Software tester memainkan peran penting dalam pengembangan aplikasi. Mereka adalah pakar yang menjamin kualitas aplikasi dan mengatasi kendala seperti bug. Untuk melakukan ini, mereka menjalankan semua jenis tes seperti testing stres, kinerja, fungsional, skalabilitas, penerimaan pengguna.

Pada berbagai tahap siklus hidup perangkat lunak. Karena pengujian perangkat lunak sangat penting untuk kualitas dan kegunaan produk akhir, penguji biasanya dibawa pada tahap perencanaan dan desain, dan sering terlibat selama dukungan pasca-rilis.

Penguji software atau aplikasi merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan di masa sekarang. Karena perkembangan berbagai perangkat teknologi saat ini telah memaksa software dan aplikasi untuk mengimbangi perkembangan tetapi tanpa mengurangi kualitas dari software atau aplikasi tersebut. Jika Anda tertarik untuk menjadi software tester hal ini wajib Anda miliki.

Kemampuan mendokumentasikan

software tester

Dokumentasi adalah sesuatu yang penting dalam tahap pengujian. Hal ini membutuhkan keahlian karena dokumentasi yang penguji kerjakan akan dibaca oleh seluruh tim pengembang. Selain itu hal yang harus didokumentasikan juga cukup banyak mulai dari perubahan yang dibutuhkan, setiap langkah pengembangan yang diambil, kapan pengujian dilakukan dan berbagai hal lainnya. Tidak ada ruang untuk suatu kesalahan karena itu akan sangat mempengaruhi seluruh proses pengembangan software atau aplikasi mobile.

Persiapan sebelum melakukan pengujian

Persiapan yang baik adalah setengah dari kesuksesan dan seorang penguji harus menyiapkan banyak hal sebelum mulai melakukan pengujian. Tiga terpenting di antaranya adalah menyiapkan rencana pengujian atau test plan, scenario pengujian atau test scenario, kasus pengujian atau test case. Pastikan ketiga hal ini sudah disiapkan untuk menghindari kegagalan pengujian atau hasil yang tidak sesuai ekspektasi.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Tujuan dari pengujian

software tester

Ada banyak jenis pengujian dan tentu saja itu harus ditentukan sebelum pengujian dilakukan termasuk juga menentukan tujuan dari pengujian tersebut. Seelah tujuan ditentukan, usahakan untuk tetap fokus pada tujuan tersebut karena bagaimanapun pengujian merupakan bagian dari pengembangan software atau aplikasi mobile yang terkait dengan pembiayaan, waktu serta keinginan dari klien.

Paham jika pengujian merupakan bagian dari tahapan pengembangan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tahapan pengujian adalah bagian dari pengembangan software atau aplikasi. Pahami hal itu dengan baik untuk mengindari kesalahan atau lupa untuk mencatatp setiap proses selama pengujian. Selain itu, juga hasil dari pengujian akurat sehingga tidak perlu dilakukan pengujian ulang yang membuang waktu dan dana pengembangan.

Menyiapkan laporan penemuan bug atau kesalahan lainnya

software tester

Tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi, laporan ini merupakan kaporan paling krusial yang harus disiapkan dari setiap pengujian. Tahapan selanjutnya bergantung sepenuhnya pada hasil laporan ini. Laporan ini juga akan menjadi bagian dari dokumen sign-off.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Memiliki pengetahuan tentang berbagai bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman memang hal yang penting, dengan memahami bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, C # atau C ++, SQL, Python, PHP dan Ruby on Rails, itu akan memudahkan bagi seorang software tester.

Software tester memang memiliki peranan yang sangat penting dalam pengujian sebuah aplikasi, dan peluang kerja menjadi seorang software tester banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Jika Anda seorang Programmer dan sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 99 times, 1 visits today)