Full Stack Developer adalah profesi yang banyak dicari oleh perusahaan di Indonesia. Selain memiliki jenjang karir yang sangat bagus, gaji seorang Full Stack Developer terbilang cukup tinggi. Bagi kalian yang merupakan seorang IT Freshgraduate dan ingin menjadi seorang Full Stack Developer, Skill Full Stack Developer dibawah ini wajib kalian kuasai.

Skill Full Stack Developer

1. Menguasai teknologi front-end

Seorang Full Stack Developer wajib menguasai teknologi front-end seperti HTML5, CSS3, dan JavaScript. HTML dan CSS merupakan ilmu dasar dan merupakan dua skill yang dibutuhkan  seorang Full Stack Developer untuk memodifikasi konten dan bagian aplikasi yang dekat dengan pengguna.

JavaScript bisa dibilang merupakan bahasa yang cukup populer dan tidak hanya digunakan pada front-end namun juga digunakan oleh back-end. Bahasa pemrograman satu ini bisa dikatakan sangat penting untuk dikuasai oleh seorang Developer Full Stack.

2. Menguasai bahasa pemrograman untuk back-end

Ada beberapa jenis bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk kebutuhan Back-end, seperti Node.js, Python, Ruby, dan lain-lain.

Pada dasarnya Node.Js menggunakan JavaScript, oleh karena itu, penggunanya harus bisa mengetahui dan menguasai dasarnya terlebih dahulu.

Python merupakan bahasa pemrograman yang terbilang cukup populer dan mendapat banyak permintaan dari beragam perusahaan. Oleh sebab itu, pemrograman satu ini merupakan salah satu bahasa pemrograman dengan sintaks yang sangat sederhana.

3. Memiliki pengetahuan Database yang mumpuni

Menguasai Database merupakan kunci sukses sebelum menjadi seorang Full Stack Developer. Jika terjadi suatu kesalahan pada situs saat menarik data dari Database, seorang Developer yang mampu memperbaiki kode tanpa memberikan dampak negatif pada Database akan sangat berharga.

4. Familiar dengan Web Architecture

Seorang Full Stack Developer juga harus bisa memahami bagaimana cara menstrukturkan kode yang baik, mampu memisahkan dan menyimpan file tertentu, metode penyimpanan file besar, dapat menyusun basis data serta menentukan di mana setiap tugas komputasi harus ditempatkan.

5. Menguasai Versi Control System (VCS)

Skill lain yang dibutuhkan untuk menjadi Full Stack Developer adalah mampu menguasai keterampilan Versi Control System (VCS). VCS ini dapat memungkinkan Full Stack Developer agar bisa melacak semua perubahan yang dibuat dalam basis kode.

Pengetahuan tentang Git juga bisa membantu Developer untuk memahami cara mendapatkan kode terbaru, membuat perubahan terhadap kode hingga memperbaharui bagian kode.

Baca juga artikel lainnya : Apa yang Wajib Dilakukan Oleh Seorang Full-Stack Developer? 


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 28 times, 1 visits today)