Sebelum software atau aplikasi dirilis, ada satu tahapan penting yang harus dilakukan pada aplikasi tersebut, yaitu dengan cara melakukan pengujian software atau aplikasi yang sedang dikembangkan tersebut. Karena dengan melakukan tahapan pengujian software ini diharapkan dapat mengurangi atau menghindari kesalahan yang terjadi pada aplikasi tersebut. Namun ada hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menguji software tersebut seperti berikut

5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Pada Saat Pengujian Software

Memperburuk kerusakan ketika melakukan perbaikan bug

pengujian software

Bukan berarti ketika penguji software atau aplikasi tidak boleh melakukan kesalahan ketika sedang memperbaiki bug yang ditemukannya selama dia memahami apa yang dilakukannya itu bukan menjadi masalah. Namun, ketika penguji software atau aplikasi sering kali berusaha memperbaiki bug yang ditemukan oleh testing tool selama tahapan pengujian tanpa benar-benar memiliki kemampuan untuk itu hingga menyebabkan bug itu berubah menjadi kesalahan besar yang membutuhkan lebih banyak waktu dan perhatian untuk memperbaikinya.

Berpikir kalau semua bisa dikerjakan secara bersamaan

Melakukan sebuah pekerjaan banyak dengan cepat mungkin akan menjadi nilai sendiri bagi seorang karyawan, namun hasil dari pekerjaan itulah yang jauh lebih penting dan tidak semua orang bisa melakukan multitasking. Namun, tidak semua penguji software menyadari akan hal itu, sehingga mereka melakukan pengujian secara bersamaan. Jika menggunakan automation testing tool bisa saja melakukan beberapa pengujian secara bersamaan tetapi hal ini tidak disarankan karena bagaimanapun tahapan ini membutuhkan ketelitian ekstra agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Takut untuk bertanya

pengujian software

Seorang penguji software tentu sudah paham mengenai tahapan pengujian. Lalu bagaimana dengan tujuan pengembangan software atau aplikasi? Belum tentu mereka paham. Padahal dengan mengetahui tujuan dan ruang lingkup dari software atau aplikasi yang sedang dikembangkan sangat penting agar hasil dari pengujian sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Oleh karenanya, seorang penguji software tidak boleh takut untuk bertanya terutama mengenai tujuan dilakukannya pengujian dan ruang lingkup software atau aplikasi yang sedang diujikan.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Takut untuk melakukan kesalahan

Tidak hanya penguji software atau aplikasi,  semua orang pasti takut untuk melakukan kesalahan. Di tahap pengujian memang tidak mentolerir kesalahan. Walau begitu jangan sampai ketakutan untuk membuat kesalahan menutup kesempatan untuk berkembang atau mempelajari hal baru. Terlebih karena semakin banyak testing tool baik manual testing tool maupun automation tetsing tool yang beredar dan mempermudah pekerjaan di tahapan pengujian ini. Dengan membuat kesalahan penguji software akan mendapat pelajaran baru dan dapat mengatasi permasalahan pada saat pengujian jika terjadi lagi dikemudian hari.

Berhenti belajar

pengujian software

Ini adalah hal yang paling penting dalam perkembangan seseorang, ketika mereka mulai berhenti untuk mempelajari suatu hal yang baru, mereka tidak akan maju dan berkembang dari segi karir dan kemampuan. Seorang ahli sekalipun akan segera tertinggal jika tidak terus menerus meningkatkan kemampuannya.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Terlebih di bidang teknologi yang perubahan sangat cepat terjadi. Kesalahan di tahapan pengujian ini terjadi karena penguji software atau aplikasi sudah terlalu yakin dengan kemampuannya sehingga tidak belajar lagi. Bisa saja testing tool yang digunakan merupakan update terbaru atau dalam tahap pengujian itu akan menggunakan testing tool yang sama sekali belum pernah digunakan sebelumnya.

Kelima hal di atas mungkin terlihat sepele Bagi Anda, namun kelima hal itulah yang perlu diperhatikan ketika sedang melakukan pengujian software agar tidak terjadi masalah dan software dapat berjalan lancar ketika sudah dirilis.

Jika Anda seorang Programmer dan sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk Anda lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 60 times, 1 visits today)