Dalam dunia Web Development, bahasa pemrograman merupakan bagian di belakang layar pada sebuah website atau lebih dikenal dengan istilah Back-End. Untuk bahasa pemrograman untuk Back-End sendiri diantaranya adalah PHP, Node Js, Ruby, Python dan lain-lain. Namun yang manakah yang paling dicari oleh perusahaan, apakah PHP Developer atau Node.Js?

Tingkat Kepopuleran

Dalam enam tahun beruntun, JavaScript berubah menjadi bahasa pemrograman yang paling umum digunakan. Hal ini terjadi karena penggunaan Python bisa menyalip PHP untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Di mana posisi Node.js? Node.js adalah runtime javascript. Dalam bahasa non-teknis: Node.js adalah cara untuk menggunakan Javascript seperti Anda menggunakan PHP di sisi server. Untuk saat ini, pikirkan Node.js sebagai Javascript.

PHP Developer

Seperti yang Anda lihat, Node.js dan Javascript telah berhasil menduduki peringkat teratas sementara PHP secara signifikan menjadi kurang populer.

Dalam lima tahun setelah dilansir oleh Stackoverflow  berhasil mengumpulkan data untuk Developer Survey, mereka melihat bahasa seperti Javascript dan Node.js semakin populer, sementara penggunaan PHP menurun:

TensorFlow adalah yang paling disukai di antara para developer, mengungguli React yang tahun sebelumnya ada di posisi pertama. Namun, Node.js adalah yang paling dicari kedua dan lima besar yang paling disukai :

PHP Developer

Gaji dan Peluang:

Gaji PHP Developer

Developer yang menggunakan bahasa pemrograman yang tercantum yang di atas garis oranye ini, seperti Go, Rust, dan Clojure mendapat bayaran yang jauh lebih banyak dan sebanding dengan pengalaman yang telah mereka miliki. Developers yang menggunakan bahasa pemrograman di bawah garis oranye seperti PHP dan Visual Basic 6, mendapatkan bayaran yang lebih rendah lebih rendah.

Ukuran lingkaran yang terdapat dalam tabel diatas menunjukkan berapa banyak developer yang menggunakan bahasa tersebut dibandingkan dengan yang lain. Reward bagi PHP developer sepertinya menurun tidak peduli berapa lama pengalaman yang mereka miliki.

Pada LinkedIn, Anda bisa langsung melihat lowongan pekerjaan di seluruh dunia untuk developer Node.js yang jauh melebihi developer PHP hingga hampir di angka 10.000. Ini terlepas dari fakta bahwa Node.js adalah teknologi yang jauh lebih muda dibandingkan dengan PHP, dan fakta bahwa PHP digunakan secara masif untuk WordPress yang menguasai 30% dari semua situs web di internet.

Baca juga artikel lainnya : Programmer PHP Sangat Dibutuhkan Perusahaan Saat ini


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 92 times, 1 visits today)