Perusahaan, bisnis, dan individu di seluruh dunia menggunakan beragam perangkat lunak untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Software digunakan di hampir setiap bidang, seperti pendidikan, bisnis, pemasaran, transportasi, dan sebagainya. Berikut ini daftar 10 software development tools untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Alat pengembangan atau pemrograman perangkat lunak adalah program komputer yang digunakan oleh pengembang software developer untuk membuat, memelihara, mengedit, mendukung, dan men-debug program, kerangka kerja, atau aplikasi yang dibuat. Sudah sangat banyak alat pengembangan software yang tersedia, beberapa di antaranya sebagai berikut.

Embold

software development tools

Sumber Foto : g2.com

 

Embold adalah alat pengembangan perangkat lunak untuk menganalisis kode sumber dan mendata berbagai cacat pada suatu program. Alat ini memiliki spektrum luas dari plugin bawaan dan fitur deteksi anti-pattern untuk mencegah pembuatan kode yang tidak dapat dipelihara. Embold terintegrasi dengan alat lain, seperti GitHub, Azure, BitBucket, dan lainnya.

Paket premium Embold tersedia dengan harga $4,99 per bulan. 

Linx

software development tools

Sumber Foto : linx.software

Linx digunakan untuk mengotomatisasi dan mengembangkan layanan web dan aplikasi back-end, menghosting API, integrasi, dan otomatisasi tanpa memerlukan infrastruktur, kerangka kerja, dan kode. Di sini ada lebih dari 100 fungsi dan layanan pemrograman bawaan untuk pengembangan yang cepat.

Paket awal Linx tersedia dengan harga $49 per bulan. Untuk paket Bisnis 1 biayanya $99 per bulan dan Bisnis 2 $199 per bulan.

Netbeans

software development tools

Sumber Foto : morioh.com

 

NetBeans adalah alat pengembangan lintas platform yang kompatibel dengan berbagai sistem operasi, seperti Linux, Solaris, Windows, dan macOS. Smart code editing, proses manajemen yang mudah, penulisan kode bebas bug dan kesalahan, dan fitur pengembangan antarmuka membuat Netbeans populer. Alat ini gratis dan open source.

Cloud 9 IDE

software development tools

Sumber Foto : musaamin.web.id

Cloud 9 adalah Integrated Development Environment (IDE) yang mendukung berbagai bahasa pemrograman, seperti Python, JavaScript, C, PHP, Perl, dan lainnya. Alat ini memiliki fitur-fitur, seperti saran penyelesaian kode, menyeret file, debugging, dan sebagainya.  Biaya penggunaan Cloud 9 sesuai dengan penggunaan. 

Atom

Sumber Foto : mac.filehorse.com

Atom kompatibel untuk bekerja dengan sistem operasi Windows, Linux, dan macOS. Fitur yang dimiliki, seperti smart auto completion dan multiple pane. Atom merupakan alat fleksibel yang memungkinkan pengguna mengubah tampilan UI secara efektif. Alat ini gratis untuk digunakan.

DBSchema

Sumber Foto : inosi.co.id

Alat ini merupakan perancang basis data virtual universal dan digunakan sebagai pengelola untuk basis data apa pun. DBSchema mendukung NoSQL dan database relasional, seperti SQLite, MySQL, Redshift, MongoDB, Snowflake, PostgreSQL, dan Microsoft SQL. Versi Pro untuk keperluan pribadi membutuhkan $198, penggunaan pendidikan dikenakan biaya $98, dan tujuan komersial membutuhkan $294.

Bootstrap

Sumber Foto : yazilimcigenclik.com

Bootstrap memungkinkan pengguna untuk membangun dan mengembangkan proyek mobile-first dan situs web responsif menggunakan bahasa pemrograman, seperti JS, HTML, dan CSS. Anda dapat menyesuaikan platform ini sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan proyek. Alat ini gratis dan open-source.

HTML5 Builder

Sumber Foto : embarcadero.com

HTML5 Builder menggunakan bahasa pemrograman HTML5, JavaScript, CSS3, dan PHP untuk merancang dan membangun aplikasi. Aplikasi yang dikembangkan di sini mendukung beberapa perangkat, sistem operasi seluler, dan browser web. Untuk mengoperasikan alat ini, Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman JQuery. Alat ini gratis untuk digunakan.

Azure

Sumber Foto : prodwaregroup.com

Azure digunakan untuk mengembangkan, men-debug, menyebarkan, dan mengatur aplikasi cloud pada platform apa pun. Microsoft Azure memungkinkan pengembang untuk merancang dan mengembangkan aplikasi yang andal dengan cepat dengan solusi DevOps. 

Untuk menggunakan produk ini, Anda diberi kredit sebesar INR 4.500 untuk digunakan dalam 30 hari pertama. Kemudian, Anda harus membayar sesuai penggunaan.

GitHub

Sumber Foto : fanselectronics.com

GitHub memungkinkan pengembang untuk merancang kode dan menyimpannya dari repositori. Beberapa fitur penting GitHub, seperti integrasi dengan alat lain, keamanan kode, dan kontrol akses untuk semua anggota tim. GitHub juga bisa digunakan untuk bereksperimen dengan bahasa pemrograman baru.

Untuk keperluan individu dan organisasi, dikenakan biaya $4 untuk setiap pengguna per bulan. Paket Enterprise membutuhkan $21 per bulan untuk setiap pengguna.

Jadi, software development tools yang sudah Anda gunakan?

Baca juga : Mau Bekerja di Perusahaan Besar? Simak Bocoran Pertanyaan Interview Software Developer ini

(Visited 211 times, 1 visits today)