Pada perkembangan teknologi yang cepat saat ini, berbagai perkembangan teknologi saat ini memunculkan banyak perubahan-perubahan sebut saja kehadiran website. Peluang  bagi beberapa posisi pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi misalnya saja pekerjaan sebagai front-end developer sangat diperlukan saat ini dan skill dari seorang front-end developer berdampak besar terhadap website.

Pekerjaan front-end developer adalah orang-orang yang membuat desain dan mengembangkannya sampai sebuah website dapat berjalan. Dalam membangun sebuah website front-end developer menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Mempelajari front-end development merupakan cara yang paling cepat dalam berkarir di bidang teknologi. Anda akan mempunyai skill dasar yang spesifik sehingga menarik bagi perusahaan, tetapi skill tersebut juga cukup luas sehingga Anda tetap mempunyai banyak pilihan pekerjaan selain menjadi front-end developer.

Dari kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan dalam iklan lowongan kerja, ada beberapa skill yang umum disebutkan, diantaranya HTML, CSS, dan JavaScript. Kebanyakan dari Anda pasti juga sudah tahu ketiga hal tersebut. Tetapi, bagaimana dengan hal-hal lain yang belum banyak diketahui, seperti PHP Hypertext Preprocessor, Version Control/Git, atau Debugging ?

Berikut skill penting yang diperlukan untuk menjadi seorang front-end developer :

Hypertext Markup Language dan Cascading Style Sheet

skill front end developer

HyperText Markup Language (HTML) merupakan bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman web. Bahasa markup berfungsi untuk membuat notes dalam dokumen digital. HTML juga hal yang paling dasar yang Anda butuhkan untuk mengembangkan website.

Cascading Style Sheets (CSS) adalah bahasa pemograman yang digunakan untuk mepresentasikan file HTML yang telah Anda buat. HTML berfungsi membangun fondasi dari website Anda, sedangkan CSS digunakan untuk mengatur layout website, warna, font, dan semua style lain.

Kedua bahasa pemograman ini merupakan skill dasar yang sangat penting untuk seorang front-end developer. Intinya, tanpa HTML dan CSS, tidak akan ada web development.

JavaScript/jQuery

Salah satu tool dasar lainnya untuk front-end development adalah JavaScript. JavaScript menentukan fungsi-fungsi yang ada di dalam sebuah website.

Jika Anda ingin membangun sebuah website yang sederhana, maka HTML dan CSS sudah cukup. Tetapi jika Anda membutuhkan fitur interaktif seperti audio, video, game, atau animasi, maka Anda membutuhkan JavaScript untuk mengimplementasikannya.

Dalam JavaScript, terdapat sebuah library yang berguna untuk berbagai macam plug-in dan extension yang dinamakan dengan jQuery. jQuery berfungsi membuat penggunaan JavaScript menjadi jauh lebih cepat dan mudah. Jika  Common task harus ditulis dalam berbaris-baris kode dalam JavaScript, dengan menggunakan JQuery dapat ditulis hanya dengan satu baris kode

Preprocessor CSS

skill front end developer

Skill ini sangat berkaitan dengan CSS, meskipun CSS adalah skill yang sangat esensial, namun terkadang banyak batasan di dalamnya. Beberapa batasan tersebut adalah CSS tidak bisa mendefinisikan variabel, fungsi, atau melakukan operasi aritmatika.

Hal di atas bisa menjadi masalah saat skala project semakin berkembang. Anda akan merasa menghabiskan banyak waktu untuk menulis baris-baris kode yang sebenarnya dapat dikerjakan dengan cara yang jauh lebih singkat. Sama seperti framework CSS dan JavaScript, Preprocessor CSS adalah sebuah tool yang akan membuat hidupmu sebagai developer lebih mudah dan fleksibel.

Contoh Preprocessor CSS adalah Sass, LESS, atau Stylus. Anda bisa menulis atau mengubah kode secara jauh lebih simpel. Kemudian preprocessor CSS tersebut akan mengubah kode ke dalam bentuk CSS yang nantinya akan bekerja di website Anda.

Sebagai contoh, Anda ingin mengubah shade warna biru yang Anda gunakan di beberapa bagian website. Dalam menggunakan preprocessor CSS, Anda hanya perlu mengganti satu hex value melainkan harus mengubahnya berkali-kali dalam kode CSS-mu.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Version Control/Git

Version control adalah sebuah proses melacak dan mengontrol perubahan-perubahan yang terjadi pada kode Anda sehingga tidak perlu mengulangi semuanya dari awal.

Git adalah tool untuk melacak perubahan-perubahan yang telah Anda lakukan sehingga Anda bisa kembali ke versi kerja Anda yang sebelumnya dan menemukan apa yang salah tanpa merusaknya. Ini adalah skill yang akan sangat berguna bagi Anda dan calon perusahaanmu nanti.

Backend Web Developer

skill front end developer

Back-end web developer yang berfungsi untuk menyimpan data pengguna yang mengunjungi atau menggunakan web buatan Anda ini. Selain untuk menyimpan data user back-end web developer ini juga bisa melakukan perhitungan bahkan memproses form pendaftaran penggunanya.

PHP Hypertext Preprocessor

Bagi seorang front-end developer PHP  dapat digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap informasi yang ada di database. Dengan adanya PHP dapat diketahui apakah database orang dimasukkan oleh user benar atau salah.

Debugging

skill front end developer

Menjadi seorang front-end developer istilah bug haruslah menjadi hal yang bisa didengar. Guna melancarkan jalannya website Anda maka, bug yang ada harus diihilangkan. Penggunaan debugging ini dapat membuat Anda menemukan bug dan melakukan debug.

Responsive Design

Responsive desain akan membantu dalam penyesuaian tampilan website Anda ketika dibuka melalui ponsel, PC, ataupun tablet. Penggunaan responsive desain sangat penting, karena banyak pengguna ponsel pintar atau smartphone saat ini yang mampu mengkases website.

Version Control

Penggunaan softwere yang satu ini sifatnya optional bisa Anda pelajari dan juga tidak akan tetapi baiknya Anda bisa memahahi softwere yang satu ini. Pengecekan terhadap website Anda dapat Anda pelajari menggunakan softwere yang satu ini.

Command Line

Graphic User Interfaces (GUIs) memang dapat sangat membantu untuk web development dan coding, serta mereka juga mudah digunakan. Tetapi, GUI juga mempunyai batasan-batasan untuk beberapa aplikasi. Ada saatnya di mana Anda tetap butuh untuk membuka sebuah terminal di komputermu agar dapat menuliskan command line.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Selain hard skill yang telah disebutkan di atas, Anda juga tidak boleh melupakan soft skill seperti komunikasi dan kemampuan bekerja di dalam tim. Soft skill juga sangat diperlukan baik di bidang industri teknologi, maupun di semua bidang lainnya. Jika Anda seorang Programmer dan sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk Anda lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 26 times, 1 visits today)