Pernahkah Anda mendengar tentang Redis? Remote Dictionary Server adalah teknologi penyimpanan struktur data dalam memori yang bersifat open source. Yuk, ketahui lebih dalam mengenai Redis melalui artikel berikut.

Apa itu Redis Database?

Redis merupakan sebuah NoSQL database yang bersifat open source di bawah lisensi BSD.  Redis merupakan teknologi penyimpanan struktur data dalam memori yang berfungsi untuk penyimpanan struktur data dalam memori yang berfungsi sebagai database, cache, pengelolaan cache, message broker, dan thread.

Redis dapat digunakan diberbagai bahasa pemrograman dan dapat di atas replikasi, script Lua, LRU eviction dan memberikan high availability , serta kemudahan dalam otomatisasi sistem.  

Redis mendukung struktur data seperti string, sets, hash (kamus), list, dan sorted sets (data yang diurutkan). Redis merupakan database yang ideal untuk pengembangan dan aplikasi yang  cepat. Ini dikarenakan struktur data inti mudah dibagikan antara proses dan layanan.

Redis dapat menghilangkan kebutuhan mengakses disk dan menghindari penundaan waktu pencarian. Ini dikarenakan redis bekerja dalam memori, tidak seperti database yang penyimpanan datanya ada dalam hard disk atau SSD.

Fungsi Redis

  • Caching

Redis digunakan sebagai cache untuk menyimpan data yang sering diakses di memori agar aplikasi responsif terhadap user. Redis dapat menghadirkan item yang sering diminta di bawah satu milidetik.

  • Analisis Real-Time

Database ini dapat digunakan sebagai penyimpanan data di dalam memori untuk mengambil, memproses, dan menganalisis data seecara real-time dalam waktu di bawah satu milidetik.

  • Data Eviction

Struktur data Redis ditandai dengan Time To Live (TTL) yang dipasang dalam hitungan detik, kemudian akan dihapus. Eviction Policy yang dapat dikonfigurasi tersedia dalam database ini.

Keunggulan Redis

  • Redis menyimpan semua data pada memori utama server. Sehingga performa redis lebih cepat, kurang dari satu milidetik.
  • Redis mendukung semua bahasa pemrograman, termasuk Python, PHP, C, C++, C3, Ruby R, dan lain sebagainya.
  • Struktur data beragam, seperti strings, list, set, hash, bitmap. HyperLogLog, stream, dan Geospatial Indexes.
  • Redis serbaguna, dapat digunakan untuk caching, antrian pesan.

Baca Juga Bug Bounty Adalah Salah Satu Cara Mendapatkan Cuan


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 67 times, 1 visits today)