Menjaga data perusahaan menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang membutuhkan sumber daya ahli di bidang security analyst untuk menjaga data perusahaan agar tidak terjadi kebocoran data. Tak heran, jika profesi security analyst banyak dicari perusahaan di tahun 2021. Nah jika Anda merupakan seorang freshgraduate yang tertarik ingin terjun di bidang yang satu ini. Yuk simak dulu ulasan berikut ini mengenai tugas dan skill security analyst.

Tanggung Jawab Security Analyst

security analyst

sumber foto : ecpi.edu

Tanggung jawab utama dari pekerjaan ini adalah mencegah terjadinya perusakan, atau pencurian data dan informasi sensitif perusahaan dari peretasan. berikut uraian pekerjaannya ;

  • memonitor permasalahan teknologi
  • mengganti dan meng-install software pendukung keamanan
  • melakukan pengujian terhadap sistem yang dibuat
  • mengembangkan prosedur atau SOP keamanan informasi perusahaan
  • memberikaan laporan terkait kondisi keamanan data perusahaan

Skills dan Kualifikasi Security Analyst

  • Memahami cyber security

Ancaman cyber memang semakin meningkat, sehingga seorang Anda harus memiliki dasar dan tahu bagaimana cara mencegah serangan-serangan digital.

  • Memahami computer forensic

Anda harus mengetahui cara menemukan bukti atau jejak kala terjadi peretasan. Kemudian, bukti atau jejak tersebut dianalisis untuk dapat mengetahui pencegahan dan penangannya lebih lanjut.

  • Mengetahui ethical hacking

Ethical hacking bisa digunakan untuk mencari celah pada sebuah jaringan demi keperluan keamanan. Bisa pada jaringan sendiri, atau jaringan pihak lain.

  • Melakukan reverse engineering

Kemampuan penting lainnya yang haruslah dimiliki adalah melakukan reverse engineering. Profesi ini dituntut untuk dapat memahami bagaimana suatu aplikasi atau software dapat bekerja, dan dapat mengetahui bug atau issue apa saja yang mungkin terjadi.

Hal ini dilakukan, jika terjadi permasalahan dari suatu aplikasi, mereka dapat mengetahui cara penanganannya.

Gaji Security Analyst

Peranan proesi ini pada perusahaan sangat penting karena ada kaitannya dengan keamanan jaringan komputer yang digunakan. Secara tidak langsung, mereka juga menjaga keamanan setiap file rahasia yang dimiliki perusahaan. Untuk gaji juga lumayan sehingga tidak heran banyak yang melamar di posisi ini. Perkiraan gajinya sendiri berkisar antara Rp 4,5 juta hingga Rp 7,7 juta.

Baca juga : Peluang Kerja Data Scientist di Indonesia


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 58 times, 1 visits today)