Text Editor atau editor teks merupakan bagian terpenting yang digunakan oleh programmer dalam pengembangan website. Software atau program komputer ini memungkinkan penggunanya untuk membuat, mengubah, atau mengedit text file berupa plain text. Dengan text editor, programmer dapat menyusun kode program sehingga dapat menjadi software baru. Bagi seorang programmer, pada saat mengerjakan proyek pengembangan, pemilihan text editor yang tepat akan sangat berpengaruh. Berikut daftar text editor terpopuler dilengkapi dengan fitur dan plugin-plugin yang dapat membantu.

10 Text Editor Terpopuler untuk Pengembangan Web dan Pemograman

1. Notepad ++

Bagi pengguna Windows, tentu terbiasa melihat atau menggunakan aplikasi Notepad. Notepad++ merupakan pengembangan dari Notepad asli bawaan Microsoft. Notepad ini populer karena kecepatan eksekusi yang lebih besar dan ukuran file kecil. Notepad++ menawarkan berbagai fitur seperti, mendukung sintaks bahasa seperti PHP, JavaScript, HTML, dan CSS. Mendukung multi tampilan dan multi bahasa, penyelesaian otomatis (penyelesaian kata dan fungsi), dan masih banyak lagi.

2. BlueFish

Text editor ini dapat digunakan secara lintas platform dan dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac OS, dan Linux. Bluefish dapat berjalan di berbagai macam bahasa pemrograman diantaranya HTML, PHP, C/C++, JavaScript, JSP, Python, dan Shell. Text editor ini merupakan salah satu IDE (Integrated Development Environment) terbaik untuk sistem operasi Mac yang dapat memuat ratusan file hanya dalam hitungan detik saja. Selain itu, ketika terjadi crash, shutdown, atau masalah lainnya, editor ini dapat melakukan pemulihan otomatis perubahan dalam dokumen yang dimodifikasi.

3. Sublime Text

Sublime text memiliki tampilan yang dinamis. Text editor ini mendukung berbagai macam sistem operasi seperti windows, Mac, dan Linux. Sistem operasi yang sangat kompatibel dengan sublime text ada Linux, dimana performanya jauh lebih maksimal dibandingkan dengan sistem lain. Sublime text sangat cepat dan bisa digunakan di perangkat dengan resource yang kecil.

4. Atom

Atom banyak digunakan oleh programmer  karena antarmukanya yang sederhana dibandingkan dengan text editor lainnya. Atom merupakan editor open source yang bekerja secara lintas platform. Atom dibuat dengan menggunakan referensi sublime text, oleh karena itu atom bisa dikatakan serupa dengan sublime text. Dengan atom, pengguna dapat menambahkan plugin melalui menu plugin yang telah disediakan.

5. Kite

Kite mendukung lebih dari 16 bahasa pemrograman yang dapat membantu developer dalam membuat kode lebih cepat. Kite menawarkan beberapa fitur seperti, dokumentasi untuk berbagai bahasa pemrograman, menyediakan fungsi signature saat mengetik, tooltip pada mouse hover, dan lain sebagainya.

6. NetBeans

Editor ini dapat digunakan di windows, Mac, dan Linux, Netbeans merupakan tool editor kode yang bersifat open source untuk dikembangkan dengan PHP, Java, C++, dan bahasa pemrograman  lainnya. Dengan NetBeans pengembangan User Interface (UI) dapat dilakukan dengan cepat, penulisan kode terbebas dari bug, manajemen proyek menjadi jauh lebih mudah dan efisien.

7. Brackets

Brackets adalah text editor yang khusus dikembangkan untuk tujuan web design dan front-end development. Brackets mempunyai beberapa fitur seperti highlighting, mode no-distraction, dan berbagai macam keyboards shortcut. Selain itu, Brackets dilengkapi dengan Live Preview, dimana pengguna dapat melihat secara langsung hasil CSS/HTML terbaru menggunakan web browser.

8. Visual Studio Code

Visual studio code adalah kode editor yang dikembangkan oleh Microsoft. Meskipun dibuat oleh Microsoft, editor ini dapat digunakan oleh Mac dan juga Linux. Visual studio code dapat menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, C++, dan masih banyak lagi. Text editor ini memiliki lintas platform kode editor ringan untuk membuat atau membangun aplikasi web.

9. Geany

Sama halnya dengan Notepad++, Geany merupakan text editor yang ringan. Geany hanya membutuhkan library GTK+ runtime untuk bisa dijalankan. Editor ini merupakan alternatif yang dimiliki oleh Linux, beberapa fitur Geany yang dapat dimanfaatkan meliputi syntax highlighting, code folding, autocompletion programming, code navigation, dan masih banyak lagi.

10. Komodo Edit

Komodo edit dapat dikatakan sebagai text editor yang sangat ringan. Text editor ini dapat digunakan untuk bahasa pemrograman Ruby, Perl, SQL, Python, TCN, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Pemrograman C++ untuk Pemula

(Visited 32 times, 1 visits today)