Python dan Java adalah bahasa pemrograman dasar dari ilmu komputer, mereka adalah alat mendasar dalam kotak alat programmer dan penting untuk hampir setiap kegiatan pemrograman. Memilih antara bahasa pemrograman sering memang sangat membingungkan, apalagi memilih mana bahasa pemrograman yang paling populer.  Python dan Java memang saling bersaing untuk posisi teratas pada bahasa pemrograman paling populer, dengan Python membuat kemajuan luar biasa dalam beberapa tahun terakhir dan Java memegang posisinya.

Kedua bahasa pemrograman ini memang sangat berbeda, namun keduanya sangat berguna saat ini untuk pembangunan software yang modern.. Menurut anda bahasa pemrograman mana yang paling mudah dipelajari? Berikut penjelasannya mengenai manakah yang terbaik antara Python dan Java.

Python adalah bahasa pemrograman dengan tujuan umum yang diketik secara dinamis. Perkembangan awal dari Python dimulai di sebuah lembaga penelitian di Belanda. Tujuannya untuk menciptakan bahasa tingkat yang lebih tinggi untuk menjembatani kesenjangan antara C dan shell. Menciptakan utilitas administrasi sistem menggunakan C kembali pada waktu itu cukup rumit. Sintaksnya juga didukung oleh beberapa bahasa seperti Algol68, Pascal, dan ABC dan dimaksudkan agar mudah dibaca.

 Sedangkan Java merupakan bahasa pemrograman yang memiliki tujuan umum yang diketik secara statis, ini adalah bahasa berorientasi objek dan konkuren. Java dimaksudkan untuk menjadi bahasa WORA (tulis sekali dijalankan di mana saja), ia dirancang untuk berjalan pada platform apa pun dan dengan sesedikit mungkin dependensi, dengan bantuan Java Virtual Machine (JVM).

Perbedaan Utama Python dan Java

Bahasa tidak memiliki kecepatan, mereka hanya memiliki semantik. Jika Anda ingin membandingkan kecepatan, Anda harus memilih implementasi spesifik untuk dibandingkan satu sama lain.

Anda juga dapat menemukan perbandingan kinerja Python vs Java yang terperinci pada proyek yang disebut  benchmarks-game (screenshot below) , di mana bahasa yang berbeda dijadikan patokan dalam berbagai program.

Perlu diingat bahwa sebuah kinerja bukan hanya fungsi dari kecepatan eksekusi dari suatu bahasa, implementasi program, dan kinerja libraries dari pihak ketiga biasanya merupakan faktor nomor satu dalam persamaan.

Fitur yang Terdapat Pada Python dan Java

Python adalah bahasa yang diketik secara dinamis, ketika Anda menggunakan Python, Anda tidak perlu menentukan jenis variabel, karena penerjemah akan menyimpulkan jenis ini dan pemeriksaan akan dilakukan pada saat runtime. Yang menghasilkan sintaks lebih mudah yang sangat mirip dengan Bahasa Inggris. Selain itu, Python tidak menggunakan kurung kurawal dan mengikuti aturan indentasi (seperti cara kebanyakan orang menggunakan kodesemu) yang membuat kodenya cukup mudah dibaca dan mudah dipahami untuk pemula.

Contoh Definisi Class Sederhana dari Python

Berbanding terbalik dengan Python, Java mengikuti aturan sintaksis yang ketat, itu adalah bahasa yang diketik secara statis di mana Anda perlu secara eksplisit mendeklarasikan tipe variabel Anda dan seharusnya tidak ada anomali terlihat, kode tidak akan dikompilasi, untuk memulai. Meskipun ini bukan hal yang paling mudah bagi pemula

Contoh definisi class sederhana dari Java

Python dan Java adalah

Aplikasi Python dan Java di Berbagai Bidang

Pengembangan Game

Python maupun Java tidak dapat benar-benar bersaing dengan C ++ / C # di area itu dengan ekosistemnya yang besar. Selain itu, pengembangan game adalah bidang yang membutuhkan kinerja setinggi mungkin untuk memberikan pengalaman tanpa batas kepada pengguna, dan sementara mereka tidak lambat, mereka hanya tidak memberikan kinerja terbaik untuk pengembangan game.

JMonkeyEngine adalah mesin pengembangan game open source yang populer dengan Java, sementara itu tidak setara dengan Unreal dan Unity itu pasti mesin yang kuat yang akan membantu Anda membuat beberapa game luar biasa.

 Jika Anda ingin bereksperimen dengan grafik komputer dari awal atau membuat mesin Anda sendiri, OpenGL juga menyediakan binding untuk bahasa Java. Meskipun Python bukan pilihan yang kuat untuk pembuatan game, ada Cocos, Panda3d, Pygame dan beberapa mesin / kerangka kerja lainnya untuk membuat game dengan Python.

Namun, Python tidak sepenuhnya dikesampingkan untuk pengembangan untuk game profesional, ini adalah alat penting untuk pengembang game, karena Python adalah pilihan bahasa scripting yang populer bagi banyak pengembang termasuk pengembang game. Paket Pengeditan seperti Maya juga menggunakan Python sebagai bahasa scripting.

Pengembangan Web

Kedua bahasa digunakan dalam pengembangan web backend. Backend web development adalah cabang dari pengembangan web yang berkaitan dengan pembuatan perangkat lunak yang akan berjalan di server. Ini adalah bidang pengembangan paling populer menurut survei pengembang StackOverflow.

Menulis teknologi backend Anda sendiri dari awal tidak hanya sulit, tetapi juga sangat sulit untuk mencakup semua persyaratan desain mulai dari keamanan hingga keandalan dan efektivitas. Inilah sebabnya mengapa pengembang telah membuat kerangka kerja yang merupakan abstraksi dalam perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk membangun teknologi backend.

Dua kerangka kerja paling populer untuk Python adalah Django dan Flask. Flask adalah kerangka kerja web mikro, ini memberi Anda fungsionalitas dasar yang Anda perlukan seperti permintaan perutean tanpa banyak overhead. Django adalah pilihan yang lebih banyak fitur dan dapat membantu Anda membangun backend yang kuat sambil memanfaatkan efisiensi dan keamanan, Django dilengkapi dengan lapisan ORM yang kuat yang memfasilitasi basis data transaksi dan melakukan operasi yang berbeda pada data.

 Sedangkan untuk Java, Spring mungkin merupakan kerangka kerja backend Java yang paling terkenal dengan ekosistem besar dan komunitas besar di sekitarnya. Spring digunakan oleh Orange, Dell, GE, dan banyak perusahaan lainnya, dan walaupun tidak se-tren Django saat ini, itu adalah pilihan yang kuat untuk membangun aplikasi tingkat perusahaan.

Baca Juga : Cara Menjadi Seorang Programmer

Pembelajaran Mesin

Karena Python secara sintaksis sangat mudah namun merupakan bahasa pemrograman tujuan umum yang lengkap, itu menjadi pilihan populer bagi orang-orang dari berbagai disiplin ilmu yang ingin bereksperimen dengan pembelajaran mesin dan AI ke bidang masing-masing.

Itu sebabnya banyak pengembangan AI dan pembelajaran mesin dilakukan dengan Python dengan ekosistem dan perpustakaan yang sangat besar. Ada TensorFlow, Keras, Sickit-Learn, dan Facebook’s PyTorch dan sejauh ini merupakan bahasa yang paling populer di bidangnya.

Java juga dianggap sebagai pilihan yang baik ketika datang ke pembelajaran mesin, mudah untuk debug dan digunakan dan sudah digunakan untuk aplikasi skala besar dan tingkat perusahaan. Di antara perpustakaan, yang bisa Anda gunakan yaitu adalah Weka, Mallet, DeepLearning4, dan MOA.

Ringkasan Perbandingan Python vs Java

Python dan Java adalah

Java dan Python adalah bahasa yang mampu dan populer, Jika Anda baru dalam pemrograman, akan lebih baik menggunakan Python hanya karena sangat mudah dan menggunakan sintaksis seperti bahasa Inggris, ini digunakan di banyak kursus pengantar Ilmu Komputer di seluruh dunia. Namun, jika tujuan Anda adalah untuk membangun aplikasi tingkat perusahaan yang berasal dari dunia C / C ++, maka Java mungkin akan terasa cocok untuk Anda.

Baca Juga : Bahasa Pemograman Terbaik di 2019

Bagi Anda yang memiliki keahlian di Bidang Pemrograman Java, Kami mempunyai lowongan Junior Java Developer. Jika Kamu tertarik bisa klik link dibawah ini.

 

(Visited 76 times, 1 visits today)