Testing dan debugging adalah aktivitas yang berbeda tetapi saling berkaitan satu sama lain, karena proses debugging harus diakomodasikan pada setiap strategi testing.

Perbedaan antara testing dan debugging adalah istilah yang paling penting bagi setiap orang yang baru di bidang pengujian perangkat lunak. Berikut penjelasan mengenai perbedaan antara testing dan debugging.

Apa itu Testing?

testing dan debugging

Testing merupakan proses yang dibuat sedemikian rupa untuk mengidentifikasikan ketidaksesuaian hasil sebuah sistem informasi dengan hasil yang diharapkan.

Testing dilakukan bertujuan agar dapat memastikan kualitas (quality assurance) untuk menguji apakah sistem informasi yang dihasilkan sesuai  dan memastikan kualitas (quality assurance).


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Apa itu Debugging?

testing dan debugging

Bug sendiri adalah suatu error yang terjadi akibat tidak sempurnanya sebuah instruksi atau proses yang dijalankan. Penyebab bug sendiri banyak sekali faktornya, mungkin dari proses pembuatannya tidak sempurna, atau ketika menjalankan suatu proses yang membutuhkan sesuatu misalnya resource dan kebutuhan itu tidak dapat dipenuhi maka akan timbul bug.

Pengertian istilah debug programming

Debugging adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk menganalisis alur kerja program, mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau  perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan. Debugging lebih rumit ketika beberapa subsistem lainnya terikat dengan dengannya, mengingat sebuah perubahan di satu sisi, dapat menyebabkan munculnya bug lain di dalam subsistem lainnya.

Perbedaan antara Testing dan Debugging

Testing dimulai dengan kondisi yang diketahui dengan hasil yang diharapkan. Dan Itu dilakukan berdasarkan pada jenis pengujian yang kita butuhkan untuk melakukan pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian sistem, pengujian penerimaan pengguna, stres, beban dan pengujian kinerja.

Sedangkan Debugging Ini adalah langkah demi langkah manual proses tidak terstruktur dan tidak dapat diandalkan untuk menemukan dan menghapus bug tertentu dari sistem. Dan itu dilakukan berdasarkan pada jenis bug.

Testing merupakan proses yang dapat direncanakan, dirancang dan dijalankan. Testing juga proses untuk mengidentifikasi kegagalan kode yang diterapkan. Sedangkan debugging adalah proses yang tidak bisa dipaksakan dan merupakan proses untuk memberikan absolusi pada kegagalan kode.

Dalam testing, pengetahuan desain tidak diperlukan untuk menguji sistem yang sedang diuji. Setiap orang dengan atau tanpa test case dapat melakukan pengujian dan pengujian dapat diserahkan kepada tim luar juga. Sedangkan, dalam debugging pengetahuan desain terperinci jelas diperlukan untuk melakukan debugging. Namun yang membuat berbeda dengan testing adalah debugging tidak dapat di-outsourcing-kan ke luar tim. Itu harus dilakukan oleh tim pengembangan di dalam.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika pada testing sebagian besar kasus pengujian dalam pengujian dapat diotomatisasi. Pada debugging otomatisasi dalam proses debug tidak mungkin dilakukan.

Perbedaan utama antara testing dan debugging adalah bahwa proses debugging dilakukan oleh pengembang dan mereka memperbaiki masalah yang diajukan oleh testing dalam fase debugging. Hasil debugging adalah masalah terselesaikan dan tersedia untuk pengujian ulang. Penguji tidak memperbaiki cacat; alih-alih mereka memverifikasi cacat yang diperbaiki oleh pengembang.

Jika Anda seorang Programmer dan sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk Anda lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 42 times, 1 visits today)