rp15 juta
Quality assurance engineer Rp4,9 hingga Rp8 juta

 

Bagaimana? Tertarik menjajal salah satu profesi di atas dengan tawaran penghasilan cukup besar sebagaimana tercantum dalam tabel itu? Segera mengambil langkah cepat dengan memoles kemampuan yang sudah dibahas di atas dan bila perlu, ambil kursus tambahan.

Baca juga: 8 Cara Menjadi Programmer Pemula dan Tahapan yang Harus Dipelajari

TOG Indonesia Adalah Salah Satu Perusahaan IT Solution Terbaik di Indonesia

TOGI (Triple One Global Indonesia) merupakan perusahaan IT Solution bagi setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat. Dalam menghadapi tantangan global di era industri 4.0, TOGI siap memberikan solusi layanan IT yang dibutuhkan oleh semua perusahaan supaya dapat bersaing ketat dalam ekonomi digital yang sangat diperlukan untuk proses bisnis kedepannya. Kami memberikan layanan IT solution terpadu kepada Anda dengan tenaga-tenaga profesional IT yang berpengalaman.

Bagi Anda para Job Seeker, kami siap membantu Anda dalam menemukan pekerjaan impian sebagai seorang Programmer. Sedangkan bagi Anda bisnis owner, kami memiliki talenta-talenta terbaik di bidang IT, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti : IT Consulting, IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)