Untuk terus mengembangkan teknologi dan informasi, banyak profesi yang dibutuhkan supaya sebuah program yang baik bisa dihasilkan. Bagi orang awam, mungkin semua orang yang bekerja di dunia IT dikaitkan dengan programmer. Padahal tidak semuanya demikian. Programmer masih memiliki bagian lain, misalnya programmer dan developer. Lantas apa perbedaan antara web developer dan web programmer? Simak di sini ya.

Perbedaan Web Developer dan Programmer

Definisi

Developer

Developer memiliki arti seseorang yang mengembangkan, membangun, membuat sesuatu. Terkait dengan dunia IT, maka maksud developer adalah seseorang atau sekelompok orang yang membangun, mengembangkan, dan membuat suatu software atau aplikasi tertentu. Dalam praktiknya, web developer merupakan seseorang atau sekelompok orang yang mengembangkan website sampai menjadi aplikasi yang siap diluncurkan.

Programmer

Sedangkan programmer  sendiri merupakan orang yang membuat kode tertentu untuk membuat sebuah program. Pengertian lainnya adalah programmer merupakan siapapun yang membuat kode-kode program sejak pertama kali pembuatan. Jika berhubungan dengan web programmer, mereka merupakan yang bertanggung jawab untuk membuat kode program berkaitan dengan pembuatan sebuah website.

Tugas

Developer

Web developer memiliki tugas menjadi jembatan dari sumber-sumber yang dibutuhkan oleh website yang tengah dibuat, seperti membuat basis data, mengatur domain, dan mengatur tampilan website. Jika sebuah webiste sudah siap digunakan dari berbagai sisi, tugas web developer dianggap selesai.

Programmer

Sementara itu, seorang web programmer perlu membuat kode-kode program untuk sebuah web. Kode-kode program tersebut tentunya harus bisa digunakan dengan baik oleh pengguna website. Oleh karena itu, berbagai fungsi dalam web harus benar-benar diperhatikan, seperti fungsi tombol, menu, hingga sinkronisasi data.

Penguasaan bahasa program

Developer

Biasanya web developer setidaknya memahami pemrograman dasar, seperti Java, PHP, ASP, MySQL, dan Phyton. 

Programmer

Karena tugasnya membuat kode, maka seorang programmer perlu memahami bahasa program yang fokus pada web server. Web programmer juga harus menguasai script client, seperti Java Script, Sublim, Ruby on Rails, NET, Editor PHP, dan PHP.

Waktu

Developer

Meninjau dari beban tugas, web developer biasanya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan web programmer. Web developer perlu mengecek banyak aspek sampai website benar-benar siap digunakan. Dengan kata lain, ketika tugas ahli yang lain sudah selesai, web developer perlu mengolah hasil tersebut sampai membentuk website sesuai permintaan.

Programmer

Waktu kerja profesi ini biasanya jauh lebih cepat pengerjaannya karena berfokus pada jalannya fungsi-fungsi dalam website. Web programmer tidak perlu melakukan pengecekan secara keseluruhan terhadap website tersebut.

Meskipun tugas akhirnya sama, yakni membuat sebuah website, namun masing-masing profesi memiliki tanggung jawab masing-masing. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang web programmer atau web developer, Anda bisa belajar di jurusan teknik informatika. 

Baca juga : Kisaran Gaji Web Developer di Indonesia

(Visited 27 times, 3 visits today)