Jurusan Teknik Informatika termasuk yang paling sering kita temui baik di universitas negeri maupun swasta. Prospek kerja Teknik Informatika bisa dibilang cukup gemilang di pasaran sehingga berbuah pada banyak tersedianya jurusan ini di lembaga pendidikan tinggi.

Bagi Anda yang saat ini tengah menempuh semester akhir jurusan ini atau baru saja lulus, artikel ini akan memberikan 10 jenis profesi bagi Anda nantinya. Prospek kerja Teknik Informatika ini akan mencakup berbagai level, mulai dari pemula hingga senior. Apalagi IT Fresh Graduate di Indonesia sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan besar terutama di Jakarta.

prospek kerja teknik informatika

 1. Programmer

Banyak lulusan Teknik Informatika yang memilih karir ini sebagai permulaan karir mereka. Prospek kerja Teknik Informatika ini sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi untuk memenuhi permintaan perusahaan yang ingin merambah dunia digital. Anda bisa memulai dengan menjadi junior programmer terlebih dahulu. Rentang gaji untuk junior programmer antara Rp5 dan Rp10 juta.

2. System Analyst

Prospek kerja Teknik Informatika yang tak kalah larisnya adalah system analyst. Anda yang memilih profesi ini akan bertugas menganalisa sistem yang dipakai dalam sebuah perusahaan. Ia akan banyak bersinggungan dengan kerja seorang programmer. Seorang system analyst akan menerima gaji biasanya mulai Rp6,5 juta hingga puluhan juta rupiah.

3. IT Consultant

Anda bisa mencoba IT Consultant. Secara garis besar, seorang IT Consultant memberikan masukan dan saran ke klien untuk pemanfaatan IT yang tepat demi meningkatkan keuntungan perusahaan atau memenuhi target. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang cukup komprehensif, tidak hanya dari segi teknis melainkan juga aspek bisnis. Anda pun harus menguasai keahlian komunikasi yang bagus untuk menjalankan profesi ini. Tak mengherankan, IT Consultant dapat meraup pendapatan antara Rp6 dan Rp11 juta per bulannya.

4. Software Engineer

Seorang software engineer mempunyai tugas yang setali tiga uang dengan system analyst dan programmer. Gaji untuk profesi ini cukup menggiurkan. Untuk level pemula, ia bisa membawa pulang Rp8 juta hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

5. Database Engineer

Yang patut Anda coba lainnya adalah menjadi database engineer. Profesi ini mewajibkan Anda merancang dan memonitor basis data yang rumit. Biasanya, perusahaan akan menawarkan penghasilan Rp5 juta setiap bulan bagi yang baru saja lulus. Gaji ini akan meningkat seiring dengan level kemahiran dan pengalaman Anda.

6. Software Developer

Prospek kerja Teknik Informatika berikutnya adalah software developer. Jenis pekerjaan ini mempunyai pangsa pasar yang terus berkembang berkat tingginya permintaan pebisnis akan software. Software ini penting dalam menjalankan sebuah sistem. Dengan software yang bagus, pebisnis dapat menciptakan aplikasi atau website yang mumpuni untuk mempererat hubungan dengan konsumen atau calon konsumen. Gaji profesi ini dapat mencapai Rp8 juta, lebih tinggi dibandingkan profesi sebelumnya.

7. Web Designer

Pernah menghitung ada berapa banyak website di internet? Tak terhitung bukan? Dari fakta tersebut bisa diasumsikan begitu banyak peluang tak terhingga bagi profesi yang satu ini. Web designer sangat marak kita temukan di banyak situs pencarian kerja. Ia mitra terdekat dengan seorang web developer. Seorang web designer merancang sebuah website agar berfungsi baik dan mudah digunakan oleh pengunjung. Gaji untuk pelakon pekerjaan ini sekitar Rp4 juta per bulan atau lebih tinggi tergantung proyek yang dikerjakan.

8. IT Executive

IT executive banyak dipandang sebagai salah satu prospek kerja Teknik Informatika yang elit. Dia akan mengecek kesiapan sebuah sistem agar bisa beroperasi secara maksimal. Kisaran gaji ini mencapai Rp5 juta hingga Rp9 juta per bulan.

9. Network Administrator

Diperlukan seorang network administrator agar keberlanjutan jaringan sistem terjaga. Profesi ini cukup berkelas sebagaimana terlihat dari rerata gaji yang mencapai Rp9 juta per bulannya.

10. Network Support Engineer

Analisa sistem jaringan menjadi objek pekerjaan bagi seorang network support engineer. Pekerjaan ini menawarkan rerata gaji antara Rp5 juta dan Rp9 juta per bulan bagi yang berminat.

Manakah dari 10 pilihan prospek kerja Teknik Informatika di atas yang sesuai dengan harapan Anda, terutama yang baru saja lulus?

Baca juga artikel lainnya : Kuasai Skill IT Fresh Graduate Ini Agar Cepat Diterima Perusahaan


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 47 times, 1 visits today)