Sebagai bahasa pemrograman, SGML berguna dalam mendukung proses perancangan sistem. Nah, pada artikel kali ini, TOG Indonesia akan membahas SGML serta perannya di dunia pemrograman.

Apa itu SGML?

SGML atau standard generalized markup language, adalah bahsa pemrograman yang berfungsi sebagai superset dari markup language. Biasanya, SGML diterapkan pada HTML atau hypertext markup language, dan XML atau extensible markup language. Bahasa ini memiliki keunggulan tidak bergantung pada aplikasi pihak ketiga, jadi bisa digunakan untuk menandai dokumen.

Hal ini dikarenakan adanya GML atau generalized markup language, yang membuat pengguna dapat bekerja dengan gaya pemformatan standar pada sebuah dokumen elektronik. Bahasa ini juga memiliki kedua karakteristik yang penting, yaitu descriptive markup dan document type.

Descriptive markup melibatkan penggunaan kode markup yang bisa mengidentifikasi mengenai cara-cara berbagai dokumen diinterpretasikan. Contohnya, kode markup yang mampu mengidentifikasi satu bagian dokumen sebagai paragraf, ke bagian lainnya sebagai catatan kaki, dan bagian terakhir sebagai daftar atau item teks.

Karakteristik penting lainnya dari bahasa ini adalah document type definition. Dengan Adanya document type tertentu, diharapkan memiliki bagian struktur dokumen yang baik. Misalnya, DTD untuk laporan. Struktur dokumen harus mengikuti apa yang didefinisikan dalam DTD agar dapat dianggap sebagai laporan.

Kelebihan dan Kekurangan SGML

Kelebihan

  • Bisa menangani semua jenis media atau protokol penautan
  • Sangat fleksibel
  • Bisa memisahkan konten data dalam dokumen dengan penampilan visualnya
  • Style sheets yang tersedia memudahkan penggunaan ulang konten
  • Standar ISO , jadi penggunaan SGML didukung dengan beragam tools yang tersedia

Kekurangan

  • membuat DTD membutuhkan rekayasa software yang baik
  • memasukkan link cenderung sulit
  • merancang software dianggap sangat sulit
  • tools bersifat ekspansif

Itulah penjelasan standard generalized markup language yang perlu Anda ketahui. Meski tidak se-populer HTML atau XML, Bahasa ini tetap memiliki peran penting bagi dunia pemrograman.

Baca juga : Tips Membuat CV untuk Web Developer yang Menarik Perusahaan


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 14 times, 1 visits today)