Menjawab Interview – Apakah Anda dalam waktu dekat ini akan menghadapi sesi interview kerja? Atau Anda sedang ingin mencoba pindah ke pekerjaaan lain dari tempat kerja Anda yang lama? Nah, interview adalah bagian yang sangat menentukan diterima atau tidaknya kita pada suatu pekerjaan.

Anda ingin sukses menghadapi interviewnya? Silahkan baca hingga akhir ya.

Saat wawancara kerja berlangsung, ada beberapa pertanyaan umum yang biasa ditanyakan kepada si calon pekerja untuk mengisi posisi pekerjaan yang sedang dia inginkan. Dengan mengetahui jawaban terbaik dari setiap pertanyaan dalam sesi interview ini, rasa tertekan Anda saat wawancara akan berkurang dan Anda akan lebih berpeluang diterima di posisi yang sedang Anda inginkan.

Akibat dari rasa tertekan ini ketika pada saat interview bisa menyebabkan jawaban Anda kacau, lebih baik dari awal Anda sudah mempersiapkan dahulu jawaban dari pertanyaan yang sangat sering muncul di tahap ini.

Berikut dibawah ini ada beberapa pertanyaan yang hampir selalu muncul, Selamat mempunyai jawaban terbaik ya:

Pertanyaan 1: Ceritakan Tentang Diri Anda

menjawab interview

Kalimat yang paling umum ini adalah pertanyaan yang paling sering muncul dalam sesi interview di berbagai tempat kerja. Bisa dikatakan, pertanyaan ini membuat hampir semua orang merasa grogi karena harus menceritakan dirinya sendiri. Bagaimana cara mengatasinya? Jawaban terbaik dari pertanyaan ini adalah dengan memberikan deskripsi singkat tentang diri Anda dan sedikit ceritakan pengalaman kerja maupun latar belakang pendidikan Anda. Singkat saja ya jangan terlalu panjang.

Pertanyaan 2: Berikan Alasan, Mengapa Perusahaan Harus merekrut Anda ?

Mengapa interviewer menanyakan hal ini kepada Anda adalah karena mereka ingin melihat seberapa cocok diri Anda untuk mengisi posisi yang sedang mereka tawarkan. Cara paling mudah untuk memberikan jawaban terbaik dari pertanyaan ini adalah dengan membuat diferensiasi diri Anda dengan para pelamar yang lain. Sebutkan salah satu keunikan diri Anda yang sesuai dengan posisi yang sedang dibutuhkan perusahaan. Jawab secara jujur dan tidak terlalu berlebihan ya. Mungkin Anda memiliki beberapa kelebihan lain, Anda hanya perlu menyebutkan keahlian Anda yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Pertanyaan 3: Mengapa Anda Resign Dari Tempat Kerja Sebelumnya?

menjawab interview

Untuk pertanyaan ini bukan hanya sering muncul, tetapi ia juga bagian dari trik suatu perusahaan untuk mengetahui niat Anda sebenarnya dalam melamar pekerjaan baru. Hati-hati! banyak orang yang terjebak dalam pertanyaan satu ini. Jawaban yang mereka seringkali katakan adalah resign karena gaji yang terlalu kecil atau bosan dengan rutinitas yang dikerjakan.

Sekarang coba Anda posisikan diri Anda menjadi si pihak perusahaan yang sedang mewawancarai Anda. jika Anda mengatakan resign dari pekerjaan lama karena gaji yang kecil, pihak perusahaan akan langsung bisa menyimpulkan bahwa Anda bisa sewaktu-waktu meninggalkan pekerjaan untuk mencari gaji yang lebih besar. atau ketika Anda mengatakan bosan dengan rutinitas kerjaan di pekerjaan yang lama, perusahaan akan langsung meragukan Anda. Bagaimanapun juga setiap pekerjaan akan menjadi rutinitas seiring berjalannya waktu.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Pertanyaan 4: Sebutkan Apa Kekurangan Dan Kelebihan Anda?

Tahukah Anda ini merupakan pertanyaan yang paling sulit dijawab? Beberapa orang akan merasa kesulitan dan serba salah ketika akan menghadapi pertanyaan semacam ini. Mengapa serba salah? Karena ketika kita mengemukakan kekurangan, kita khawatir bahwa nilai kita akan menjadi minus di mata perusahaan. akan tetapi jika kita menyampaikan kelebihan, kita juga khawatir jika diri kita terlalu percaya diri ataupun sombong.

hmm serba salah kan?

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi pertanyaan semacam ini? dan juga apa cara menjawab interview?

Triknya adalah sebutkan kelebihan Anda dalam bentuk kekurangan. contohnya seperti ini:

“Saya memiliki kelemahan yaitu kadang terlalu ambisius dalam mencapai suatu target”
“Saya memiliki kelemahan yaitu begitu disiplin dan tepat waktu sehingga terkadang rekan kerja harus menyesuaikan dengan deadline yang saya buat”
“Saya memiliki kelemahan diantaranya adalah sering lupa waktu jika sudah presentasi atau menyampaikan keunggulan suatu produk”

Nah, dengan adanya menjawab interview seperti diatas ini sesungguhnya Anda sedang menyampaikan kelebihan diri Anda namun dengan cara yang berbeda. Menarik?

Pertanyaan 5 : Coba Pikirkan Tentang Diri Anda di 5 Tahun Mendatang?

menjawab interview

Pertanyaan ini bisa menjadi kunci bagi perusahaan untuk mengetahui apakah Anda termasuk seorang yang visioner/memiliki ambisi besar atau tidak. Bisa dipastikan mereka yang memiliki mimpi besar dalam hidup akan menjawab pertanyaan ini dengan mudah dan antusias. Namun, perusahaan juga bisa melihat bahwa calon pekerjanya adalah orang yang tidak memiliki visi ketika ia kebingungan dalam menjawab pertanyaan ini. Selain itu, pertanyaan ini juga untuk menguji apa yang sebenarnya andaa inginkan dalam hidup atau apa yang menjadi passion terbesar dalam hidup Anda.

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur dan antusias. Ini adalah kuncinya. Pikirkan jauh-jauh hari sebelum saat wawancara untuk mematangkan jawaban Anda.

Pertanyaan 6 : Berapa gaji yang Anda harapkan dari perusahaan?

Pertanyaan yang membuat sebagian calon pekerja merasa galau. Tetapi jangan khawatir, kami punya trik untuk mengatasinya hal semacam ini.

Bagi Anda yang belum memiliki banyak pengalaman dalam interview, Misal Anda tidak memiliki gambaran terhadap gaji standar perusahaan. namun, tetaplah berikan batas minimal gaji yang memang Anda inginkan.

Cobalah untuk tidak menyebutkan jumlah spesifik gaji yang Anda inginkan namun katakanlah dalam bentuk kisaran atau perkiraaan. Seperti di antara 5- 10 juta, bukan jumlah spesifik seperti 7 juta misalnya.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang bingung dalam menjawab beberapa pertanyaan saat interview berlangsung.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 104 times, 1 visits today)