Prospek Kerja Teknik Informatika

Jika Saya mengambil kuliah jurusan teknik informatika seberapa besar ya prospek kerjanya???

Pertanyaan seperti ini sering muncul dalam artikel – artikel yang berkaitan dengan dunia kerja IT. Biasanya ini sering ditanyakan oleh beberapa calon mahasiswa yang baru mau menentukan jurusan maupun mahasiswa yang sebentar lagi memperoleh kelulusan. Jadi, berikut adalah prospek kerja dan peluang kerja apa sajakah yang akan kalian dapatkan apabila memilih jurusan teknik informatika.

Menjadi Programmer
Programmer merupakan profesi yang paling umum bagi seorang lulusan teknik informatika. Peluang kerja yang terbuka untuk keahlian ini sangatlah banyak karena selain tingkat kebutuhannya tinggi didunia kerja, profesi ini juga terdapat beberapa kategori diantaranya Web Programmer, Desktop Programmer, Mobile Programmer dan lain sebagainya. 

Pengajar
Saat ini materi – materi dasar mengenai Teknologi Informasi tidak hanya di perguruan tinggi saja akan tetapi sudah banyak diajarkan di sekolah – sekolah. Jadi, seorang lulusan teknik informatika  mempunyai peranan penting sebagai tenaga pengajar karena banyaknya pengetahuan dalam bidang IT yang telah ia miliki.

Networking
Selain belajar programmer atau dari sisi perangkat lunak nya, lulusan teknik informatika juga diajarkan mengenai Jaringan atau networking. Profesi ini juga banyak dibutuhkan contohnya pada perusahaan – perusahaan industri telekomunikasi seperti Telkom, Indosat, Biznet dan lain sebagainya.

Teknisi Komputer
Selain diajarkan di perguruan tinggi sebenarnya keahlian seperti ini bisa didapat secara otodidak. Bedanya adalah kalau perguruan tinggi mungkin biasanya mengutamakan teori sedangkan bagi yang otodidak mengutamakan praktek secara langsung. Profesi ini juga termasuk banyak dibutuhkan di perusahaan maupun bagi anda yang ingin menjadi seorang entrepreneur. 

Lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan di jaman digital seperti sekarang ini. Berbagai lowongan kerja IT juga banyak tersedia di perusahaan swasta, instansi pemerintah maupun di instansi pendidikan. Melihat prospek kerja lulusan teknik informatika yang sedemikian luas, apakah anda masih kurang tertarik untuk menjadi lulusan teknik informatika?

(Visited 15 times, 1 visits today)