Apakah Anda sudah mengetahui tentang Netbeans? Kenapa banyak programmer Java memilih Netbeans sebagai editornya? Berikut pengertian Netbeans yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Netbeans

Pengertian Netbeans

Image Source : netbeans

Merupakan sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems dan berjalan di swing. Swing sendiri merupakan sebuah teknologi yang terdapat pada Java dan berfungsi untuk melakukan pengembangan terhadap aplikasi desktop yang bisa berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. 

IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan ke aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.

Baca juga artikel lainnya : Berikut ini Fungsi Java Di Dalam Pembuatan Suatu Aplikasi

Netbeans juga digunakan programmer untuk melakukan banyak tugas seperti  menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java. Selain itu, Netbeans mendukung bahasa pemrograman lainnya. Program ini juga bisa digunakan untuk membuat professional desktop, enterprise, web, and mobile applications dengan Java language, C/C++. Dan bisa juga untuk Dynamic Languages seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby.

NetBeans juga merupakan sebuah proyek kode terbuka yang di dirikan padan bulan Juni tahun 2000 oleh Sun Microsystem dan sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra. Pada saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans IDE

Baca juga artikel lainnya : Python vs Java di 2019, Ini Perbandingan, Fitur dan Aplikasi

Tak hanya itu, platform Netbeans merupakan framework yang bisa digunakan kembali untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi desktop. NetBeans juga menawarkan layanan umum bagi aplikasi desktop, karena mengizinkan para pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Fitur fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:

  1. Smart Code Completion : berfungsi untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, serta melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
  2. Bookmarking : merupakan fitur yang digunakan untuk menandai baris  saat hendak kita modifikasi.
  3. Go to commands : yaitu sebuah fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.
  4. Code generator : Anda dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.
  5. Error stripe : adalah fitur yang akan menandai baris apabila terjadi suatunya error dengan memberi highlight merah.

Itulah pengertian dari Netbeans yang sudah banyak digunakan oleh para programmer Java karena kemudahannya.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 27 times, 1 visits today)