Solution analyst mungkin merupakan profesi yang jarang diketahui oleh banyak orang. Namun, profesi yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan loh. Tak heran apabila profesi ini diperkirakan akan bertumbuh hingga 9% antara tahun 2018 hingga 2028. Nah bagi Anda yang masih menempuh pendidikan dan tertarik ingin menjadi solution analyst, yuk simak ulasannya.

Apa Itu Solution Analyst?

Solution analyst adalah profesi yang berkaitan dengan bidang analisis bisnis dan juga analisis sistem. Sama seperti business analyst, Anda akan bertugas untuk mengidentifikasi pengembangan potensial dari suatu proses. Anda juga harus bersiap untuk menghadapi infrastruktur teknologi perusahaan jika ingin menekuni profesi ini.

Tugas Solution Analyst

  • berkomunikasi dengan stakeholder untuk membuat spesifikasi kebutuhan fungsional
  • menganalisa dan memetakan proses bisnis serta infrastruktur IT
  • melakukan riset terhadap hal-hal yang bisa berdampak terhadap produk
  • memberikan solusi untuk membawa perusahaan pada tujuan yang diinginkan
  • mendesain, mengembangkan, dan melakukan uji terhadap solusi yang ditawarkan
  • memastikan kualitas proses
  • melapor pada stakeholder dan departemen IT

Skill yang Dibutuhkan Solution Analyst

1. Pendidikan yang relevan

Jurusan yang cocok untuk profesi ini adalah jurusan teknologi seperti teknik atau ilmu komputer. Akan sangat baik juga kalau Anda memiliki ilmu di bidang bisnis.

2. Software development

Untuk bekerja dibidang ini, penguasaan bahasa pemrograman seperti Java, C#, C++, dan lain-lain akan sangat bermanfaat. Anda juga disarankan untuk memahami scripting language seperti JavaScript dan Python. Pasalnya, sebagai analis, Anda harus bisa bekerja dengan API.

3. Desain database

Pekerkaan yang satu ini akan membuat Anda sering bekerja dengan data. Oleh karena itu, skill yang sangat dibutuhkan adalah pembuatan schema, SQL, database security, dan hal terkait lainnya.

4. Project management

Meskipun bukan berprofesi sebagai project manager, Anda akan sering menjalankan proyek-proyek yang tentunya harus diatur agar selesai sesuai rencana.

5. Berpikir kritis

skill critical thinking atau kemampuan berpikir dengan kritis menjadi modal untuk Anda dalam memecahkan masalah yang terjadi dan membantumu untuk mencari solusi terbaik.

Baca juga : Mengenal Profesi Technical Consultant yang Sangat Menjanjikan

(Visited 17 times, 1 visits today)