Seorang tester bertanggung jawab terhadap perencanaan jaminan kualitas, tidak adanya bug (kesalahan), melakukan analisis, dan pelaporan pada saat tester sudah mengumpulkan bug yang terjadi dalam aplikasi tersebut.  Jaminan kualitas perangkat lunak adalah aktivitas pelindung yang diaplikasikan pada seluruh proses perangkat lunak dan melakukan pengujian pada aplikasi itu, guna terhindar dari kegagalan pada saat dijalankan. Juga agar software tersebut dipastikan sudah berjalan dengan baik sebelum sampai ketangan customer. Dalam software tester, terdapat berbagai macam pengujian terhadap aplikasi yang sedang dikembangkan tersebut. Salah satunya adalah Recovery Testing.

Recovery testing adalah proses pengujian kemampuan produk perangkat lunak untuk memulihkan data dengan cepat setelah kegagalan sistem seperti kerusakan, gangguan perangkat keras, pemadaman jaringan. 

Recovery juga memiliki kemampuan untuk memulai operasi kembali sesudah integritas dari aplikasi hilang. Proses ini biasanya dimaksudkan untuk mengembalikan operasi ke suatu titik di mana integritas sistem diketahui, kemudian proses kembali transaksi sampai ke titik kegagalan. Waktu yang digunakan untuk me-recover operasi dipengaruhi oleh jumlah dari titik-titik restart, volume aplikasi yang bekerja pada pusat komputer, pelatihan dan keahlian dari orang-orang yang melakukan operasi recovery dan tool yang tersedia untuk recovery. Pentingnya recovery ini berbeda dari suatu aplikasi ke aplikasi yang lainnya.

Objektif Pengujian Recovery

recovery testing


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Pengujian recovery digunakan untuk memastikan bahwa operasi dapat diteruskan setelah terjadinya malapetaka. Pengujian recovery tidak hanya memverifikasi proses recovery, tetapi juga keefektifan dan komponen-komponen dari proses. Objektif dari pengujian recovery antara lain:

  • Data backup yang mencukupi disediakan
  • Data backup disimpan pada lokasi yang aman
  • Prosedur recovery didokumentasikan
  • Personil recovery telah ditugaskan dan dilatih
  • Tool recovery telah dikembangkan dan tersedia

Bagaimana Menggunakan Pengujian Recovery

Pengujian recovery dapat dilakukan dalam dua modus. Pertama: prosedur-prosedur, tool dan teknik dapat digunakan untuk mengevaluasi apakah sudah mencukupi, dan kedua: sesudah sistem dikembangkan suatu kegagalan dapat dicobakan dan kemampuannya untuk me-recover kegagalan tersebut diuji-coba. Kedua tipe pengujian recovery ini penting. Implementasi dari teknik ini berbeda bergantung kepada tipe pengujian recovery yang dilaksanakan.

Contoh Pengujian Recovery

Pengujian recovery dapat melingkup fungsi-fungsi manual pada suatu aplikasi, kehilangan masukan, kehilangan saluran komunikasi, kegagalan perangkat keras atau sistem operasi, kehilangan integritas database, kesalahan operator atau kegagalan sistem aplikasi. Contoh pengujian recovery:

  • Recovery dapat dilakukan dari titik integritas yang diketahui untuk memastikan bahwa data backup yang tersedia telah mencukupi untuk proses recovery.

TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Kapan Menggunakan Pengujian Recovery

Pengujian recovery digunakan jika pemakai aplikasi menyatakan bahwa kontinuitas dari operasi aplikasi sangat penting. Recovery testing memang sangat penting terhadap pengujian suatu aplikasi dan mengurangi kesalahan yang mungkin saja terjadi pada aplikasi tersebut.

Jika Anda seorang Programmer dan sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk Anda lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 21 times, 1 visits today)