Seorang ahli seperti SAP Consultant atau konsultan SAP banyak dicari oleh perusahaan. Hal itu dikarenakan sejumlah perusahaan di Indonesia sudah berhasil menerapkan sistem SAP ini untuk meningkatkan bisnis perusahaan mereka. Meskipun peluang sebagai konsultan SAP terbuka lebar, menjadi seorang ahli SAP tidaklah mudah. Profesi ini membutuhkan tanggung jawab yang sangat besar.

APA Itu SAP?

System Application and Product in Data Processing (SAP), mungkin masih terdengar asing di telinga. SAP merupakan perangkat lunak berbasis ERP (Enterprise Resource Planning) yang digunakan untuk mendukung kegiatan operasional sebuah perusahaan, dan atau dalam bisnis secara lebih efektif dan efisien. SAP terdiri dari banyak modul aplikasi yang berjalan sesuai dengan fungsi modul secara otomatis dan terintegrasi. Dengan demikian, proses pekerjaan perusahaan akan jauh lebih cepat dan mampu  meminimalisir tingkat kesalahan akibat human error.

Apa Saja Tugas Konsultan SAP?

Konsultan SAP bertugas untuk memastikan program SAP dapat terhubung dan berjalan dengan lancar. Ketika terjadi kesalahan pada modul aplikasi, konsultan SAP bertanggung jawab atas permasalahan tersebut. Selain itu, konsultan SAP harus bisa memberikan masukan atau saran terkait penerapan SAP. Sebelum menjadi konsultan SAP, banyak pelatihan-pelatihan yang harus dilalui terlebih dahulu. Berikut ini jenjang karier yang harus dilewati.

1. BASIS

Basis merupakan istilah lain dari system administrator. Seseorang yang berada di posisi ini bertanggung jawab atas kelancaran sistem, meliputi konfigurasi, pemeliharaan, instalasi, dan fungsi lainnya dalam sistem SAP. Pekerjaan utama pada posisi ini antara lain, membuat user hingga profil pendukung, mengatur security parameter, set up system, scheduling, dan berbagai pekerjaan admin.

2. ABAPer

ABAPer merupakan developer yang bertanggung jawab dalam membuat laporan terhadap sistem SAP itu sendiri. ABAPer dikatakan sebagai programmer SAP, dimana ia harus memahami bahasa pemrograman ABAP (Advanced Business Application Programming). Para pengembang memang jarang menggunakan ABAP ini, hal itu dikarenakan bahasa pemrograman ini spesifik digunakan oleh SAP.

3. FUNCTIONAL

Posisi ini spesifik pada modul-modul tertentu. Anda bisa memanfaatkan modul-modul yang tersedia dalam SAP dengan menyesuaikan kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki. Katakan Anda terbiasa berkecimpung di dunia keuangan, Anda bisa masuk ke modul Financial Controlling (FICO). Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang perencana produksi, Anda bisa memilih modul SAP Production Planning (SAP PP), dan bidang lainnya. 

4. KONSUlTAN SAP

Jenjang karier sebagai konsultan SAP bisa dicapai ketika Anda sudah benar-benar paham dengan sistem ini. Anda bisa terjun di berbagai jenis konsultan SAP, seperti konsultan bisnis, fungsional, pengembang, SAP basis consultant, atau keamanan.

Berapa Gaji Seorang Konsultan SAP?

Gaji seorang fresh graduate dalam bidang ini dapat dikatakan cukup tinggi. Hal itu dikarenakan, seorang konsultan SAP memiliki pekerjaan yang cukup rumit dan membutuhkan skill khusus. Tentunya setiap perusahaan sudah menentukan honornya masing-masing, bisa lebih rendah ataupun lebih tinggi. Namun, di Indonesia kisaran gaji seorang konsultan junior yaitu 5 – 7 juta rupiah. Sementara konsultan senior berkisar 20 – 70 juta rupiah.

Baca Juga: Mengenal Pengertian dan Kosep OOP Beserta Kelebihan dan Kelemahannya

(Visited 80 times, 1 visits today)