Programmer vs Developer – Singa vs harimau, apel vs jeruk, hitam vs putih. Ini semua adalah hal-hal yang mudah dibedakan. Tetapi jika saya meminta Anda untuk memberi tahu saya perbedaan antara programmer dan developer, dapatkah Anda melakukannya? Banyak orang tidak bisa. Bahkan, kebingungan seputar nama-nama ini karena telah menimbulkan lelucon.

Seperti ada suatu jokes dibawah ini:

Seorang Software Engineer, IT Developer, dan Coder berjalan bersama ke bar. Nah, ini dia Programmernya! kata si Bartender

Programmer dan developer merupakan salah satu pekerjaan yang paling hangat dibahas di dunia IT. Namun banyak orang masih menganggap bahwa programmer dan developer adalah pekerjaan yang mempunyai tingkatan yang sama.

Saat memutuskan apakah Anda harus merekrut seorang programmer vs developer, perannya mungkin terdengar sangat mirip tetapi sebenarnya ada perbedaan penting. Jika Anda merekrut posisi TI, Anda harus menyelesaikan perbedaan ini dengan benar. Jika tidak, Anda mungkin akhirnya merekrut orang yang salah untuk pekerjaan itu, menghabiskan waktu dan uang perusahaan Anda agar bisa digunakan dengan lebih baik di tempat lain.

Mengapa Anda perlu tahu perbedaan antara programmer dan developer ?

programmer

Untuk mendapatkan hasil yang luar biasa, penting untuk mendapatkan orang yang tepat untuk pekerjaan dengan pengalaman yang tepat juga. Untuk melakukan itu, Anda perlu memahami perbedaan antara peran yang berbeda dalam TI seperti programmer vs developer.

Pengetahuan ini sangat penting untuk memahami CV kandidat secara efektif dan merekrut orang yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Melihat lebih dekat programmer dan developer, mereka melakukan beberapa hal yang sama. Konon, mereka masih mengisi peran yang berbeda.Masing-masing peran ini membutuhkan keterampilan unik mereka sendiri. Dengan kata lain, Anda tidak ingin mempekerjakan seorang programmer untuk melakukan pekerjaan seorang developer.

Programmer

programmer

Programmer adalah seseorang yang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Mereka mempunyai banyak kemampuan terdiri dari berbagai level, mereka handal dalam menulis kode, mengerti algoritma dan sering bekerja sendiri.

Seorang programmer menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan handal dalam menggunakannya. Programmer biasanya merupakan lulusan dari Universitas dengan jurusan ilmu komputer atau informatika. Ada juga yang bukan berasal dari Universitas, seperti pelajar sekolah menengah kejuruan di bidang informatika, atau orang yang belajar otodidak dari buku, internet, kursus, bootcamp dan sebagainya.

Developer

programmer

Developer adalah seorang programmer yang sudah terlatih, mereka tidak hanya menyelesaikan masalah, namun juga membangun suatu produk. Mereka melakukannya sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak, termasuk hal-hal seperti kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, dan idealnya keamanan diikutkan juga.

Developer juga bisa dikatakan sebagai seseorang yang dapat menggunakan banyak sistem dan bahasa pemrograman yang berbeda serta membuatnya terhubung satu sama lain. Developer merupakan seseorang yang profesional, dapat bekerja dengan orang lain, dan punya kemampuan berkomunikasi yang baik.

Developer memiliki pengalaman yang cukup untuk menyelesaikan masalah yang sudah pernah ia selesaikan sebelumnya dan tahu mana metode yang berhasil dan mana yang tidak. Developer biasanya menggambarkan tujuan, dan mereka merancang perangkat lunak yang akan diambil. Developer memiliki lebih banyak kebebasan karena mereka memiliki pengalaman yang lebih dalam.

Programmer juga bisa disebut coder, sedangkan developer juga bisa disebut software engineer. Lebih sederhana, programmer bisa dikatakan seorang penyelesai masalah dan Developer bisa dikatakan seorang yang tidak hanya menyelesaikan masalah namun punya kinerja yang terstruktur dan disiplin.

Kesimpulan: 

Jadi perbedaan antara programmer dan developer yang paling mendasar adalah tingkatan derajatnya. Developer lebih banyak membutuhkan waktu, tenaga, dan pengalaman dibanding programmer. Sedangkan programmer dapat mempercepat penyelesaian masalah dengan jumlah waktu yang lebih singkat, tetapi mereka tidak akan sampai ke titik dimana mereka akan melakukan hal yang sama.

Jadi, Kalo kamu yang dibagian mana ?


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 336 times, 1 visits today)