Profesi Java Developer adalah salah satu tim sukses dalam pengembangan perangkat lunak. Oleh karena itu, tak heran jika peluang karir Java Developer ini begitu menjanjikan sehingga profesi ini demikian populer di kalangan lulusan IT.

Bahkan sejak era bermunculan startup teknologi dan juga maraknya penggunaan smartphone berbasis Android yang memiliki banyak aplikasi di dalamnya, banyak perusahaan yang menawarkan penawaran gaji tinggi pada saat merekrut kandidat unggul untuk posisi Java Developer ini.  

Salah satu alasan mengapa profesi Java Developer ini begitu diminati dan populer tentu karena bahasa pemrograman ini banyak digunakan oleh para programmer. Bahasa pemrograman ini dikenal sebagai bahasa pemrograman yang memiliki orientasi kepada objek atau dikenal dengan object oriented programming. 

Peluang Karier Java Developer di Indonesia Saat Ini yang Sangat Menjanjikan

Bahasa Pemrograman Paling Banyak Diminati

Nah, perlu Anda ketahui jika bahasa pemrograman ini diciptakan oleh seorang ahli pemrograman yang bernama James Gosling pada saat masih bekerja di perusahaan Sun Microsystem. Bahkan hingga kini, setelah melewati dua dekade dari tahun 1990-an, bahasa pemrograman ini masih eksis. 

Mengapa begitu diminati oleh banyak pekerja IT terutama programmer? Sebab Java Developer dapat digunakan untuk menciptakan berbagai aplikasi mulai dari mobile apps, desktop, hingga web. 

Salah satu alasan mengapa bahasa pemrograman Java Developer diminati oleh banyak praktisi IT adalah karena Java Developer merupakan wadah bagi bahasa pemrograman lain seperti Groovy, Clojure, Scala, dan lain sebagainya. 

Potensi Skill Menjadi Java Developer

Sobat TOGI, menurut Collabera, saat ini profesi untuk Java Developer sangat dibutuhkan pada banyak startup yang fokus bisnisnya bergantung kepada website maupun aplikasi. Sehingga peluang Java Developer dewasa ini sangat-sangat menjanjikan dan prospek kariernya jelas dan baik.

Bagi Sobat TOGI yang baru saja lulus dari Ilmu Komputer, tentu merupakan suatu peluang yang besar untuk berkarier sebagai seorang Java Developer, sebab beberapa teori dasar yang dibutuhkan untuk tugas sebagai Java Developer telah Anda kuasai. 

Tetapi meski demikian, perusahaan juga akan mempekerjakan seorang kandidat dengan latar belakang jurusan keilmuan lainnya. Sebenarnya, skill ini dapat dipelajari oleh siapapun asalkan memiliki kemauan dan kemampuan untuk itu. 

Sebagai seorang Java Developer sebaiknya menguasai tentang Core dan Advanced Java. Dan untuk mengasah keilmuan bahasa pemrograman ini, maka profesi Java Developer harus memiliki banyak portofolio baik pada saat magang maupun pada saat bekerja di suatu instansi. 

Dengan memiliki pengalaman kerja sebanyak mungkin, maka peluang karier sebagai Java Developer akan lebih mudah dicapai dan didapatkan. 

Baca juga: Berapa Sih Gaji Java Developer di Indonesia?

Peluang Karier Java Developer

Dengan dominasi Android di ranah perangkat smartphone, tak ayal membutuhkan banyak ahli di dalamnya untuk mengembangkan sistem operasi ini menjadi yang terdepan dan semakin memberikan kenyamanan kepada penggunanya. 

Apabila Sobat TOGI mungkin saat ini hanya menguasai Java SE aja, bukanlah suatu hal yang mustahil apabila di kemudian hari ketika Anda akan berkarier yang dengan pekerjaan yang mengharuskan menggunakan teknologi Java, maka Anda tidak akan merasa kesulitan lagi. Hal itu karena Anda telah memiliki skill dasar sehingga tidak perlu butuh usaha banyak untuk  menguasai teknik pemrograman lainnya. 

Magnet pengembangan smartphone dengan sistem operasi Android sebagai pengendalinya memungkinkan untuk mobile development membutuhkan banyak ahli mobile developer yang tentunya berbasis Java. Sedangkan untuk pengembangan aplikasi desktop, Anda disarankan untuk menggunakan Java Swing yang menjadi default bagi banyak programmer Java untuk membangun aplikasi desktop. 

Adapun dalam dunia web development, telah banyak yang menggunakan Java sebagai backend demi mendukung suatu bisnis. Bahkan di dalamnya terdapat Java EE, Apache Tomcat, Spring, Netty, dan bukanlah suatu hal yang aneh jika seorang web developer menggunakan bahasa pemrograman Java.

Dukungan Java Terhadap Bahasa Pemrograman 

Tidak semua orang mengetahui bahwa Java Virtual Machine (JVM) telah menjadi salah satu landasan bagi bahasa pemrograman lainnya. Beberapa bahasa pemrograman yang dibangun di atas JVM selain Java diantaranya :

  • Scala
  • Golo
  • Clojure
  • Fantom
  • Groovy
  • Ceylon
  • Fortress
  • Kotlin
  • Joy
  • dan lainnya

Sedangkan bahasa pemrograman lainnya yang telah ada tetapi diimplementasikan di atas JVM diantaranya adalah :

  • CFML (Coldfusion)
  • Rakudo (Perl)
  • JGNAT (ADA)
  • Jython (Jython)
  • Rhino (Javascript)
  • Quercus (PHP)
  • JlProlog (Prolog)
  • CLforJava (Common Lisp)
  • Renjin (R)
  • NetRexx (REXX)
  • JRuby (Ruby)

Dukungan Java Untuk Teknologi Big Data

Anda tertarik terjun di bidang big data? Yang turut menggembirakan bagi Anda yang memiliki kemampuan di bahasa pemrograman Java, atau seorang Java Developer adalah bahwa Java masih mendominasi ranah teknologi big data. Beraneka produk yang digunakan di dalam infrastruktur big data menggunakan bahasa pemrograman Java, diantaranya:

  • Apache Hive
  • Apache Hadoop
  • Apache Pig
  • Apache Spark
  • Apache Cassandra
  • Apache SparkSQL
  • Elasticsearch
  • Apache Spark MLlib
  • dan masih banyak lainnya

Produk hadoop dan derivat hingga kini masih banyak digunakan untuk membangun infrastruktur big data, yang dengan teknologinya memudahkan kita dalam membangun gudang data yang masif dan juga terstruktur dengan baik. 

Contohnya adalah saat Anda menyimpan berton-ton file CSV yang pada nantinya akan digunakan untuk di-query dengan menggunakan Apache Hive. Selanjutnya Anda juga dapat menggunakan Apache Spark MLlib dalam keperluan membangun infrastruktur machine learning. Dan untuk ini, Java masih menjadi alat yang dapat Anda andalkan.

Java Developer Adalah Loker Potensial

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa menjadi seorang Java Developer merupakan profesi yang paling banyak diminati hingga saat ini. Jika Anda ingin berkarier menjadi seorang programmer Java, maka baik di tingkat nasional maupun internasional, sangat dibutuhkan.   

Di beberapa kota di Indonesia saja, lowongan pekerjaaan (loker) bagi programmer Java banyak diberitakan mulai dari level junior, senior hingga principal Java. Dan untuk pekerjaan yang mendominasi menggunakan bahasa pemrograman adalah Android, dan pekerjaan untuk ini adalah sebagai mobile apps developer. Tetapi tidak sedikit loker yang membutuhkan kemampuan seorang programmer Java untuk membangun aplikasi yang berbasis web. 

Tetapi apabila Anda rajin mencari loker yang membutuhkan profesi Java Developer seperti contohnya dalam loker yang diinformasikan TOGI melalui website dan juga sosial media seperti togindonesia dan TikTok milik TOGI yaitu tog_indonesia

Di samping itu Sobat TOGI, jika Anda menyempatkan diri untuk mencari lebih luas loker yang tersedia, umumnya perusahaan akan membutuhkan seorang Java Developer yang menguasai teknologi Java seperti Spring dan Hibernate, Java EE, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Tips Ampuh Menghadapi Interview Java Developer

Sertifikasi Programmer Java

Salah satu yang mendasari banyak perusahaan merekrut tenaga ahli di bidang Java tentu saja adalah sertifikasi atas keahliannya. Di Indonesia sendiri, sertifikasi bagi programmer Java cukup banyak penyedianya.

Anda dapat mencari penyedia sertifikasi keahlian Java yang terjamin dan terkenal bagus akan reputasinya serta layanannya. Namun, perlu juga disesuaikan dengan kemampuan biaya yang Anda miliki. Adapun beberapa penyedia sertifikasi Java yang cukup terkenal di antaranya : 

  • Google Developer Certification (Android)
  • RedHat Certified JBoss Developer
  • Oracle Certified Associate
  • Oracle Certified Expert
  • Oracle Certified Professional
  • RedHat Certified JBoss Administrator
  • Oracle Certified Master
  • dan lainnya

Mengapa Anda perlu sertifikasi keahlian? Hal ini akan mendukung Anda kelak di kemudian hari, apabila Anda sudah tidak bekerja di suatu perusahaan tertentu secara full time, maka Anda dapat menggunakan sertifikasi ini sebagai bukti keahlian dan Anda dapat memanfaatkannya sebagai media untuk menjadi konsultan lepas bahasa pemrograman Java.

Kesimpulan

Berdasarkan banyak pengamat lowongan pekerjaan, Lowongan Java Developer dapat menjadi alternatif atau mungkin saja jalan hidup yang dapat membantu Anda menapaki karier sebagai programmer atau karier lainnya di dunia IT. Tidak hanya itu saja, bila Anda dapat lebih fokus mengembangkan ilmu di bidang keahlian ini, siapa tahu Anda dapat menjadi kontributor bagi salah satu teknologi di dunia yang dibangun dengan bahasa pemrograman Java.

Dengan melihat potensi di atas, kiranya Sobat TOGI khususnya bagi pemula, untuk mempelajari bahasa pemrograman ini dengan lebih fokus agar dapat menguasai dengan cepat dan tepat. Sehingga Anda dapat dengan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan sebagai Java Developer. 

Demikian pembahasan mengenai potensi atau peluang pekerjaan menjadi seorang Java Developer, semoga Anda dapat mengambil manfaat dari artikel ini. Terima kasih.

Apakah Anda fresh Graduate, atau profesional IT yang sedang mencari pekerjaan impian sebagai seorang Java Developer? Jangan ragu-ragu untuk mendaftarkan diri di situs pencarian kerja khusus IT terpercaya dan menjanjikan, yaitu TOGI HR. Segera kirim CV Anda melalui email yang tertera di laman web dan raih masa depan cerah bersama karir yang cemerlang. Upgrade terus skill Anda di bidang Java saat ini dan jangan pernah berpuas diri atas pencapaian yang didapat saat ini ya!

(Visited 1 times, 1 visits today)