Mobile Developer merupakan profesi yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan di Indonesia maupun dunia. Mobile Developer sangat ahli di bidang programming dan memiliki peran utama dalam membuat aplikasi pada ponsel pintar. Skill Mobile Developer yang harus dikuasai yaitu mampu mendesain dan menerapkan rekayasa mengenai perangkat lunak.

Tak hanya itu, seorang Mobile Developer juga harus mampu menguasai berbagai sistem dan bahasa program sekaligus menghubungkan satu dengan lainnya. Seorang Mobile Developer tidak hanya sekedar hanya menjaga sistem yang sudah ada saja melainkan juga harus bisa menciptakan jenis aplikasi tertentu. Contohnya seperti program gaming, widget, dan lain sebagainya. Seorang Mobile Developer juga harus bertanggung jawab dalam pengembangan aplikasi iOS serta Android seperti versi sistem operasi aplikasinya.

Skill yang harus dikuasai jika ingin menjadi seorang Mobile Developer

Programming

Skill yang pertama adalah memiliki pengetahuan dasar tentang programming, contohnya XML dan JAVA. Banyak sumber informasi yang bisa Anda pelajari melalui artikel, buku, majalah IT, bahkan tutorial di Youtube.

Android

Skill selanjutnya yang perlu Anda kuasai adalah Android Studio atau IDE integrated development environment. Tujuannya adalah untuk membangun serta mendukung perkembangan sistem pada ponsel berbasis Android. Seorang Developer Android harus paham mengenai  kode debug yang nantinya akan sangat berguna untuk mengidentifikasi kesalahan pada sistem serta berbagai macam tools lain seperti CPU monitors, memori, dan mengembangkan peforma dari smartphone device agar lebih baik ketika digunakan. Terlebih lagi sistem Android akan selalu terus di upgrade.

Database

Skill lain yang harus dikuasai berikutnya adalah menguasai database supaya ponsel tersebut bekerja lancar, aksesnya cepat dan tidak cepat error. Apalagi ketika digunakan untuk banyak keperluan seperti browsing, bermain games dan aktivitas online berat lainnya.

APIS

APIs, merupakan salah satu skill yang juga sangat penting untuk Mobile Developer untuk menghubungkan satu jenis service dengan lainnya. Ketika menggunakan API secara otomatis mesin pencari Google akan membaca atau menghubungkannya dengan APIs milik mereka. Contohnya seperti fungsi Google Maps dari ponsel dan langsung terkoneksi online, mencari lokasi atau area tempat Anda berada pada saat itu. Jika sistem ini dibuat dengan baik maka proses mengeksplor informasi dapat berjalan lancar dan maksimal.

Baca juga artikel lainnya : Sertifikasi Programmer yang Saat Ini Banyak Dicari


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 66 times, 1 visits today)