Internet of Things (IoT) adalah suatu konsep di mana konektivitas internet dapat mentransfer data satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya tanpa memerlukan adanya interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. Saat ini  IoT sudah berkembang pesat mulai dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan juga Internet.

Sejarah Perkembangan IoT

Internet mulai terkenal di tahun 1989. Seorang peneliti bernama John Romkey membuat suatu perangkat yang kala itu tergolong canggih pada tahun 1990. Perangkatnya adalah sebuah pemanggang roti yang bisa dinyalakan atau juga dimatikan hanya dengan melewati internet. Pada tahun 1994, seseorang bernama Steve Mann menciptakan sebuah WearCam, dan pada tahun 1997-nya orang yang bernama Paul Saffo menjelaskan secara singkat mengenai penemuannya soal teknologi sensor dan masa depannya nanti.

Barulah ide IoT pertama kali dicetuskan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Kini sudah banyak perusahaan besar yang mulai mendalami Internet of Things seperti Intel, Microsoft, Oracle, dan masih banyak lagi. Menurut Kevin Ashton di tahun 2009 definisi dari IoT ialah Internet of Things yang memiliki potensi besar dalam mengubah dunia seperti yang pernah dilakukan oleh Internet, bahkan bisa lebih baik lagi. 

Di tahun 2017 Iot masih terus bertumbuh dengan dominasi oleh industrial IoT yang disebutnya bertumbuh di luar ekspektasi, sedangkan untuk consumer IoT masih dalam tahap pengenalan dan sosialisasi.

Baca juga artikel lainnya : Ini Kode Etik Analis Sistem yang Perlu Kamu Ketahui

Pada tahun 2018 IoT berhasil mengubah cara perusahaan dan konsumen menjalani hari-hari mereka di seluruh dunia. Teknologi yang mendasari seluruh segmen ini berkembang dengan cepat, entah itu peningkatan pesat seperti apa yang dilakukan Amazon Echo dan asisten suara yang jauh lebih modern dan pintar atau pertumbuhan platform analitik yang telah didukung oleh Artificial Intelligence (AI) untuk pasar perusahaan.

Dan BI Intelligence bahkan terus memperhatikan revolusi yang sedang berlangsung ini dengan mengadakan Survei Eksekutif Global IoT tahunan kedua, yang memberi kita semua mengenai wawasan penting tentang perkembangan baru dalam IoT serta menjelaskan bagaimana perspektif tingkat tinggi tersebut dapat berubah dari tahun ke tahun.

Internet of Things

Image Source : i1.wp

IoT dalam berbagai bentuknya sudah mulai diaplikasikan pada banyak aspek kehidupan yang membantu manusia. CISCO bahkan telah menargetkan bahwa pada tahun 2020, 50 miliar objek akan terhubung dengan internet.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Cara Kerja IoT

Internet of Things

Image Source : myspsolution

IoT memanfaatkan suatu program, di mana setiap program yang dibuat akan menghasilkan sebuah interaksi antara mesin yang akhirnya terhubung otomatis tanpa adanya campur tangan manusia. Dan tanpa terbatas jarak bisa terhubung ketika status aktif terus. Internetlah yang menjadi penghubung di antara kedua interaksi mesin tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.

Baca juga artikel lainnya : Flutter Vs Kotlin, Mari Kita Coba Bandingkan Secara Adil


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 33 times, 1 visits today)