IT Support merupakan teknisi yang berada di sebuah perusahaan serta memiliki tanggung jawab yang besar untuk  instalasi, evaluasi serta peningkatan terhadap tiga objek utama seperti komputer, software, serta pengembangan sistem jaringan (network system). Menurut job desk nya tugas dari seorang IT support memang untuk mendukung dan memperbaiki segala persoalan yang menyangkut hal teknis dalam dunia IT, akan tetapi dalam prakteknya ada beberapa tambahan pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan IT, seperti masalah listrik dan telepon yang harus didukung juga. Jika Anda ingin menjadi seorang Staff IT Support, inilah persiapan yang harus dilakukan saat pertama kali bekerja menjadi Staff IT Support di perusahaan.

1. Mengenal dan memahami fungsi dan prinsip kerja komponen sebuah komputer

staff it support

Image Source : pintarkomputer

Bagian komputer itu adalah software dan hardware. Jika Anda seorang  pemula, tidak terlalu dituntut untuk benar-benar menguasainya tapi setidaknya kita tahu cara kerjanya dan harus sedikit lebih pandai dari user pengguna yang kita support tersebut.

2. Memahami koneksi antara komputer dengan hardware external

Hardware-hardware yang biasa terpasang secara eksternal pada komputer biasanya sering mengalami masalah dan kita diminta untuk menggantinya atau mengecek masalah yang ada. Hardware-hardware tersebut antara lain adalah printer dan scanner.  Agar hardware tersebut bisa berfungsi dengan baik maka harus dilakukan instalasi driver dan pengaturan secara software.

Baca juga artikel lainnya : Ada Lovelace, Programmer Wanita Pertama di Dunia

3. Mengenal dan memahami cara kerja dari sistem operasi

staff it support

Image Source : blogspot

Sistem operasi yang populer seperti windows bukan barang baru bagi kita, namun yang terpenting adalah bagaimana mengatur beberapa pengaturan yang berhubungan langsung dengan pengguna. Contohnya bagaimana mengkonfigurasi IP address, instalasi driver dan sebagainya.

4. Memahami prinsip jaringan komputer

Jaringan komputer sangat penting mengingat saat ini hampir tidak ada komputer yang dipakai di kantor-kantor tanpa terkoneksi ke jaringan.

Konsep jaringan yang mesti diketahui adalah:

  1. Konsep dasar IP address.
  2. Memahami bagaimana dua komputer bisa saling berkomunikasi
  3. Setting dan konfigurasi IP address di komputer.
  4. Mengecek koneksi antar komputer.
  5. Pengkabelan dan koneksi kabel
  6. Koneksi tanpa kabel
  7. Peralatan jaringan

Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

5. Memahami tentang masalah keamanan

staff it support

Image Source : sway-cdn

Masalah keamanan yang paling sering dialami para pengguna komputer adalah masalah virus. Nah sebagai tenaga pendukung kita harus bisa mencegah dan mengatasi gangguan yang disebabkan oleh virus.

6. Faktor non teknis

Faktor non teknis di sini adalah faktor kebiasaan atau perilaku dari user atau pengguna. Tiap-tiap user selalu berbeda-beda kebiasaannya dalam menggunakan komputer, ada yang baik dan peduli terhadap masalah keamanan, ada yang masa bodoh, ada yang selalu mempermasalahkan hal-hal kecil yang tidak penting, ada yang suka iseng, ada yang sok tahu, segala macam. Sebagai IT support kita dituntut untuk sabar dan mampu menguasai para user.

Baca juga artikel lainnya : Kamu Wajib Tahu Tingkatan Technical Support Dalam Dunia IT

7. Backup dan restore

Image Source : santridrajat

Hal yang penting lainnya adalah memahami dan bisa melakukan backup atau menyediakan semacam data cadangan terhadap sistem yang berjalan pada komputer pengguna. Hal ini penting karena jika suatu saat komputer user mengalami masalah maka data yang ada tidak sampai hilang dan bisa di-restore atau dikembalikan lagi.

Biasanya setiap kantor menerapkan sistem backup tersendiri dan sebagai pemula kita tinggal menggunakannya untuk kebutuhan support. Namun yang terpenting adalah kita harus mengetahui prinsip kerja dari sistem backup/restore tersebut, apa saja yang mesti di-backup dan bagaimana proses restore-nya.

Untuk urusan backup restore, pemula tidak terlalu dituntut untuk langsung menguasai, namun tidak ada salahnya kita mempersiapkan diri terlebih dahulu agar jika terjadi masalah kita tidak perlu panik dan siap untuk mengatasinya.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah pengetahuan dan keahlian yang dibutukan untuk menjadi seorang Staff IT Support handal. Bagi seorang pemula, dengan semakin bertambahnya pengalaman yang didapat hari demi hari anda pasti akan sukses sebagai Staff IT Support yang handal dan penuh kontribusi.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 29 times, 1 visits today)