5 Tanda Kontrak Kerja Anda Akan Diperpanjang Atau Tidak

Kontrak Kerja – Selamat Siang para pembaca TOG HR Indonesia, Saat awal memasuki dunia kerja, tentu merupakan sebuah hal baru terutama bagi Anda yang bergabung di sebuah perusahaan atau instansi. Namun demikian, jangan terburu-buru untuk senang bahwa Anda pasti diterima di perusahaan tersebut. Setiap perusahaan memiliki aturan-aturan tertentu yang bertujuan untuk mengikat dan menjaga kualitas kerja karyawannya. Perusahaan tentu saja tidak mau rugi dengan menggaji karyawannya yang ternyata memiliki kualitas kerja di bawah rata-rata.

Ada banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh jaminan bahwa perusahaan telah memilih karyawan yang tepat untuk bergabung bersama mereka. Beberapa perusahaan memilih untuk memberikan kontrak kerja dalam waktu tertentu di awal karyawan bergabung. Kemudian di akhir kontrak akan ada evaluasi penentuan apakah karyawan tersebut putus kontrak atau diangkat menjadi karyawan tetap.

Karyawan tidak perlu khawatir jika harus mengalami putus kontrak. Mengapa?

Karena semua tahapan ada prosedur dan tanda-tanda jika memang seorang karyawan harus mengalami perubahan status. Terlepas dari tanda-tanda tersebut yang akan kita bahas dalam artikel ini, tentu saja sebagai seorang karyawan sebaiknya bekerja secara profesional dan memberikan hasil kerja yang terbaik.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Di bawah ini ada 5 tanda kontrak kerja anda akan diperpanjang atau tidak:

1. Sering mendapatkan teguran dari Atasan

Melakukan kesalahan di tempat kerja merupakan hal wajar, asalkan Anda segera sadar dan melakukan perbaikan kerja. Namun jika terlalu sering mendapatkan teguran, tentu saja Anda harus mulai waspada.

Mulai melakukan evaluasi terhadap kinerja diri sendiri, dan melakukan perbaikan. Sesekali mintalah masukan dari orang sekitarmu dan juga atasanmu, jangan sampai banyak teguran tersebut berubah menjadi terhenti dan berubah menjadi surat peringatan bahkan surat PHK. Hal seperti ini bisa berakibat juga untuk kontrak kerja Anda nantinya.

2. Tugas Anda semakin berkurang

Pada saat keinginan untuk beristirahat cukup besar, tugas yang berkurang tentu akan membuat kita senang. Namun berbeda jika tiba-tiba tugas Anda semakin berkurang setelah Anda melakukan kesalahan. Tentu saja hal ini akan memberikan pratanda khusus terhadap kinerja Anda. Jika Anda mengalami hal ini, maka sebaiknya mulailah untuk mengambil sikap. Jika memang masih ingin bekerja, segera perbaiki kinerja Anda.

3. Situasi presentasi Evaluasi yang menegangkan

Saat melakukan presentasi evaluasi hasil kerja. Misalkan saja sebagai contoh si karyawan A, dia sangat memahami tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu Ia mampu menjelaskan pencapaian apa saja yang telah diraih. Didukung dengan kemampuannya dalam memberikan penjelasan kepada penguji membuat situasi tetap tenang.

Namun hal ini berbeda dengan karyawan B yang melakukan presentasi apa adanya, kurang bisa menampilkan data terkait dan menjelaskan pencapaian yang telah diraih. Ditambah dengan ketidakmampuannya menjelaskan pertanyaan yang diberikan oleh penguji. Tentu saja hal demikian menyebabkan situasi presentasi menegangkan. Jika Anda mengalami hal seperti karyawan B, maka siapkan mental Anda apapun hasil akhir yang akan diperoleh.

4. Atasan menanyakan rencana Karier Anda secara langsung

Ada berbagai macam tipe Atasan. Mulai dari yang cuek, sangat peduli, cukup peduli, bahkan yang diktaktor. Namun dibalik itu semua, Atasan memiliki tindak tanduk tersendiri ketika sedang merencanakan sesuatu. Dengan cara memanggil karyawannya dan menanyakan rencana karier yang ingin dicapai nantinya. Tentu saja Anda harus berhati-hati dalam menjawab jika Atasan mulai menanyakan hal tersebut. Anda dapat terlihat ambisius, memiliki motivasi kerja tinggi, atau malah lebih cenderung pasrah. Jawaban Anda menentukan hasil akhir dari kontra kerja tersebut.

5. Kinerja Anda mulai jadi bahan untuk bergosip oleh rekan kerja

Sedia payung sebelum hujan, peribahasa yang sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari-hari. Pastinya dalam lingkungan kerja, Anda juga selalu melakukan sosialisasi. Tidak jarang juga selama proses tersebut rekan Anda saling membicarakan rekan yang lain. Apabila Anda mulai mendengar mereka membicarakan kinerja kerja Anda tanpa sepengetahuan Anda, ada baiknya untuk waspada dan segeralah memperbaiki kualitas kerja Anda. Minta masukan kepada pihak-pihak terkait sehingga Anda memiliki cukup referensi harus melakukan apa saja.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 82 times, 1 visits today)